BERANDA

SUSTAINABILITY

Sehat Sejahtera Selaras

MILKPEDIA

Nutrisi & Kesehatan Manfaat Minum Susu Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu FAQ

RESEP KAMI

Resep dengan Susu Cair Resep dengan Kental Manis Resep dengan Susu Bubuk

AKTIVITAS KAMI

Menangkan Puasamu dengan Frisian Flag Cokelatnya Bikin Semua Nikmat Dunia Zuzhu Games Zuzhu & Zazha Kebaikan Susu 100 Tahun Frisian Flag Professional

PRODUK KAMI

Susu Kental Manis Susu Siap Minum Susu Bubuk Keluarga Susu Ibu dan Balita

PERUSAHAAN KAMI

Tentang Kami Galeri Photo Berita Siaran Pers Business Principles Safety Policy Tujuan Kami

KARIR

Overview Pusat Karir Event Artikel

FITUR KAMI

Massa Tubuh Gizi Harian

8 Rahasia Manfaat Susu Bagi Kesehatan
20 Mar 2019

Resep Bekal Anak Sekolah untuk Jaga Asupan Buah Hati

Semakin bertumbuh dan berkembang, waktu anak semakin terkuras habis dengan kegiatan yang ada di sekolah. Penting rasanya untuk memberikan asupan makanan yang bergizi supaya energinya kembali penuh sehingga si anak tidak merasa lemas. Tubuh yang lesu dan tidak bersemangat berpengaruh lho, dengan tingkat konsentrasi anak. 

Oleh karena itu, siapkan bekal anak sekolah untuk sang buah hati. Dengan membawakan bekal anak sekolah, Anda bisa memperhatikan jumlah nutrisi dan gizi di dalam menu bekal sekolah tersebut. Selain itu, anak juga jadi terhindar dari jajan makanan yang belum terjamin kebersihannya.

Baca juga: REKOMENDASI RESEP CAPCAY KUAH ALA RESTORAN YANG NIKMAT

Aneka Resep Bekal Anak Sekolah Praktis Selain Nasi

Pada masanya, anak akan bosan dengan menu nasi goreng atau nasi kepal yang dijadikan ide bekal anak sekolah yang hanya itu itu saja. Sebagai solusi, ibu-ibu memilih membawakan menu bekal sekolah dengan mie instan beserta nugget, nasi goreng dengan lauk telur dadar, atau sekadar roti selai. 

Memang tidak salah, hanya saja asupan gizi mereka pun akan berkurang jika hanya menyajikan nasi goreng atau nasi kepal. Bukan hanya menu sarapan si kecil saja yang perlu diperhatikan, namun juga menu bekal anak sekolah. Atasi kebingungan Anda lewat referensi ide bekal praktis berikut:

1. Bekal Anak Sekolah dengan Pizza Mie Sayur

Mie selalu mampu diandalkan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Dengan diolah seperti pizza, Pizza Mie Sayur sudah pasti dapat menggugah selera si kesayangan untuk melahap habis menu bekal anak sekolah yang ia bawa. Terlebih lagi, Anda tidak perlu khawatir resep bekal anak sekolah yang satu ini tak mencukupi nutrisi si anak sebab terdapat tambahan sayur di dalamnya. 

Siapkan bahan:

Cara membuatnya mudah diikuti:

2. Bekal Anak Sekolah dengan Peanut Butter Sushi Roll

Demi membujuk anak untuk menghabiskan menu bekal sekolah miliknya, Anda harus pintar-pintar menata menu untuk membawakan bekal anak supaya ia tidak merasa bosan. Salah satu caranya adalah dengan membuat resep bekal anak sekolah dengan Peanut Butter Sushi Roll. Pada dasarnya, sushi merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari nasi. Namun, “sushi” di bekal sekolah anak yang satu ini tidak terbuat dari nasi, melainkan roti. Selain mie, roti juga dapat digunakan sebagai pengganti nasi goreng dengan lauk telur dadar, lho. Berikut ini adalah resepnya: 

Siapkan bahan:

Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu

3. Bekal Anak Sekolah Roti dengan Gulung Alpukat

Alpukat dapat berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Pencernaan yang bermasalah tentunya akan membuat proses belajar si kecil menjadi terhambat dan terganggu. Salah satu manfaat lainnya dari alpukat ialah membantu kesehatan mental berkat magnesium di dalamnya. Dengan demikian, Roti dengan Gulung Alpukat bisa menjadi salah satu pilihan Anda sebagai menu bekal anak sekolah. 

