Tips diet sehat Ala Milenial, Mana Yang Paling Cocok Untuk Kamu

| 29 Apr 2019

Tips diet sehat Ala Milenial, Mana Yang Paling Cocok Untuk Kamu

Apa yang dimaksud dengan milenial? Secara garis besar, milenial adalah generasi diatas tahun 1980 an atau sering juga disebut dengan generasi Y. Orang-orang ini adalah mereka yang melalui millennium kedua. Karena itu generasi milenial memiliki perbedaan gaya hidup dari generasi millennium sebelum mereka. Generasi milenial lebih cepat dan cermat dalam mencari informasi terbaru, waku kerja yang lebih fleksibel serta banyak berinovasi dengan makanan dan minuman. Walaupun demikian, kaum milenial juga sangat mementingkan kesehatan, banyak diantaranya melakukan tips diet sehat ala milenial dengan mengkonsumsi makanan organik, minuman organik dan susu rendah lemak. Gaya hidup sehat milenial juga diterapkan pada diet sehat yang dijalani. Berikut beberapa penjelasan dan tips diet sehat ala milenial yang banyak diminati belakangan ini. 

Diet Keto 

Tips diet sehat pertama yang populer di kalangan milenial yaitu diet keto. Diet keto mulai populer sejak tahun 2018 di Indonesia, diet ini dilakukan dengan cara menerapkan rendah karbohidrat tapi tinggi lemak. Diet keto disebut-sebut dapat menurunkan berat badan dengan cepat, karena itulah banyak kontroversi yang muncul soal diet keto. 

Cara menjalankan diet keto adalah dengan mengurangi bahkan menghilangkan konsumsi karbohidrat tapi meningkatkan konsumsi lemak dan konsumsi protein. Tujuan diet keto supaya tubuh mencapai kondisi ketosis. Dalam kondisi ketosis tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi utama. Meskipun kontroversial namun para ahli menyampaikan bahwa diet keto adalah diet yang aman dilakukan, tips diet sehat ala keto yang menjadi kunci adalah jangka waktu tertentu diet ini tidak bisa dilakukan dalam kurun waktu lama. Hal itu semata-mata untuk tetap menjaga keseimbangan asupan nutrisi tubuh. 

Manfaat Diet Keto 

Sebelum popular sebagai salah satu tips diet sehat, diet keto bermanfaat untuk beberapa orang dengan penyakit tertentu. Contohnya diet keto dianjurkan kepada anak dengan penyakit epilepsi untuk mengurangi intensitas kejang yang terjadi. Berikut ini beberapa manfaat diet keto yang bisa Kamu pelajari. 

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Tipe 2 

    Untuk para penderita diabetes tipe 2, diet keto sangat dianjurkan selama lemak yang dikonsumsi adalah lemak baik. Lemak baik berasal dari tumbuh seperti kacang-kacangan dan hewan seperti daging ikan salmon. Asupan karbohidrat yang sangat rendah dapat membantu menurunkan kadar gula darah untuk penderita diabetes tipe 2. Sebelum melakukan diet keto bagi penderita diabetes tipe 2 sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter, jangan sampai kadar gula darah justru terlalu rendah yang berakibat serius. 

  2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung 

    Ada kemungkinan diet keto dapat menurunkan risiko penyakit jantung, hal ini berkaitan dengan konsumsi lemak sehat yang dikonsumsi. Diet keto dipercaya dapat menurunkan kadar insulin sehingga produksi kolesterol pada tubuh dapat berkurang. Kondisi inilah yang dipercaya diet keto dapat menurunkan risiko penyakit jantung

Selain itu masih banyak lagi kegunaan diet keto lainnya seperti menurunkan risiko terkena kanker, mengurangi jerawat dan memperlambat peradangan asam urat. Lalu bagaimana tips diet sehat untuk diet keto yang harus dijalani? Berikut penjelasannya. 

