6 Menu Sarapan Pagi yang Praktis & Lezat

Banner
| 13 Jan 2022

6 Menu Sarapan Pagi yang Praktis & Lezat

6 Menu Sarapan Pagi yang Praktis & Lezat

Sarapan pagi yang ideal tidak hanya harus lezat, tapi juga mampu menjadi salah satu sumber energi sekaligus juga mudah untuk dibuat. Sebagaimana yang Anda pahami, bahwa Anda tidak punya waktu yang banyak untuk mempersiapkan diri sebelum mulai beraktivitas. Oleh karena itu, menu sarapan harus diolah sepraktis mungkin. Untuk hal ini, biasanya roti tawar dan susu jadi menu sarapan yang jadi Andalan.

Meskipun begitu jika Anda membuat sarapan pagi dengan olahan susu dan roti tawar setiap hari, lama kelamaan Anda dan keluarga pun bisa merasa bosan dan mungkin akan meninggalkan kebiasaan sarapan. Namun, tahukan Anda bahwa menu sarapan roti dan susu bisa diolah menjadi hidangan sarapan pagi yang menarik. 

Kreasi sarapan menggunakan roti

Kreasi ini bisa Anda coba terlebih dahulu agar menghindari bosan menyantap sarapan pagi dengan menu yang itu-itu saja. Berikut adalah 3 resep simpel dan kreatif untuk menu sarapan berbahan dasar roti agar suasana pagi tidak lagi membosankan.

  1. Roti Panggang Pisang Karamel 

    Mungkin Anda pernah dengar sajian sarapan pagi bernama french toast. Nah, resep satu ini adalah variasi dari french toast dengan tambahan pisang yang sudah dilumuri saus karamel. Anda hanya perlu mempersiapkan susu, telur, dan bubuk kayu manis di sebuah wadah, aduk rata lalu celupkan roti. Kemudian goreng roti dengan sedikit mentega. Setelah selesai, tambahkan pisang yang sudah digoreng dengan sedikit mentega dan saus karamel. Terakhir, taburi potongan kacang walnut atau almond.

  2. Puding Roti dan Telur

    Tak hanya lezat sebagai menu sarapan, puding roti dan telur juga bisa menjadi hidangan penutup setelah makan malam. Olesi loyang muffin dengan mentega dan potongan kacang almond, kemudian masukkan potongan roti yang telah diaduk dengan susu dan telur. Kemudian panggang di dalam oven hingga kecoklatan. Anda bisa menambahkan taburan kayu manis, potongan buah, atau es krim favorit Anda.

  3. Roti Rasa Pisang Mangga

    Roti pisang jadi salah satu menu sarapan praktis keluarga? Nah coba perkaya kelezatan roti pisang dengan segarnya rasa buah mangga untuk sarapan pagi. Cukup campur dan aduk rata tepung, baking powder, gula pasir, telur, sedikit garam dan bubuk kayu manis. Tambahkan pisang dan daging buah mangga yang sudah dihaluskan lalu tambahkan mentega cair dan setengah cangkir Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold. Panggang hingga matang di dalam oven, dan nikmati selagi hangat.

Variasi menu sarapan pagi selain roti

Di luar menu sarapan berbahan dasar roti, Anda juga bisa menghadirkan kreasi hidangan lainnya agar sarapan pagi Anda lebih berwarna. Mungkin Anda terbiasa membuat nasi goreng untuk menu sarapan. Namun terkadang membuat nasi goreng membutuhkan waktu yang cukup lama. Berikut adalah variasi menu sarapan yang bisa Anda coba dengan praktis dan mudah di rumah. 

Pancake pisang 

Jika Anda gemar untuk berkreasi dengan bahan makanan, pancake bisa menjadi salah satu menu sarapan pagi andalan saat terburu-buru. Cara membuat pancake pisang sangat mudah dan praktis. Rasanya yang lezat dengan tekstur yang legit membuat banana pancake jadi salah satu menu sarapan pagi yang sayang untuk dilewatkan

Bahan-bahan:

  • 200 gr tepung terigu
  • 100 ml susu cair Frisian Flag Full Cream
  • 2 Buah pisang, hancurkan.
  • 1 Butir telur 
  • ½ Sdt baking soda 
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat:

  1. Campurkan tepung terigu bersama dengan susu, setelah menjadi adonan masukan pisang yang sudah dihancurkan, baking soda, telur dan gula. 
  2. Panaskan wajan anti lengket, tuangkan satu sendok sayur adonan diatas wajan dan masak hingga mengembang. 
  3. Lakukan sampai adonan habis. 
  4. Tambahkan topping selai buah, coklat atau keju sesuai dengan selera Anda.

