Pentingnya Pedoman Gizi Seimbang Bagi Kesehatan Tubuh

Banner
| 09 Agu 2022

Pentingnya Pedoman Gizi Seimbang Bagi Kesehatan Tubuh

Pentingnya Pedoman Gizi Seimbang Bagi Kesehatan Tubuh

Sudahkah Anda mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang? Mungkin selama ini Anda sudah familiar dengan konsep 4 sehat 5 sempurna, tetapi tahukah Anda bahwa konsep ini sudah diubah jadi konsep gizi seimbang? Ya, ternyata Kementerian Kesehatan RI sudah mengembangkan konsep Pedoman Gizi Seimbang (PUGS) karena dianggap lebih relevan dan dengan gaya hidup masa kini.

Apa itu Gizi Seimbang?

Pengertian gizi seimbang dijelaskan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (RI) Nomor 41 Tahun 2014. Gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan memantau berat badan secara teratur dalam rangka mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi. Maksud gizi seimbang diharapkan agar bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. 

Kemenkes RI menjelaskan bahwa pedoman gizi seimbang bertujuan untuk memberikan panduan konsumsi makanan gizi seimbang harian dan berperilaku sehat berdasarkan prinsip komsunsi anekaragam pangan, perilaku hidup bersih, aktivitas fisik, dan memantau berat badan secara teratur dalam rangka mempertahankan berat badan normal.

Konsep ini sudah dikampanyekan dengan slogan “isi piringku”. Kalau sebelumnya 4 sehat 5 sempurna merupakan kombinasi makan dengan makanan pokok, sayur, lauk pauk, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu. Sementara itu, konsep isi piringku lebih mengedepankan keseimbangan dalam asupan gizi sehari-hari. 

Menurut Kementerian Kesehatan RI, konsep gizi seimbang ini pada dasarnya merupakan rangkaian upaya untuk mengembangkan antara nutrisi yang masuk dan keluar dengan mempertahankan berat badan normal. Lalu, apa saja empat pilar yang terdapat dalam konsep gizi seimbang?

4 Pilar Utama dalam Pedoman Gizi Seimbang

Seperti yang disebutkan, pedoman ini tak hanya berfokus pada pola makanan gizi seimbang yang Anda konsumsi, tetapi juga ada pertimbangan lain yang perlu diperhatikan, misalnya batasan antara konsumsi gula, garam, dan lemak. Selain itu, pedoman ini juga berkaitan dengan kegiatan fisik, berat badan, dan hal lain. Berikut adalah 4 pilar yang harus diperhatikan:

  1. Mengonsumsi aneka ragam pangan

    Anda sebaiknya mengonsumsi aneka ragam pangan yang bergizi seimbang. Sebab, tidak ada satu jenis makanan dan minuman yang bisa memberikan gizi lengkap untuk tubuh kita. 

    Contohnya, nasi putih memang sumber karbohidrat, namun di dalamnya kurang kandungan vitamin dan mineral. Lain lagi dengan buah-buahan yang kaya vitamin dan mineral, tetapi kurang kandungan protein.

    Artinya, Anda harus menyeimbangkan antara zat gizi makro (protein, karbohidrat, lemak) dan zat gizi mikro (vitamin dan mineral) agar kebutuhan nutrisi harian tercukupi dengan baik. Salah satu asupan nutrisi yang dapat mendukung kesehatan tubuh adalah susu UHT Frisian Flag Full Cream karena mengandung beragam nutrisi yang penting bagi tubuh. 

  2. Menerapkan pola hidup bersih

    Perilaku hidup bersih sangat penting untuk menjauhkan diri dari penyakit, seperti infeksi kuman, bakteri, atau virus. Jika sistem imunitas tubuh Anda lemah, maka radikal bebas atau penyakit akan lebih mudah muncul.

    Anda juga harus menerapkan pola makan sehat dan perilaku hidup bersih. Mulailah dari kebiasan-kebiasan kecil untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Misalnya saja, membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan alat makan, cuci tangan sebelum dan setelah makan, mandi teratur, dan lain sebagainya.

  3. Melakukan aktivitas fisik

    Dalam pedoman ini, asupan gizi yang seimbang saja tidak cukup, Anda harus menerapkan pilar ketiga, yaitu rutin melakukan aktivitas fisik. Asupan gizi yang berlebihan tanpa diimbangi oleh aktivitas fisik ternyata tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sebab, kebiasaan ini akan meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, serta penyakit serius lainnya.

    Untuk menerapkan pedoman gizi seimbang, Anda sebaiknya memberikan asupan nutrisi yang proporsional dengan diimbangi aktivitas fisik sesuai kemampuan. Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan, seperti lari pagi, berenang, bersepeda, work out, zumba, yoga, dan lain-lain. 

  4. Memantau berat badan secara teratur

    Dalam pedoman gizi seimbang, Anda juga perlu memantau berat badan secara teratur agar mencegah terjadinya obesitas dan penyakit jantung. Mengutip data riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2018, angka obesitas di Indonesia meningkat sejak 2013 dari yang semula 14 persen menjadi 21 persen atau naik sebanyak 7 persen. 

    Ada banyak penyakit lain yang bisa muncul akibat obesitas. Cara untuk mencegah penyakit ini yaitu dengan menjaga berat badan tetap seimbang. Mempertahankan berat badan normal harus secara perlahan karena penurunan berat badan secara instan atau cepat pun tidak baik bagi kesehatan tubuh.

10 Pedoman Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan RI

Berikut adalah beberapa poin dasar yang dianjurkan dalam pedoman gizi seimbang dari Kementerian Kesehatan R:

  1. Biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok
  2. Batasi konsumsi panganan manis, asin, dan berlemak
  3. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan ideal
  4. Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi, seperti susu, telur, ikan, daging sapi, daging ayam, serta kacang-kacangan
  5. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
  6. Biasakan sarapan pagi
  7. Biasakan minum air putih yang cukup
  8. Banyak makan sayur dan buah
  9. Biasakan membaca label pada kemasan pangan
  10. Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan yang ada

Itu dia hal-hal yang harus Anda praktikkan dalam Pedoman Gizi Seimbang (PUGS). Dengan begitu, Anda bisa mengontrol asupan gizi harian secara tepat agar kesehatan tubuh lebih terjaga dan terhindar dari penyakit di kemudian hari. 

Seperti yang telah disebutkan, susu UHT Frisian Flag Full Cream menjadi salah satu makanan bergizi seimbang yang dapat mendukung kesehatan. Hal ini karena susu cair Frisian Flag mengandung beragam nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D3, kalsium, fosfor, dan yodium. 

Tak heran jika susu UHT Frisian Flag Full Cream memiliki banyak manfaat, di antaranya meningkatkan kesehatan tulang dan otot, mendukung daya tahan tubuh, memenuhi kebutuhan nutrisi, mendukung kerja sistem saraf, dan sebagai sumber energi.

Susu UHT Frisian Flag hadir dalam beragam variasi yang pastinya disukai oleh Anda, mulai dari Frisian Flag Full Cream, Frisian Flag Flavour Milk (rasa swiss chocolate, strawberry, sweet delight, ketan hitam, dan coconut delight), Frisian Flag Coconut Delight, Frisian Flag Low Fat Californian Strawberry, Frisian Flag Low Fat Plain, serta Frisian Flag Low Fat. Semua nutrisi di dalam susu UHT Frisian Flag bisa Anda dapatkan dengan mudah. Temukan informasi lengkapnya di sini.


Artikel Terkait