Seperti Inilah Makanan Bergizi Seimbang di Negara-negara Maju

| 07 Des 2017

Seperti Inilah Makanan Bergizi Seimbang di Negara-negara Maju

Negara-negara maju biasanya memiliki tingkat kesehatan penduduk yang tinggi, diikuti dengan rendahnya jumlah obesitas dan kasus penyakit jantung. Salah satu faktor yang memengaruhi adalah makanan yang dikonsumsi penduduknya. Berikut contoh makanan gizi seimbang di beberapa negara maju yang bisa Anda tiru di rumah untuk memenuhi asupan gizi harian melalui makanan sehat.

  1. Surströmming (Swedia)

Orng Swedia biasa mengonsumsi makanan kaya serat dan kalsium seperti susu, roti tawar, buah berry, dan ikan. Sajian ikan khas Swedia adalah surströmming, sejenis ikan herring mentah yang difermentasi beberapa bulan. Namun meski aromanya yang tidak menyenangkan tersebut, surströmming bermanfaat untuk tulang dan melancarkan pencernaan.

  1. Sup miso (Jepang)

Dari sekian banyak makanan Jepang, sup miso adalah makanan gizi seimbang yang kaya kandungan asam amino esensial. Kedelai di sup miso membantu produksi protein sebagai bahan dasar pembentukan sel, otot, dan sistem pembentukan tubuh. Studi dari National Cancer Center Research Institute di Tokyo mengungkapkan konsumsi sup miso secara konsisten dapat mengurangi risiko kanker payudara. Sedangkan, Kyoritsu Women’s University Tokyo juga menyebutkan sup miso bermanfaat untuk menurunkan risiko kerusakan kardiovaskular dan ginjal.

  1. Boerenkoolstampot (Belanda)

Dalam laporan Oxfam International, Belanda menempati posisi pertama negara yang memiliki makanan paling sehat di dunia. Salah satu menu gizi seimbang dari negeri ini adalah boerenkoolstampot yang terbuat dari kentang tumbuk (mashed potato) yang dicampur dengan wortel dan kale, kubis hijau khas Belanda, dengan tambahan sosis rebus.

  1. Baguette (Prancis)

Salah satu makanan pokok di Prancis adalah roti berukuran panjang, baguette. Baguette menawarkan beragam manfaat mulai dari karbohidrat, vitamin B, sodium hingga zat besi. Roti ini biasa disajikan dengan sup atau dipanggang lalu diberi aneka macam topping sesuai selera.

Selain mengadopsi makanan sehat dari negara-negara maju di atas, lengkapi kebutuhan zat gizi seimbang dan pola makan sehat Anda dengan mengonsumsi Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Low Fat yang rendah lemak dan dapat dikonsumsi untuk Anda yang sedang mengurangi asupan lemak dalam pola makan sehari-hari, tersedia dalam varian rasa Low Fat French Vanilla, California Strawberry dan Belgian Chocolate.

Artikel Terkait