Cara Mudah Hitung Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI

Banner
| 11 Des 2023

Cara Mudah Hitung Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI

Cara Mudah Hitung Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI

Memahami konsep berat badan ideal tidak hanya penting bagi penampilan, melainkan juga berkaitan dengan kesehatan jangka panjang. Berat badan ideal menunjukkan bahwa seseorang telah memenuhi asupan gizi harian yang cukup.

Berat badan ideal tergantung pada beberapa faktor, termasuk tinggi badan, usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisik. Menjaga berat badan tetap ideal dapat mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. 

Oleh karena itu, menghitung berat badan ideal perlu Anda pahami untuk menilai apakah Anda kekurangan berat badan atau justru berpotensi mengalami obesitas.

Bagaimana Cara Menghitung Berat Badan Ideal? 

Ada beberapa cara untuk menghitung berat badan ideal, salah satu cara yang paling umum adalah menggunakan rumus Body Mass Index (BMI). BMI adalah perbandingan antara berat badan dan tinggi badan seseorang dalam hitungan meter.

Menurut National Health Service, kisaran berat badan ideal untuk orang dewasa berdasarkan perhitungan BMI adalah sebagai berikut:

  • BMI <18,5: kekurangan berat badan
  • BMI 18,5-24,9: normal
  • BMI 25-29,9: kelebihan berat badan
  • BMI >30: obesitas

Misalnya, Anda memiliki berat badan 45 kg dan tinggi badan 165 cm (atau 1,65 m). Maka cara menghitung BMI yaitu 45/(1,65 x 1,65) = 16.5. Hasil perhitungan ini menunjukkan bahwa Anda kekurangan berat badan, karena hasil BMI Anda kurang dari 18,5.

Baca juga: 11 Menu Sarapan Sehat dan Praktis Sebelum Mulai Beraktivitas

Cara Menggunakan Kalkulator BMI Frisian Flag

Untuk memudahkan Anda menghitung berapa berat badan yang ideal, Frisian Flag memiliki fitur Kalkulator Massa Tubuh yang akan menggunakan berat badan, tinggi badan, dan tingkat aktivitas harian Anda sebagai perhitungannya.

Kalkulator Massa Tubuh dapat digunakan oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak dengan cara seperti berikut:

  1. Pertama, kunjungi laman Frisian Flag dan pilih menu “Fitur Kami”.
  2. Selanjutnya, pilih sub menu “Kalkulator Massa Tubuh” untuk mulai menghitung berapa berat badan ideal Anda.
  3. Lengkapi data diri mulai dari nama, usia, pekerjaan, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan tingkat aktivitas.
  4. Klik hitung untuk mengetahui apakah berat badan Anda masuk kategori kurus, normal, atau obesitas.
  5. Hasil perhitungan BMI Anda akan ditampilkan di layar.

Fitur ini akan merekomendasikan berapa total energi yang Anda butuhkan beserta berat badan ideal yang harus dicapai. Namun, penting untuk diingat bahwa hasil perhitungan Kalkulator Massa Tubuh ini hanya perkiraan. 

Untuk hasil yang lebih akurat, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan tenaga medis profesional.

Baca juga: 8 Cara Hidup Sehat dan Tips-tips untuk Segera Memulainya

Tips Menjaga Berat Badan Tetap Ideal 

Seperti yang sudah diketahui, berat badan dipengaruhi usia, jenis kelamin, dan juga tinggi badan. Lantas, bagaimana cara menjaga berat badan agar tetap ideal? Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan: 

1. Jadikan olahraga sebagai rutinitas

Berolahraga secara rutin dapat menunjang kesehatan tubuh, meningkatkan massa otot, dan mengontrol berat badan ideal. Anda bisa mulai dengan olahraga yang ringan, seperti yoga, berjalan, berlari, dan berenang setidaknya 150 menit per minggu.

2. Perhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh

Demi menjaga berat badan ideal, Anda harus lebih memerhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Untuk menjaga berat badan ideal, Anda bisa coba mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.

3. Sarapan di pagi hari

Setiap orang dianjurkan untuk makan tiga kali sehari, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam. Sarapan merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan sebelum si anak beraktivitas demi energi yang optimal.