Siapkan bahan:

 Berikut ini adalah cara membuatnya:

  1. Kerok daging alpukat dan tumbuk kasar untuk membuat selai alpukat. Kemudian tambahkan sedikit jus lemon dan aduk rata.
  2. Lalu masukkan tomat dan sayuran lainnya, baru sisihkan.
  3. Sedangkan rotinya, ambil roti tortilla lalu oleskan dengan mayonaise.
  4. Beri selai alpukat di atas mayonaise, taburkan selada cincang.
  5. Tambah irisan daging asap dan irisan keju di atas sayuran.
  6. Terakhir gulung roti tortila dengan kencang, belah dua.
  7. Letakkan dalam kotak bekal didampingi susu cair siap minum Frisian Flag Milky.

4. Bekal Anak Sekolah dengan Burger Tempe

Siapa yang tidak menyukai burger? Kebanyakan anak-anak pasti riang gembira apabila disajikan makanan ala barat ini. Namun, burger yang satu ini memiliki cita rasa kearifan lokal, yaitu tempe. Hampir semua orang pasti tau bahwa tempe merupakan salah satu sumber protein, bahkan lebih tinggi daripada daging. Harganya yang murah dan manfaatnya yang tinggi ini membuat tempe menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah cara membuat Burger Tempe dengan saus tomat untuk membawakan bekal sekolah anak Anda.

Siapkan bahan:

Membuatnya mudah dan cepat, berikut ini adalah cara membuat Burger Tempe.

  1. Kukus tempe dan masak hingga matang. Kemudian, haluskan.
  2. Sembari mengukus tempe, cincang halus bawang putih. Kemudian, tumis bawang putih.
  3. Masukkan tempe yang sudah dihaluskan ke sebuah wadah beserta tepung roti, bawang putih yang sudah ditumis, garam, dan merica. Setelah itu, aduk hingga rata.
  4. Campur adonan dengan telur. Aduk lagi sampai merata.
  5. Adonan dibentuk menjadi bulat pipih seperti olahan daging yang biasanya menjadi isian burger.
  6. Sebelum menggoreng tempe, panaskan margarin terlebih dahulu.
  7. Goreng tempe, masak hingga matang dan berwarna kecokelatan.
  8. Ambil roti burger dan beri saus tomat, isian tempe, selada, satu lapis keju, mentimun, dan irisan tomat di atas roti sesuai selera.
  9. Burger tempe dan susu cair siap minum Frisian Flag Milky siap untuk dijadikan menu bekal sekolah yang bergizi

5. Bekal Anak Sekolah dengan Meat Macaroni Omelet

Omelet yang biasanya Anda buat sebagai menu bekal anak sekolah mungkin sudah terlalu sering sang buah hati makan sehingga ia merasa bosan dan memilih untuk tidak menghabiskannya. Tidak ada salahnya untuk membuat hal yang lain dari biasanya supaya si anak bersemangat menyantap bekal anak sekolah miliknya. Dengan menambah beberapa bahan sebagai isian, omelet yang sudah biasa akan berubah menjadi omelet yang penuh rasa.

Siapkan bahan:

Perhatikan cara membuatnya supaya tidak terjadi kesalahan.

  1. Panaskan margarin. Lalu, tuang bawang bombay dan bawang putih untuk ditumis sampai wangi.
  2. Masukkan daging asap dan aduk hingga merata. Setelah itu, angkat dan sisihkan.
  3. Campurkan telur dan susu cair di suatu wadah. Kemudian, kocok.
  4. Masukkan tumisan daging asap, macaroni, paprika, garam, serta merica ke dalam wadah yang berisikan campuran telur dan susu cair. Selanjutnya, aduk lagi sampai merata.
  5. Margarin yang tersisa dipanaskan. Setelahnya, goreng adonan dan masak hingga matang.
  6. Angkat adonan yang sudah matang. Lalu, dipotong seperti potongan pizza sesuai selera.
  7. Meat Macaroni Omelet sudah siap dihidangkan sebagai resep bekal anak sekolah bersama dengan susu cair siap minum Frisian Flag Milky. Anda bisa menambahkan dengan kentang goreng supaya kebutuhan asupan si anak menjadi semakin lengkap.

6. Bekal Anak Sekolah dengan Nasi Ayam Yakitori dan Sayuran

Ide bekal anak sekolah anak pertama yang bisa Anda buat hari ini yakni nasi ayam yakitori dengan sayuran. Supaya asupan gizinya lebih beragam, selipkan beberapa potong sayuran yang terdiri dari daun bawang dan paprika merah serta hijau. Menu ini bisa menggantikan nasi kepal atau nasi goreng bersama lauk telur dadar. Anda juga bisa mengkreasikan dengan lebih banyak jenis dan potongan sayur-sayuran di dalam menu untuk bekal anak di sekolah tersebut agar jumlah asupan serat, mineral, dan vitamin untuk anak akan jauh lebih banyak. 