Tips diet sehat, Diet Keto 

Untuk mengawali diet keto, Kamu harus memulai dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dalam jumlah yang sangat banyak. Pelaku diet keto pada umumnya akan mengkonsumsi sebanyak 70% lemak, 20% protein dan 5% karbohidrat dalam sekali makan. Selain itu ada juga diet keto dalam taraf high protein ketogenic diet mengkonsumsi 60% lemak, 35% protein dan 5% karbohidrat. Darimana sumber lemak diperoleh selama diet keto? Sumber lemak baik dapat diperoleh melalui: 

  • Telur dengan omega 3
  • Daging sapi, daging ayam, daging ikan, daging kalkun 
  • Ikan, terutama ikan tuna dan salmon 
  • Keju dan mentega 
  • Sayuran hijau, tomat, cabai dan sayuran lain yang rendah kandungan karbohidrat
  • Kacang-kacangan seperti almond, wijen dan biji labu 
  • Alpukat, bisa diolah menjadi makanan dan minuman apapun
  • Garam, merica dan rempah-rempah lainnya

Sementara itu berikut beberapa karbohidrat yang harus dihindari selama menjalankan diet keto, diantaranya: 

  • Nasi, pasta, sereal 
  • Umbi-umbian seperti kentang, wortel, ubi 
  • Makanan dan minuman manis 
  • Lemak tidak sehat seperti minyak sayur dan mayonnaise

Tips diet sehat keto dianjurkan dilakukan selama 2-3 minggu saja atau paling lama selama 6 bulan. Hal ini berkaitan dengan konsumsi karbohidrat yang sangat minim, jika dilakukan dalam jangka panjang akan berdampak buruk. 

Diet Mayo 

Selanjutnya tips diet sehat selain diet keto yaitu diet mayo. Diet mayo bukanlah sembarang diet, tujuan utama diet mayo adalah untuk menjaga pola makan dan kesehatan orang yang menjalankannya. Diet mayo tidak berfokus pada pembatasan pola makan dan jenis makanan, diet ini lebih menitik beratkan pada pembatasan aktivitas sehari-hari. Tips diet sehat mayo adalah dengan cara membatasi asupan garam dan karbohidrat sehari-hari. Jika seseorang berhasil menjalankan diet mayo, berat tubuhnya akan turun dengan signifikan dalam waktu yang sangat singkat. Seperti halnya diet keto, diet mayo juga tidak dapat dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Diet mayo hanya boleh dilakukan dengan kurun waktu 1-2 minggu dalam 6-12 bulan saja. 

Tips diet sehat, Diet Mayo 

Secara garis besar tips diet sehat untuk menjalankan diet mayo adalah dengan mengurangi asupan garam serta karbohidrat, namun banyak pelaku diet mayo yang justru berat badannya tidak turun tapi merasa lemas tidak bertenaga. Hal tersebut bisa terjadi karena pelaku diet tidak disiplin dalam menjalankan dietnya. Berikut tips diet sehat untuk diet mayo agar berat badan cepat turun. 

  • Jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh harus disesuaikan dengan aktivitas dan kebutuhan harian. Jumlah kalori yang masuk berkisar antara 1200-1800 kalori dan tidak boleh kurang dari itu. 
  • Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah. Mengkonsumsi sayur dan buah akan membuat Kamu merasa kenyang lebih lama. 
  • Batasi asupan garam. Membatasi asupan garam kedalam tubuh akan meningkatkan keluarnya air dalam tubuh. Karena sifat garam mengikat air dalam tubuh, Kamu juga harus menghindari makanan dengan kandungan garam meskipun sedikit kadarnya. 
  • Membatasi konsumsi gula 
  • Perbanyak mengkonsumsi protein. Protein dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Kamu dapat memilih protein dari tumbuhan atau hewan. Ingat, hindari menggunakan garam saat mengkonsumsinya. 
  • Batasi asupan lemak selama diet mayo. Lemak merupakan salah satu pemicu berat badan naik. Ketika sedang melakukan diet mayo usahakan tidak mengkonsumsi terlalu banyak makanan berlemak. 

Diet Food Combining 

Diet food combining sebenarnya sudah diterapkan sejak zaman kuno. Diet ini mengacu pada teori jika makanan tidak dikombinasikan dengan tepat justru akan memicu munculnya berbagai macam penyakit. Penyakit yang muncul mulai dari masalah pencernaan hingga gangguan organ tubuh lainnya. Sebaliknya, jika mengkombinasikan makanan yang tepat dan seimbang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Jika dibandingkan dengan diet keto dan diet mayo, tips diet food combining cenderung lebih mudah dan aman dilakukan dalam jangka waktu panjang. Tips diet sehat ala food combining adalah pola diet yang tidak memakan beberapa makanan tertentu dalam waktu yang bersamaan, tujuannya agar tidak mengganggu pencernaan. Misalnya tidak memakan karbohidrat dan protein dalam waktu bersamaan, selain itu diet combining mengharuskan pelaku diet untuk mengkonsumsi buah sebelum makan tidak seperti kebiasaan pada umumnya. Diet combining membagi makanan dalam beberapa kategori yaitu: 

  • Asam: ikan, ayam, daging, gandum, susu dan produk olahan susu. 
  • Kategori netra : lemak, gula dan pati. 
  • Basa: Biji-bijian, buah, sayur dan kacang-kacangan

Dengan adanya kategori tersebut akan memudahkan pelaku diet food combining dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. 

