5 Menu Sarapan Pagi Simple yang Bisa Dicoba di Rumah

Banner
| 21 Des 2022

5 Menu Sarapan Pagi Simple yang Bisa Dicoba di Rumah

5 Menu Sarapan Pagi Simple yang Bisa Dicoba di Rumah

Kesibukan di pagi hari, terutama bagi warga kota besar, membuat sarapan seringkali dilewatkan. Padahal banyak penelitian membuktikan bahwa sarapan memenuhi 25% kebutuhan nutrisi harian. Kualitas sarapan pagi juga bakal berpengaruh pada kesehatan pencernaan dan kerja otak. Tapi jangan khawatir,ini beberapa menu sarapan sehat yang mudah dibuat:

Menu Sarapan Pagi Simple

Berikut adalah sejumlah ide menu sarapan pagi simple yang bisa Anda coba buat di rumah. Bahan-bahannya sederhana, cepat membuatnya dan sudah tentu sehat. Simak juga resep sarapan paginya ya:

  • Sandwich

    Sandwich menjadi pilihan sarapan yang tepat untuk kamu yang beraktifitas padat dan tidak menyukai sarapan yang berat. Sandwich juga cukup mudah di buat lho, cukup olesi roti tawar dengan butter lalu panggang sebentar dan isi dengan berbagai macam sayur, buah, keju ataupun daging tak lupa diolesi berbagai macam saus atau selai.

  • Nasi Goreng

    Kenikmatan yang diberikan nasi goreng memang nggak ada duanya. Jangan heran untuk menyemangati pagi hari, nasi goreng menjadi menu sarapan. Dengan nasi goreng yang saat ini sudah banyak modifikasi menunya, membuatmu menjadi punya banyak pilihan nih. Cukup tumis nasi dan berbagai macam lauk atau sayur pilihanmu, bisa dengan kacang polong, sosis dan telur lalu tambahkan bawang merah, bawang bombay, bawang putih, cabai dan kecap.

  • Telur Tahu Kukus

    Telur yang dicampur tahu ini mengandung protein yang tinggi, selain itu bisa jadi pilihan untuk kamu yang sedang diet karena tidak mengandung minyak. Olahan ini hanya membutuhkan tahu yang dihancurkan lalu dikocok bersama telur, jangan lupa bumbui dengan garam, lada dan taburi dengan daun bawang. Kukus hingga matang lalu sarapan bergizi ini siap dinikmati.

  • Pancake

    Satu lagi menu sarapan pagi simple yang bisa Anda coba di rumah. Pancake sudah tentu enak, mudah dibuat dan disukai oleh setiap anggota keluarga.

    Untuk membuat menu sarapan pagi simple ini, Anda bisa siapkan tepung terigu, satu butir telur, susu UHT Frisian Flag Full Cream, dan sedikit baking powder. Campurkan semuanya menjadi adonan dan masak di teflon dengan sedikit butter.

    Saat menyajikannya, Anda bisa lengkapi dengan pisang, selai, choco chips atau keju.

  • Omelet

    Menu sarapan pagi simple yang ini identik dengan sarapan di cafe atau di hotel. Tapi, tentu Anda bisa coba buat juga di rumah. 

    Anda bisa siapkan dua butir telur, sedikit susu UHT Frisian Flag Full Cream, kemudian isiannya seperti wortel, buncis, jagung, smoke beef, atau kornet. Kemudian, kocok telur hingga mengembang dan campurkan dengan bahan lainnya. Jangan lupa bumbui dan kemudian dimasak dengan api kecil.

    Meski termasuk menu sarapan pagi simple, omelet kaya dengan protein dari telur yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Baca Juga: 6 Menu Sarapan Pagi yang Praktis & Lezat

Nutrisi yang Dibutuhkan di Pagi Hari

Setelah mencari tahu beberapa ide menu sarapan pagi simple yang bisa Anda buat sendiri di rumah, pastikan kandungan-kandungan nutrisi ini ada di dalamnya ya. Selain mencari tahu resep sarapan pagi, penting untuk memastikannya sehingga kondisi kesehatan tubuh lebih terjaga dengan baik. Kandungan nutrisi yang dibutuhkan tersebut antara lain:

  • Karbohidrat

    Penting untuk memastikan kandungan karbohidrat dalam menu sarapan pagi simple yang Anda makan. Karena karbohidrat menjadi nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita setelah kurang lebih tanpa asupan makanan selama lebih dari 8 jam tidur semalaman.

    Karbohidrat ini dibutuhkan untuk beraktivitas sepanjang hari. Sehingga penting untuk memastikan cukup karbohidrat dalam menu sarapan pagi simple Anda.

  • Protein

    Protein juga memberikan energi bagi tubuh, sama seperti karbohidrat. Perbedaannya adalah protein bisa bertahan lebih lama dibandingkan karbohidrat sehingga guna protein adalah menjadi sumber energi tambahan. Apalagi, menu sarapan simple yang mengandung protein akan membuat Anda kenyang lebih lama. 

  • Serat

    Buah dan sayur juga harus ada dalam menu sarapan pagi simple yang Anda nikmati. Karena serat yang terkandung di dalamnya bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan.

    Apalagi, selain serat di dalam buah dan sayur, terdapat pula antioksidan yang melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang ada pada polusi dan paparan sinar matahari.

  • Lemak

    Tidak semua jenis lemak harus dihindari lho. Karena lemak diperlukan tubuh untuk dapat menyerap vitamin dari asupan buah atau sayur dengan lebih optimal. Jadi pastikan ada kandungan lemak baik dari menu sarapan pagi simple ya.

Baca Juga: 11 Resep Sarapan Pagi yang Bisa Dicoba di Rumah

Itulah sejumlah rekomendasi menu sarapan pagi simple yang mudah dibuat dan sudah tentunya sehat. Supaya menu sarapan pagi simple Anda lebih kaya dengan nutrisi, tutup makanan nikmatmu dengan minuman bergizi susu UHT Frisian Flag Full Cream yang berasal dari kesegaran susu murni dengan rasa full cream gurih dan sangat lezat. Dan juga mampu memberimu nutrisi mikro dan makro yang diperlukan tubuh. Maka dari itu, yuk rajin minum susu dari sekarang!

Baca Juga: 8 Menu Sarapan Sehat untuk Pagi yang Menyenangkan

Artikel Terkait