Facebook Pixel

Mengapa Empat Sehat Lima Sempuna Lebih Penting Dari Gizi Seimbang?

Banner
| 20 Mar 2021

Mengapa Empat Sehat Lima Sempuna Lebih Penting Dari Gizi Seimbang?

Mengapa Empat Sehat Lima Sempuna Lebih Penting Dari Gizi Seimbang?

“Empat Sehat Lima Sempurna” mungkin telah akrab bagi keluarga Anda sebagai pedoman memenuhi kebutuhan gizi harian. Namun Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terus melakukan penyempurnaan terhadap Panduan Gizi Seimbang (PGS). Pada Februari 2014 “Pedoman Gizi Seimbang” resmi ditetapkan sebagai PGS menggantikan Empat Sehat Lima Sempurna. Secara singkat, “Pedoman Gizi Seimbang” diartikan sebagai susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Lalu apa bedanya Pedoman Gizi Seimbang dengan makanan empat sehat lima sempurna?

Lebih dari sekedar mengonsumsi makanan beragam

Menu empat sehat lima sempurna sebenarnya sudah menggambarkan variasi pangan, namun ini belum cukup. Agar tubuh Anda sehat optimal, Pedoman Gizi Seimbang juga menganjurkan Anda menjaga kebersihan, berolahraga, serta mempertahankan berat badan normal.

Porsi makan lebih jelas

Anda sudah tahu bahwa tubuh membutuhkan aneka zat gizi dalam wujud karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, serat, dan air. Namun bagaimana pembagian porsinya? Dalam satu hari, Pedoman Gizi Seimbang menyarankan Anda untuk mengonsumsi 2-4 porsi protein (lauk pauk), 3-4 porsi sayur, 2-3 porsi buah, 3-4 porsi karbohidrat (nasi, jagung, ubi), dan 8 gelas air. Untuk satu kali makan, rasio ukuran satu piring adalah ⅓ porsi karbohidrat, ⅓ porsi sayur, ⅙ porsi lauk pauk, ⅙ porsi buah plus segelas air putih. Jangan lupa membatasi pengonsumsian gula (4 sdm), garam (1 sdt), dan minyak (5 sdm).

Susu sebagai bagian dari sumber protein hewani 

Dalam Pedoman Gizi Seimbang, susu tidak lagi dianggap sebagai asupan yang “menyempurnakan”, melainkan masuk dalam kelompok lauk pauk sumber protein. Karena itu, jadikan susu sebagai salah satu asupan wajib setiap hari. Minum susu makin praktis bersama Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm, mengandung protein, karbohidrat, dan lemak, serta multivitamin dan mineral dengan varian rasa Full Cream, Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry), dan Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).

Pentingnya minum air putih

Menu makanan empat sehat lima sempurna tidak menggambarkan pentingnya minum air putih. Pedoman Gizi Seimbang menganjurkan Anda untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih secara berkala setiap hari. 

Sebelum menerapkan Pedoman Gizi Seimbang sebagai panduan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian bagi Anda dan keluarga, konsultasikan dengan dokter atau pakar gizi terpercaya.

Pentingnya Peran Susu dalam Pedoman Gizi Seimbang

Seperti yang sudah dijelaskan, pedoman 4 sehat 5 sempurna adalah pola makan yang dikenal dengan menu yang terdiri dari nasi, lauk-pauk, sayur, buah, dan susu. Untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dalam bidang gizi serta mengatasi tantangan yang dihadapi, pada tahun 1990-an pemerintah meluncurkan kampanye Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) yang menggantikan pedoman 4 sehat 5 sempurna.

Ada 4 pilar utama pedoman gizi seimbang, salah satunya adalah mengonsumsi aneka ragam makanan dengan penekanan pada asupan gizi yang seimbang yang meliputi:

Makanan Pokok

Tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi yang didapatkan dari makanan pokok seperti dari nasi, sagu, singkong, atau roti. Untuk pola hidup yang lebih sehat, pilihlah karbohidrat kompleks berupa nasi merah, oat, kentang, jagung, atau lentil. Berdasarkan tumpeng gizi seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, makanlah 3-4 porsi makanan pokok setiap hari.

Lauk-pauk

Protein yang bisa Anda dapatkan dari lauk-pauk terbagi menjadi 2, yakni protein hewani dan nabati. Meski sama-sama protein, keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Nah, tugas Anda adalah membuat variasi yang seimbang. Per hari, konsumsilah protein hewani sebanyak 2-4 porsi atau setara dengan 2-4 potong daging ayam, daging sapi, ikan ukuran sedang, atau 1 gelas susu. Jangan lupa variasikan dengan 2-4 porsi protein nabati atau setara dengan 4-8 potong tempe atau tahu ukuran sedang.