4. Cukup tidur

Pastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, minimal 8 jam setiap malam. Hal ini diperlukan untuk membantu proses pengembalian energi yang dibutuhkan setiap hari. 

Tidur siang juga tak kalah pentingnya untuk menjaga metabolisme tubuh. Metabolisme yang sehat akan membantu tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik, sehingga berat badan ideal pun lebih mudah dicapai.

5. Atur pola makan

Pengaturan pola makan jadi hal yang bermanfaat untuk menjaga berat badan ideal. Pola makan tidak hanya berkisar pada asupan gizi dan nutrisi saja, namun porsi makanan pun perlu diperhatikan juga.

Makan pada waktu yang ditentukan secara teratur juga masuk ke dalam langkah menjaga pola makan demi mendapatkan berat badan ideal. Jika terlewat, maka kemungkinan besar Anda akan mendapatkan asupan yang kurang untuk membantu aktivitas sehari-hari. 

Biasakan untuk mengonsumsi makanan utama sebanyak 3 kali dalam sehari. Jika seusai makan masih merasa sedikit lapar, Anda bisa menutup waktu makan dengan minum segelas susu UHT Frisian Flag Full Cream yang dilengkapi kandungan gizi makro dan gizi mikro yang beragam. 

6. Ingin ngemil? Pilih camilan yang sehat

Terkadang ada anggapan keliru yang menyebutkan bahwa jika ingin memiliki berat badan ideal, maka Anda tidak boleh ngemil dan harus mengonsumsi makanan pokok saja. Padahal, anggapan tersebut tentu saja salah dan keliru.

Jika ingin memiliki berat badan ideal namun ingin ngemil, Anda bisa memilih camilan sehat yang tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, yoghurt untuk menekan rasa lapar sebelum memasuki waktu makan utama.

Selain itu, asupan camilan juga harus dalam porsi yang tepat atau tidak berlebihan. Jika terlalu banyak mengonsumsi camilan, Anda justru akan kenyang sebelum mengonsumsi makanan utama. 

7. Mengelola stres

Dalam upaya menjaga berat badan ideal, penting bagi Anda untuk terhindar dari stres. Ketika mengalami stres, ada kemungkinan Anda akan sering melewatkan waktu makan atau makan terlalu banyak. Beberapa cara untuk mengelola stres antara lain olahraga, meditasi, dan yoga.

Jika Anda kesulitan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi yang akan membantu Anda membuat rencana diet dan olahraga yang sesuai dengan kondisi.

Susu Penambah Berat Badan untuk Underweight

Bagi Anda yang memiliki berat badan di bawah normal atau underweight, menaikkan berat badan bisa menjadi tantangan tersendiri. Salah satu cara untuk menaikkan berat badan adalah dengan mengonsumsi lebih banyak kalori, termasuk susu.

Pastikan susu yang Anda pilih mengandung cukup kalori untuk membantu menaikkan berat badan Anda. Susu UHT Frisian Flag Full Cream bisa yang tinggi kalori bisa menjadi pilihan susu penambah berat badan.

Susu UHT Frisian Flag Full Cream merupakan susu murni dengan rasa full cream yang gurih dan lezat. Susu ini mengandung nutrisi baik, yaitu sumber Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B5, B6, dan B12) dan sumber Mineral (Kalsium, Fosfor dan Iodium).

Mengonsumsi susu UHT Frisian Flag Full Cream kemasan 225 ml dapat membantu memenuhi kebutuhan kalori harian Anda sebanyak 140 kkal. Susu ini cocok diminum kapan saja, terutama di pagi hari untuk membantu Anda mendapatkan asupan gizi yang seimbang.

Selain minum susu penambah berat badan, jangan lupa manfaatkan Kalkulator Frisian Flag Massa Tubuh yang dapat membantu Anda dalam mengetahui angka IMT (Indeks Massa Tubuh).

Setelah menghitung IMT, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian dan jumlah kalori setiap makanan Anda dengan menggunakan Kalkulator Gizi. Yuk, coba fiturnya sekarang juga!

Artikel Terkait