Tips diet sehat, Diet Food Combining

Berikut ini tips diet sehat untuk melakukan diet food combining dengan memisahkan makanan yang tidak boleh dan boleh dikonsumsi secara bersamaan: 

  • Protein tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan lemak
  • Protein tidak boleh dikonsumsi bersama dengan protein lainnya (dalam satu kali makan hanya boleh terdapat satu jenis protein saja) 
  • Protein tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan karbohidrat
  • Karbohidrat tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan makanan asam (lihat klasifikasi sebelumnya) 
  • Buah-buahan dan susu hanya boleh dikonsumsi dalam kondisi perut kosong
  • Buah-buahan dan sayur tidak boleh dikonsumsi dalam waktu bersamaan 
  • Gula tidak boleh dikonsumsi dengan makanan lainnya.

Cara Kerja Diet Food Combining 

Diet food combining sangat erat kaitannya dengan pH tubuh. pH ini dapat mendeteksi berapa tingkat asam dan basa dalam tubuh manusia. Jika nilai pH adalah 0 maka kondisi tubuh dalam tingkat asam, sementara jika pH 14 maka kondisi tubuh dalam tingkat basa dan pH 7 adalah kondisi netral. Diet food combining ini akan membuat tubuh dalam kondisi netral yaitu pada pH 7.34 dan pH 7.45. Pada pH netral kondisi pencernaan sangat baik dan tubuh dapat mengolah makanan menjadi energi. 

Makanan yang dikonsumsi menjadi penyebab utama dari kadar keasaman tubuh, jika mengkonsumsi makanan yang tidak tepat pH tubuh akan menurun (bersifat asam). Sebaliknya jika mengkonsumsi makanan yang baik pH tubuh akan meningkat menuju pada pH netral dan basa. 

Diet Dash

Tips diet sehat ala Diet Dash atau Dietary Approaches to Stop Hypertension adalah diet yang awalnya dianjurkan untuk penderita hipertensi, namun seiring berjalannya waktu diet ini menjadi favorit bagi milenial terutama setelah hari raya. Pada saat lebaran biasanya orang-orang cenderung banyak memakan makanan berlemak dan bersantan yang kurang sehat. Diet dash bisa menjadi salah satu solusi mengembalikan berat badan setelah itu. 

Tips diet sehat untuk melakukan diet dash caranya sangatlah mudah, Kamu cukup membatasi konsumsi makanan berlemak dan tinggi kolesterol. Gantilah makanan-makanan tersebut dengan makanan sehat seperti sayur dan buah. Tidak hanya itu, pelaku diet dash juga dianjurkan untuk mengurangi asupan gula. 

Pola diet dash tergantung dari jumlah makanan yang biasa dikonsumsi, pelaku diet dapat memakan dalam jumlah sewajarnya dengan panduan nutrisi yang masuk kedalam tubuh. Penelitian di Amerika menerapkan tips diet sehat ala diet dash sebagai pola hidup sehat setelah melakukan diet ketat. Diet dash juga dipercaya dapat mengontrol berat badan supaya tidak melonjak naik setelah selesai melakukan diet lainnya. Dari studi tersebut ditemukan fakta bahwa orang yang menjalankan diet dash akan menurunkan 6 mmHg tekanan darah sistolik dan 3 mmHg tekanan darah diastolik.

Itu dia beberapa diet yang sedang digemari pada milenial dan tips diet sehat yang bisa Kamu jalankan. Selama melakukan diet, Kamu dapat menambahkan nutrisi lain seperti mengkonsumsi suplemen dan mengkonsumsi susu rendah lemak Frisian Flag Low Fat untuk menunjang keberhasilan diet. Info lebih lanjut mengenai susu rendah lemak Frisian Flag Low Fat bisa kamu lihat disini!

Artikel Terkait