Efek Yoyo: Akibat Menurunkan Berat Badan Terlalu Cepat

| 07 Des 2017

Efek Yoyo: Akibat Menurunkan Berat Badan Terlalu Cepat

Memiliki berat badan ideal adalah dambaan semua orang. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan berdiet. Sayangnya banyak yang ingin menurunkan sebanyak mungkin berat badan dalam waktu singkat. Padahal bisa terjadi “Efek Yoyo”: berat badan akan naik kembali setelah turun dengan cepat. Simak berbagai dampak buruk “Efek Yoyo” yang bisa terjadi jika dibiarkan.

Malnutrisi

Kebiasaan diet berlebihan akan menyebabkan tubuh kekurangan asupan protein, karbohidrat, mineral, dan vitamin yang penting untuk metabolisme. Tubuh akan menjadi lemas, sulit fokus, mudah terserang penyakit, dan berisiko terkena gangguan sistem saraf.

Depresi

Diet ekstrem dalam jangka waktu lama bisa memicu kelelahan psikologis. Perasaan gagal menurunkan berat badan malah akan mengembalikan orang pada kebiasaan makan sebelumnya. Situasi ini akhirnya membuat berat badan naik kembali dengan cepat, ditambah dengan peningkatan produksi kortisol, hormon stres yang dapat memicu perkembangan penyakit jantung, kanker, dan diabetes tipe 2.

Hilangnya kekuatan otot

Salah satu akibat menurunkan berat badan terlalu cepat adalah tubuh akan kehilangan lemak otot karena proses ketosis (pembakaran lemak otot untuk energi). Proses ini adalah cara alami tubuh untuk mengurangi rasa lapar. Proses ini sebenarnya tidak sehat, karena jika kadar lemak berkurang maka tubuh juga akan kehilangan sebagian dari massa otot.

Disfungsi usus

Dalam usus terdapat sekitar 100 triliun sel mikroba yang mempengaruhi metabolisme hingga kekebalan tubuh. Perubahan pola makan secara ekstrem akan menghilangkan keseimbangan bakteri sehat di dalam usus. Ketika fungsi usus terganggu dan keragaman bakteri di dalamnya mulai tidak seimbang, Anda berisiko terkena infeksi saluran pencernaan dan obesitas.

Harus dipahami bahwa setiap orang kondisi dan metabolisme tubuhnya berbeda, sehingga memengaruhi cara menurunkan berat badannya. Karena itu, lebih baik Anda berkonsultasi dulu dengan ahli gizi untuk menentukan cara diet yang tepat dan lakukan bertahap.

Untuk Anda yang sedang mengurangi asupan lemak dalam pola makan sehari-hari, sediakan selalu Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Low Fat. Mengandung rendah lemak dan dapat dikonsumsi untuk mereka yang sedang mengurangi asupan lemak dalam pola makan sehari-hari. Diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan sumber 7 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B6 dan B12), dan Vitamin E dan B5 serta sumber 3 mineral (Kalsium, Fosfor dan Yodium) dan Magnesium, Zink, Selenium, Natrium dan Kalium serta tetap bercita rasa lezat. Tersedia dalam varian rasa Low Fat French Vanilla, California Strawberry dan Belgian Chocolate yang lezat.

Artikel Terkait