RTD Updated

Purefarm Swiss Chocolate, Lezat dan Menyegarkan

Susu cokelat adalah minuman favorit yang disukai banyak orang sejak kecil, baik disajikan dalam keadaan panas maupun dingin. Namun selain nikmat, ternyata minum susu cokelat ini adalah sumber dari beberapa nutrisi penting. Apa saja kandungan nutrisi pentingnya?

Cokelat memiliki nama ilmiah Theobroma cacao, yang jika diterjemahkan menjadi kakao atau makanan para Dewa. Cokelat sudah dikenal sejak lama, persisnya ketika Suku Aztec menggiling buah cokelat tersebut hingga menjadi bubuk, lalu mencampurnya dengan rempah-rempah dan air atau madu, untuk dikonsumsi sebagai minuman cokelat.

Menurut seorang sejarawan, James Delbourgo, orang-orang di Jamaika menyeduh minuman cokelat panas dari serbuk kakao yang baru dipanen sejak abad ke-15. Sebelum menjadi minuman cokelat yang praktis seperti sekarang, cokelat itu direbus dengan susu sapi dan kayu manis sehingga menghasilkan susu cokelat. Protein, kalsium, dan vitamin D dalam susu sapi misalnya, serta mineral dan elektrolit lainnya memberikan manfaat nutrisi yang penting.

Manfaat Minum Susu Cokelat

Berikut manfaat dari susu cokelat yang memberikan banyak nutrisi bagi tubuh. Tiga di antaranya, yaitu kesehatan tulang, massa otot dan daya tahan, serta mengendalikan berat badan.

  1. Menjaga kesehatan tulang

    Secara alami, susu kaya akan kalsium dan nutrisi penting untuk tulang dan gigi. Sebagian besar susu telah diperkaya dengan vitamin D sehingga kombinasi nutrisi ini menjadikan susu sapi maupun susu cokelat sebagai penambah kekuatan dan kesehatan tulang.

    Produsen susu di Amerika Serikat mulai menambahkan vitamin D ke susu pada dekade 1930-an untuk membantu menghilangkan rakhitis atau penyakit pelemahan tulang. Rakhitis adalah penyakit yang umum terjadi pada anak-anak, dan disebabkan kekurangan vitamin D sehingga membuat tulang menjadi lebih lunak dan lemah.

    Orang dewasa yang kekurangan vitamin D dapat menyebabkan osteomalacia atau pelunakan tulang yang meningkatkan risiko patah tulang. Kedua penyakit ini dapat dicegah dengan mengonsumsi susu karena minuman cokelat ini kaya akan vitamin D.

  2. Menjaga massa otot dan daya tahan

    Susu yang kaya protein ini dapat membantu membangun massa otot. Beberapa penelitian pun menemukan bahwa minum susu cokelat secara rutin dapat meningkatkan daya tahan agar dapat berolahraga lebih lama.

    Minuman cokelat dapat membantu kita untuk membangun massa otot secara langsung dengan adanya protein dan secara tidak langsung memungkinkan untuk berolahraga lebih lama. Beberapa bukti juga menunjukkan bahwa minum segelas susu dengan rasa cokelat ini mungkin lebih efektif daripada minuman olahraga, untuk meningkatkan daya tahan dan mengurangi kelelahan usai berolahraga.

  3. Membantu mengendalikan berat badan

    Susu cokelat mengandung protein tinggi dan mengandung lemak, tidak seperti minuman kaya kadar gula lainnya seperti jus atau soda. Beberapa bukti menunjukkan, protein dan lemak sama-sama membantu untuk merasakan kenyang dan perasaan kenyang itulah yang membuat makan menjadi lebih sedikit.

    Penelitian menunjukkan bahwa diet dengan tinggi protein, vitamin D yang cukup, dan kalori yang lebih rendah dapat membantu menurunkan berat badan. Orang dewasa yang mengalami obesitas dapat mempertahankan lebih banyak massa otot dan kehilangan lebih banyak berat badan dengan meningkatkan asupan protein. Ini jauh lebih baik daripada orang yang tidak menambahkan protein ke dalam makanannya.

    Bagi orang-orang yang tidak dapat mengonsumsi laktosa atau gula, mereka dapat menggantinya dengan susu cokelat bebas laktosa. Namun, jika khawatir dengan tambahan gula atau kalori, kita juga bisa menggantinya dengan smoothie buah dan madu. Keduanya memiliki banyak nutrisi penting bagi tubuh dan kesehatan.

