3 Cara Agar Badan Tidak Cepat Lelah Setelah Olahraga

| 14 Sep 2017

3 Cara Agar Badan Tidak Cepat Lelah Setelah Olahraga

Olahraga di pagi hari memang baik. Udara masih segar dan Anda pun masih berenergi. Namun kadang rasa lelah dan mengantuk menghampiri saat Anda beraktivitas setelahnya. Alhasil, Anda tidak mendapatkan manfaat olahraga secara maksimal. Agar badan tidak cepat lelah, berikut tiga cara yang bisa Anda lakukan:

Makan yang Cukup

Kurangnya asupan zat gizi adalah salah satu penyebab utama yang membuat Anda kelelahan saat berolahraga. Karbohidrat sangat penting untuk menunjang aktivitas fisik yang Anda lakukan. Untuk itu Anda dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Menurut University of Texas, karbohidrat berfungsi untuk memberikan energi dan daya tahan serta mengatur kadar glukosa pada tubuh.

Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh akan mengakibatkan Anda mengalami kelelahan, kram otot, serta tidak kuat terkena sengatan panas matahari. University Medical School Scotland mencatat bahwa kekurangan cairan selama berolahraga bisa menggangu proses metabolisme saat berolahraga dan berisiko mengalami gangguan kesehatan lebih besar. Agar badan tidak cepat setelah berolahraga, minum Frisian Flag Purefarm Coconut Delight untuk mengembalikan cairan tubuh Anda yang hilang karena keluarnya keringat. Kandungan air kelapanya yang mengandung elektrolit berupa potasium dan sodium memberikan sensasi segar pada tubuh dan pemulihan otot secara cepat.

Pemanasan yang Memadai

Sesi pemanasan adalah salah satu cara paling efektif untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk aktivitas fisik seperti olahraga. Untuk pemanasan tidak perlu rumit - cukup tirukan apa yang akan Anda lakukan selama berolahraga tapi dengan kecepatan lebih lambat. Pemanasan dapat meningkatkan suhu tubuh dan tingkat metabolisme dengan cara membantu distribusi oksigen dan melancarkan aliran darah Anda. Otot Anda pun jadi lebih siap untuk berolahraga. Pemanasan juga membantu Anda mempersiapkan diri secara mental dan fisik serta mengurangi kemungkinan cedera. Selain itu, selama pemanasan, potensial cedera atau penyakit yang Anda miliki dapat dikenali dan bisa dicegah sedari dini.

Jangan sampai kelelahan membuat Anda kehilangan kesempatan untuk mendapatkan besarnya manfaat olahraga. Agar badan tidak cepat lelah, Anda juga harus tahu kapasitas porsi tenaga dan durasi latihan saat berolahraga, misalnya dengan cara mencatat detak jantung Anda untuk mempertahankan intensitas latihan pada tingkat yang aman. Jika sudah tidak kuat, disarankan untuk beristirahat terlebih dahulu agar tidak terjadi risiko yang tidak diinginkan.

Artikel Terkait