Pisang epe

Pisang merupakan salah satu buah yang cukup sering dipilih sebagai santapan sarapan pagi. Untuk itu, Anda bisa mencoba untuk membuat pisang epe sebagai variasi menu sarapan. Pisang epe merupakan salah satu jenis pisang goreng dari provinsi Sulawesi Selatan yang punya cita rasa khas.

Bahan-Bahan:

  • 5 buah pisang kepok setengah matang
  • 100 ml santan kental
  • 100 ml Susu Kental Manis Frisian Flag Gold
  • 100 gr gula aren, iris halus
  • ½ sdm maizena
  • 150 ml air
  • 50 gr kurma, potong kotak
  • 50 gr kismis
  • 50 gr kacang tanah sangrai, cincang kasar

Cara membuat:

  1. Dalam membuat pisang epe sebagai rekomendasi sarapan yang lezat, pertama Anda perlu membuat sausnya terlebih dahulu
  2. Siapkan panci kecil dan campurkan santan, Susu Kental Manis Frisian Flag Gold, gula aren, maizena, dan air. Masak di atas api sedang
  3. Aduk campuran bahan saus secara perlahan dan mengental. Lalu matikan api dan sisihkan
  4. Selanjutnya mulai olah pisang. Kamu bisa pipihkan sedikit pisang yang telah dipilih sesuai selera
  5. Siapkan wajan dan lelehkan mentega untuk memanggang pisang. Pastikan permukaan pisang berubah kecoklatan, tapi usahakan jangan sampai gosong
  6. Angkat pisang bakar yang sudah matang dan tata di atas piring saji. Tuangkan saus dan taburkan kacang, kismis, dan kurma sesuai selera.

Omelette telur dan sayuran 

Selain roti dan susu, telur merupakan salah satu bahan makanan yang kerap kali digunakan dalam membuat sarapan yang praktis. Telur orak arik bisa jadi pilihan sebagai teman makan roti di pagi hari. Namun, selain orak air, ada juga salah satu kreasi yang bisa Anda coba, yaitu membuat omelette. Agar terasa lebih mengenyangkan dan seimbang, Anda juga bisa menambah sayuran pada sajian omelette Anda. Berikut cara dan bahan untuk membuatnya.

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur ayam 
  • 1/2 siung bawang bombai, cincang kasar
  • Paprika, potong kotak-kotak 
  • 1/2 buah tomat. potong kotak-kotak 
  • 2 buah jamur champignon, iris tipis
  • 2 buah sosis, iris tipis 
  • Keju mozarella secukupnya
  • Keju cheddar parut secukupnya
  • 3 sdm susu cair Purefarm Full Cream 
  • Garam dan lada secukupnya
  • Margarin untuk menumis 

Cara membuat:

  1. Pertama siapkan wadah bersih untuk kocok telur bersama keju parut, susu cair, garam, dan lada. Kocok hingga semua bahan tercampur merata. Sisihkan
  2. Selanjutnya, siapkan penggorengan atau teflon dan panaskan margarin. Mulai Tumis bawang bombay, paprika, jamur, dan sosis. Masak seluruh bahan hingga harum. Pastikan jamur layu matang. Ratakan bahan ke seluruh wajan dan kecilkan api
  3. Tuang kocokan telur. Acak secara perlahan dan masak hingga setengah matang
  4. Tambahkan tomat dan keju kotak-kotak. Lipat omelet jadi bentuk setengah lingkaran. Tutup wajan sebentar dan masak sampai keju meleleh. Angkat dan sajikan

Apapun resep yang Anda coba, Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold dapat menjadi pilihan untuk menambah citarasa sarapan pagi Anda. Susu Kental Manis Frisian Flag mudah ditemukan di mana saja dan tersedia dalam berbagai macam packaging, seperti kaleng, sachet, serta pouch. Selain itu, varian rasa yang beragam juga membuat Susu Kental Manis Frisian Flag jadi salah satu bahan pelengkap yang mudah untuk diolah. Satu porsi Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold mengandung energi sebanyak 130 kkal untuk mendukung asupan energi harian Anda. Punya waktu yang terbatas di pagi hari? Temukan resep sarapan simpel dan mudah dengan Frisian Flag Susu Kental Manis Gold di sini!

Artikel Terkait