Mengapa Anda Harus Mengganti “Empat Sehat Lima Sempurna” dengan “Pedoman Gizi Seimbang”?

| 05 Mar 2018

Mengapa Anda Harus Mengganti “Empat Sehat Lima Sempurna” dengan “Pedoman Gizi Seimbang”?

“Empat Sehat Lima Sempurna” mungkin telah akrab bagi keluarga Anda sebagai pedoman memenuhi kebutuhan gizi harian. Namun Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terus melakukan penyempurnaan terhadap Panduan Gizi Seimbang (PGS). Pada Februari 2014 “Pedoman  Gizi Seimbang” resmi ditetapkan sebagai PGS menggantikan Empat Sehat Lima Sempurna. Secara singkat, “Pedoman Gizi Seimbang” diartikan sebagai susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Lalu apa bedanya  Pedoman Gizi Seimbang dengan makanan empat sehat lima sempurna?

Lebih dari sekedar mengonsumsi makanan beragam

Menu empat sehat lima sempurna sebenarnya sudah menggambarkan variasi pangan, namun ini belum cukup. Agar tubuh Anda sehat optimal,  Pedoman Gizi Seimbang juga menganjurkan Anda menjaga kebersihan, berolahraga, serta mempertahankan berat badan normal.

Porsi makan lebih jelas

Anda sudah tahu bahwa tubuh membutuhkan aneka zat gizi dalam wujud karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, serat, dan air. Namun bagaimana pembagian porsinya? Dalam satu hari, Pedoman Gizi Seimbang menyarankan Anda untuk mengonsumsi 2-4 porsi protein (lauk pauk), 3-4 porsi sayur, 2-3 porsi buah, 3-4 porsi karbohidrat (nasi, jagung, ubi), dan 8 gelas air. Untuk satu kali makan, rasio ukuran satu piring adalah ⅓ porsi karbohidrat, ⅓ porsi sayur, ⅙ porsi lauk pauk, ⅙ porsi buah plus segelas air putih. Jangan lupa membatasi pengonsumsian gula (4 sdm), garam (1 sdt), dan minyak (5 sdm).

Susu sebagai bagian dari sumber protein hewani 

Dalam Pedoman Gizi Seimbang, susu tidak lagi dianggap sebagai asupan yang “menyempurnakan”, melainkan masuk dalam kelompok lauk pauk sumber protein. Karena itu, jadikan susu sebagai salah satu asupan wajib setiap hari. Minum susu makin praktis bersama Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm, mengandung protein, karbohidrat, dan lemak, serta multivitamin dan mineral dengan varian rasa Full Cream, Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry), dan Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).

Pentingnya minum air putih

Menu makanan empat sehat lima sempurna tidak menggambarkan pentingnya minum air putih.   Pedoman Gizi Seimbang menganjurkan Anda untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih secara berkala setiap hari. 

Sebelum menerapkan  Pedoman Gizi Seimbang sebagai panduan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian bagi Anda dan keluarga, konsultasikan dengan dokter atau pakar gizi tepercaya.

Artikel Terkait