Sayur dan Buah

Secara umum, sayur dan buah merupakan sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan bagi tubuh. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan 400 gram sayur dan buah per hari, tepatnya 250 gram sayur atau setara dengan 2,5 porsi, serta 150 gram buah atau setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang, 1½ pepaya ukuran sedang, atau 3 buah jeruk ukuran sedang.

Minuman

Air merupakan zat gizi makro esensial bagi tubuh. Penuhi kebutuhan cairan Anda minimal 2 liter atau 8 gelas per hari. Selain air putih, Anda pun bisa mendapatkan zat gizi dari minuman sehat lain, seperti susu sapi yang menjadi sumber protein, kalsium, dan vitamin D.

Keluarga sadar gizi adalah keluarga yang menerapkan pola makan bergizi seimbang dalam kesehariannya untuk mencapai kualitas kesehatan yang optimal. Karena itu, hadirkan segala manfaat susu sapi kapan pun dan di mana pun Anda berada bersama susu siap minum dari Frisian Flag Indonesia. Susu dengan cita rasa yang lezat dan bergizi ini diproduksi dengan susu segar pilihan, dengan pengalaman lebih dari 140 tahun di dunia dan didukung oleh keahlian dari Netherlands Dairy Expertise.

Dengan kemasan kotak dan botol berukuran sekali minum yang dapat dikonsumsi keluarga (kecuali bayi usia 0-12 bulan), susu siap minum Frisian Flag praktis dan higienis sehingga bisa dinikmati dalam segala suasana, baik di dalam maupun luar rumah. Tersedia dalam merek Frisian Flag Purefarm untuk anggota keluarga serta Frisian Flag Kid, Milky, dan Fruity untuk anak-anak.

Yang terpenting, Susu Siap Minum Frisian Flag mengandung rangkaian zat gizi makro (protein, karbohidrat, dan lemak) dan zat gizi mikro (multivitamin dan mineral) untuk mendukung asupan gizi harian keluarga Indonesia. Jadikan Susu Siap Minum Frisian Flag bagian dari pola hidup sehat demi memenuhi nutrisi untuk keluarga Anda.

Baca Juga: Mewujudkan Indonesia Sejahtera

Berikan Sarapan si Kecil Menu Sarapan Gizi Seimbang

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Dietetic Association menyebutkan bahwa sarapan pagi penting untuk kesehatan. Sarapan pagi diibaratkan bahan bakar untuk mengisi energi di pagi hari hingga menjelang siang. Namun, terlalu banyak porsi sarapan justru akan membuat mengantuk dan lemas jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang sesuai.

Untuk sarapan anak, aturlah porsi agar mereka tidak terlalu kenyang. Karena itu, porsi sarapan pagi umumnya lebih sedikit dari makan siang maupun makan malam. Anak dalam usia sekolah banyak menghabiskan waktu untuk belajar sehingga aktivitas otaknya pun meningkat. Kekenyangan bisa menghambat aktivitas mereka belajar.

Memilih menu sarapan pagi anak tidak kalah penting dari jumlah porsinya. Di masa pertumbuhan, anak memiliki kebutuhan yang perlu dipenuhi agar perkembangan fisik dan mentalnya optimal. Dalam jangka pendek, sarapan pagi juga harus menyuplai cukup energi untuk anak beraktivitas.

Untuk itu, asupan makanan yang mengandung omega 3, kolin, asam folat, vitamin E, dan aneka nutrisi otak lainnya sangat dibutuhkan. Tak lupa juga unsur makronutrien yaitu protein, lemak, dan karbohidrat yang membantu mereka mendapatkan energi dan mikro nutrien seperti vitamin dan mineral untuk pemeliharaan organ-organ mereka.

Jika tidak ada kandungan seperti yang telah disebutkan, maka sarapan pagi anak Anda belum memenuhi syarat sehat. Jumlah yang cukup dan gizi seimbang akan mendukung proses pertumbuhan tubuh dan otak secara optimal serta membantu meningkatkan daya konsentrasi saat belajar.

Mulailah dari sekarang untuk lebih memperhatikan menu sarapan anak Anda. Contoh menu sarapan sehat yang direkomendasi untuk anak adalah karbohidrat kompleks, buah, dan sayuran. Hindari makanan instan yang tinggi kandungan gula dan garamnya.

Jadikan Frisian Flag Purefarm sebagai bagian gizi sempurna Kamu. Info lengkap Frisian Flag Purefarm bisa cek di sini.

Baca Juga: Milk Collections Points

Artikel Terkait