  4. Memulihkan tenaga setelah berolahraga

    Di sisi lain, susu rasa cokelat juga dapat membantu memulihkan tenaga sehabis berolahraga. Manfaat susu cokelat ini tidak lepas dari kandungan karbohidrat dan protein yang ada di dalamnya. Sebuah studi menyebut, susu cokelat efektif untuk mengisi kembali kadar gula, cairan, dan elektrolit yang hilang dari tubuh selama berolahraga.

    Selama ini, banyak orang mempertanyakan soal manfaat minum segelas susu rasa cokelat untuk memulihkan otot usai olahraga. Menurut penelitian, jenis minuman cokelat ini memang terbukti bermanfaat untuk hal tersebut. Kandungan karbohidrat dalam susu cokelat membantu memulihkan otot yang lelah usai berolahraga. Sementara itu, protein bermanfaat untuk membantu membangun otot tanpa lemak.

    Sejalan dengan itu, manfaat susu cokelat dan konsumsi susu dengan rasa cokelat tersebut akan lebih optimal jika dikombinasikan dengan konsumsi makanan seperti sereal, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau, serta diimbangi dengan porsi olahraga yang tepat.

Kandungan Nutrisi dalam Susu Cokelat

Sama seperti susu putih, susu cokelat secara umum mempunyai beragam nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Menurut Food Data Central, kandungan nutrisi yang ada di dalam 240 ml susu cokelat adalah sebagai berikut:

  • Kalori: 180-211
  • Protein: 8 gram
  • Karbohidrat: 26-32 gram
  • Gula: 11-17 gram
  • Lemak: 2,5-9 gram
  • Kalsium: 28% dari kebutuhan harian
  • Vitamin D: 25% dari kebutuhan harian
  • Riboflavin: 24% dari kebutuhan harian
  • Kalium: 12% dari kebutuhan harian
  • Fosfor: 25% dari kebutuhan harian

Selain nutrisi-nutrisi di atas, ada pula sedikit kandungan mineral seperti zinc, selenium, dan magnesium. Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12 dari konsumsi susu putih atau susu dengan rasa cokelat ini. Berdasarkan pedoman dari American Heart Association, susu rasa cokelat memang menyediakan beberapa nutrisi penting, tetapi juga memberikan sepertiga dari asupan harian maksimum yang direkomendasikan untuk gula tambahan untuk perempuan.

Tiga Alasan Kenapa Harus Minum Susu Frisian Flag Swiss Chocolate

  1. Yakin semua susu cokelat rasanya sama? Nikmati kelezatan susu UHT Frisian Flag Swiss Chocolate, dengan kelembutan teksturnya bikin kamu pasti ketagihan.
  2. Mengandung nutrisi terbaik yaitu sumber 8 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B5,B6, dan B12), dan sumber 3 mineral (Kalsium, Fosfor, dan Iodium)
  3. Frisian Flag Swiss Chocolate yang SLUURPRISE, cocok diminum kapan saja terutama di pagi hari untuk membantu boosting semangat sebelum memulai aktifitas kamu, dan di sore hari menjaga semangatmu untuk terus lanjut beraktivitas seharian.

Frisian Flag Swiss Chocolate bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja. Tersedia dalam ukuran kemasan 225 ml, 400 ml, dan 900 ml. Temukan informasi lengkapnya di sini.

Takaran saji 225 ml

Jumlah Sajian per Kemasan : 1

JUMLAH PERSAJIAN
Energi Total 160 kkal
Energi dari Lemak 45 kkal


%AKG*
Lemak Total 5 g 8%
Lemak Jenuh 3 g 17%
Kolesterol 15 mg 5%
Protein 6 mg 9%
Karbohidrat Total 25 mg 8%
Gula 27 g
Sukrosa 8 g
Natrium 95 mg 4%
Kalium 260 mg 6%
Vitamin A
20%
Vitamin D3
20%
Vitamin B1
20%
Vitamin B2
15%
Vitamin B3
15%
Vitamin B5
15%
Vitamin B6
20%
Vitamin B12
20%
Kalsium
25%
Fosfor
25%
Iodium
20%
*Persen AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal. Kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.

Komposisi:Susu segar, Air , Sukrosa, Maltodekstrin, Bubuk Buttermilk, Laktosa, Susu Skim Bubuk, Perisa Identik Alamai, Pnestabil Nabati, 2 Mineral, Ekstrak Air Kelapa (0,01%), 6 Vitamin (mengandung antioksidan tokoferol)