Yuk Lebih Kenal dengan Manfaat Kalsium Bagi Tulang

| 28 Mar 2018

Yuk Lebih Kenal dengan Manfaat Kalsium Bagi Tulang

Kalsium adalah mineral yang banyak ditemukan di tubuh manusia, paling banyak ditemukan pada tulang dan gigi. Tak heran jika selama ini Anda sudah hafal pentingnya peran kalsium dalam mendukung kesehatan tulang dan gigi. Namun, sebenarnya sepenting apa, sih? Lalu, apa hubungannya kalsium dengan manfaat kacang hijau?

Tubuh manusia memiliki kerangka yang berfungsi sebagai penyokong tubuh, tempat otot melekat, pelindung organ lunak, dan alat gerak. Kalsium adalah nutrisi penting dalam pembentukan sebagian besar struktur rangka. Tanpa kalsium, tulang akan menjadi rentan dan rapuh karena kalsium lagi dibutuhkan dalam metabolisme tulang. Artinya, kalsium berperan penting dalam pertumbuhan jaringan tulang selama proses tumbuh kembang atau pemulihan. Bagi orang dewasa, kalsium perlu “ditabung” sejak dini untuk menurunkan risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Masih bertanya, “Berarti kita wajib dong, mengonsumsi asupan kaya kalsium?”. Tentu saja. Apalagi tubuh tidak mampu memproduksi kalsium sendiri sehingga Anda perlu mencari sumber kalsium dari luar. Kalsium semakin dibutuhkan saat remodeling tulang, atau proses pergantian kalsium yang hilang dengan kalsium yang baru. Ini adalah proses alami pada tubuh manusia yang memang secara teratur menghilangkan kadar kalsium dalam tubuh, mulai dari berkeringat, rambut rontok, dan kuku yang tumbuh dan Anda rapikan.

Lalu berapa jumlah kalsium yang dibutuhkan setiap harinya?

Dr. Kelly Andrews, DC menuliskan pada portal Spine-health bahwa kebutuhan kalsium orang dewasa usia 19-50 tahun adalah 1000 mg per hari. Namun jangan lupa, Anda pun membutuhkan asupan vitamin D agar kalsium dapat diserap tubuh secara maksimal. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian, Anda bisa mengonsumsi berbagai asupan sehat, antara lain produk susu dan kacang-kacangan, termasuk kacang hijau.

Kacang hijau adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya manfaat gizi, mudah ditemukan, dan mudah diolah menjadi bermacam hidangan lezat. Selain kalsium, kacang hijau juga mengandung fosfor, serat, zat besi, zinc, asam folat, vitamin B kompleks, dan provitamin A, baik dikonsumsi untuk mendukung kesehatan tulang dan tubuh Anda.

Dengan mengonsumsi susu dan kacang-kacangan seperti kacang hijau secara teratur, Anda sudah ‘membantu’ tubuh mendapatkan asupan kalsium yang cukup. Temukan paduan manfaat gizi kacang hijau dan susu dengan mengonsumsi susu siap minum Frisian Flag Purefarm Kacang Hijau yang dikemas praktis dan bisa dikonsumsi kapan saja, di mana saja. Kaya manfaat dengan rasa yang lezat, kombinasi baik bisa asik!


Lengkapi asupan kalsium kamu dengan Frisian Flag Purefarm Kacang Hijau dengan rasa yang enak. Info lengkap Frisian Flag Purefarm Kacang Hijau bisa kamu temukan di sini.

Artikel Terkait