Bahan-bahan:

Bahan untuk lumuran ayam:

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan lumuran ke dalam mangkuk, lalu aduk sampai rata.
  2. Rendam ayam di dalam bahan lumuran dan biarkan sampai meresap sekitar 1 jam.
  3. Tusukkan ayam yang telah dilumuri bumbu menggunakan tusuk sate. Lakukan selang-seling dengan daun bawang dan paprika.
  4. Beri sedikit minyak pada alat pemanggang, kemudian panggang sate yang berisi ayam, paprika, dan daun bawang, masak hingga matang.
  5. Tambahkan taburan nori dan sedikit cabai bubuk, lalu ayam yakitori bersama dengan susu cair siap minum Frisian Flag Milky siap disajikan dalam kotak makan anak.

7. Bekal Anak Sekolah dengan Roll-up Bento Isi Daging dan Sayuran

Sudah pernah membawakan pasta untuk si Kecil? Bagaimana dengan nasi, pasti sering juga kan? Kali ini, Anda bisa coba membuat sumber karbohidrat dalam olahan dan bentuk yang berbeda. Ya, gunakan kentang yang tidak kalah mengenyangkan seperti nasi, dan olah menjadi mashed potato yang lunak dan lembut. Untuk bekal anak sekolah ini akan lebih lezat lagi ketika ditambahkan aneka lauk dan sayur tapi dalam kemasan yang menarik. Roll-ups bento dengan pilihan isi daging asap maupun ikan dan berbagai macam sayur yang baik untuk anak. 

Bahan-bahan mashed potato:

Bahan-bahan roll-ups bento:

Cara membuat:

  1. Rebus kentang sampai matang dan empuk, kemudian angkat, haluskan, dan sisihkan.
  2. Rebus susu cair sembari diaduk sampai mendidih, lalu tambahkan garam dan merica bubuk.
  3. Masukkan kentang yang telah halus, aduk sampai susu mengental dan terserap di dalam kentang. Beri tambahan keju, kemudian aduk lagi sampai rata dan sisihkan.
  4. Potong timun menjadi 4 bagian, kemudian kuliti timun dengan menggunakan pisau tajam sekitar setebal 2,5 cm.
  5. Letakkan irisan kulit timun di atas piring besar, lalu potong masing-masing topping seperti daging asap, wortel, daun selada, dan keju.
  6. Letakkan setiap potongan bahan di samping kulit timun agar masing-masing memiliki jumlah topping yang sama.
  7. Gulung setiap irisan kulit timun dengan potongan topping di dalamnya, kemudian rapatkan menggunakan tusuk gigi.
  8. Ulangi hal yang sama untuk setiap gulungan timun.
  9. Mashed potato dan gulungan timun dengan topping siap disajikan di dalam kotak makan anak didampingi susu cair siap minum Frisian Flag Milky.

Tips Agar Menu Bekal Sekolah Dimakan Habis

Selain mengetahui sejumlah resep untuk bekal anak sekolah, Anda juga perlu tahu tips aga menu bekal sekolah yang mereka bawa dimakan sampai habis. Berikut beberapa strategi yang bisa Anda terapkan agar bekal sekolah anak selalu habis setiap hari:

Perhatikan pula beberapa hal saat membawakan menu bekal sekolah anak. Sebab, kadang-kadang, ada waktunya anak tidak menghabiskan menu bekal makan siang di sekolah. Anda mungkin pernah merasa sedih karena sudah menyiapkan bekal makan sekolah anak sedemikian rupa, tetapi tidak ia habiskan. Sebelum Anda menegurnya karena hal ini, coba untuk menerapkan beberapa poin di bawah saat membawakan bekal sekolah anak, ya: 

Selain membuat bekal anak sekolah semenarik mungkin, siapkan juga susu cair siap minum Frisian Flag Milky yang praktis, mudah, dan bernutrisi untuk menemani setiap bekal anak sekolah sang buah hati. Dengan gabungan resep bekal anak sekolah yang memikat hati dan susu cair siap minum Frisian Flag Milky, si kecil pasti selalu bersemangat saat belajar di sekolah. Info lengkap bisa cek di sini.

Share This Entrys

Artikel Terkait
Milkpedia

Segarkan Hari dengan 3 Kreasi Es Susu Cokelat Nikmat

Milkpedia

Mainan Asik Anak Untuk Mengurangi Penggunaan Gadget

Milkpedia

3 Resep Unik Dengan Topping Susu Kental Manis