Bekal Makan Siang Anak Kreatif untuk si kecil yang Tak Suka Sayuran

| 01 Agu 2018

Bekal Makan Siang Anak Kreatif untuk si kecil yang Tak Suka Sayuran

Anak selalu menyingkirkan sayur saat melihatnya di piring? Selalu menemukan sayur yang disisihkan ketika membuka kotak bekal anak sepulang sekolah? Anak yang tak mau makan sayur jadi tantangan hampir semua orangtua. Padahal seperti dikutip dari situs Health XChange, pakar diet dari KK Women’s and Children Hospital Singapore Ong Jia Xin menjelaskan bahwa kandungan vitamin, mineral, dan serat yang terdapat pada sayuran berfungsi menyehatkan tubuh, mendukung tumbuh kembang anak serta meningkatkan imunitas anak. Selain itu, menurut sebuah studi tahun 2016 yang dilansir situs berita SF Gate, konsumsi buah, sayur, dan susu berkontribusi pada peningkatan performa anak di sekolah.

Lalu bagaimana agar anak mau makan sayur mayur? Anda bisa menyiapkan bekal makan siang anak berbahan sayur sebagai alternatif kreatif dari jajanan anak yang ada di sekolah. Seperti apa? Yuk, coba 3 resep jajanan anak sekolah berbahan sayur berikut ini.


Mashed “Potato” Kembang Kol

Pisah-pisahkan kepala kembang kol, buang bongkolnya, dan sisihkan. Panaskan dua cangkir air di panci kecil kemudian masukkan kembang kol. Masak dengan api sedang selama 12 - 15 menit atau hingga kembang kol jadi sangat lembut lalu tiriskan. Masukkan kembang kol ke dalam mangkuk dan tambahkan 3 sendok teh susu kental manis, 1 sendok teh mentega, 1/4 sendok teh garam, dan lada hitam secukupnya. Aduk rata dan haluskan kembang kol hingga menyerupai adonan mashed potato. Jika suka, bubuhkan taburan peterseli di atasnya.


Waffle Cokelat Mentimun

Panaskan cetakan waffle dengan tingkat kepanasan medium. Blender 2 butir telur, 3/4 cangkir susu cokelat, 2 sendok makan minyak kelapa, 1/4 sendok teh garam, 2 sendok teh baking powder, dan 1 cangkir tepung hingga merata. Tuang adonan ke dalam mangkuk dan tambahkan 1/2 cangkir timun parut dan taburi choco chips. Tuang adonan ke cetakan waffle dan masak hingga matang.


Susu Cokelat Sayur Mayur

Tak punya banyak waktu menyiapkan bekal anak sekolah? Cukup blender 1 cangkir bayam, 1/2 buah pisang, 2 buah kurma, 1/4 cangkir kacang mede, 3 buah es batu kecil, 1 1/2 gelas susu cokelat Frisian Flag hingga tercampur rata. “Susu” sayur mayur pun siap disajikan.

Untuk memenuhi kebutuhan anak akan gizi seimbang, perhatikan pula asupan-asupan lain yang dibutuhkan oleh anak, mulai dari nasi, lauk, buah, maupun susu. Untuk mendukung tumbuh kembangnya, berikan Frisian Flag Milky botol Zuzhu & Zazha dengan kandungan nutrisi makro dan mikro seperti kalsium, vitamin A, B1, B2, B6 dan D3 dengan rasa cokelat dan stroberi yang lezat.


Mau tau kandunga nutrisi apa saja yang terdapat pada Frisian Flag Milky? Yuk cek di sini!

Artikel Terkait