Bagaimana Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anak?

| 05 Mar 2018

Bagaimana Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anak?

Anak yang tampak kurus atau gemuk bukan berarti tidak sehat. Ada beberapa faktor yang memengaruhi bagaimana Anda menghitung berat badan ideal, salah satunya faktor usia dan jenis kelamin.

Di rentang usia 2-8 tahun, berat badan anak laki-laki dan perempuan relatif sama. Di usia 2 tahun, mereka akan memiliki rata-rata tinggi 86 sentimeter dan berat 12 kilogram. Pada usia 4 tahun, tinggi badan rata-rata anak akan bertambah menjadi 102 cm, berat badannya anak menjadi 15 kg. Anak akan terus tumbuh hingga mencapai tinggi 127 cm dan berat badan bertambah menjadi 26 kg di usia 8 tahun.

Memasuki usia 10-14 tahun, anak laki-laki dan perempuan akan mulai mengalami proses pertumbuhan yang berbeda karena mengalami pubertas. Di usia 14 tahun, tinggi badan rata-rata anak perempuan menjadi 160 cm dengan berat badan 49 kg. Sedangkan di usia yang sama, tinggi badan anak laki-laki akan menjadi 163 cm dan berat badannya menjadi 51 kg.

Menghitung berat badan ideal juga bisa mengikuti rumus BMI (Body Mass Index). Dengan BMI, berat badan seseorang dibagi dengan kuadrat tinggi badan (dalam meter). Misalnya: Berat badan anak 45 kg dan tinggi badan anak 165 cm (atau 1,65 m), maka cara menghitung berat badan ideal yaitu 45/(1,65 x 1,65) = 16.5.

Namun ada juga cara menghitung berat badan ideal konvensional dengan rumus 2n + 8, dengan n adalah usia anak dalam hitungan. Misalkan anak Anda berusia 3 tahun 4 bulan, maka cara menghitung berat badan ideal anak yaitu (2 x 3,4) + 8 = 14,8. Jadi berat badan ideal pada anak Anda adalah 14,8 kg.

Pertumbuhan anak juga dipengaruhi oleh kecukupan istirahat, aktivitas fisik serta stimulasi dari lingkungan sekitar. Perlu Anda ingat, kecepatan pertumbuhan masing-masing anak berbeda-beda. Jadi jika berat badan anak tidak berada pada rentang angka ideal, belum tentu anak kekurangan gizi.


Bantu penuhi gizi anak untuk mendukung proses pertumbuhan dan belajarnya di luar rumah dengan Susu Siap Minum Frisian Flag Kid. Diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan mengandung Vitamin A & D, serta Kalsium & Magnesium untuk mendukung pertumbuhan si Kecil dengan varian rasa Cokelat dan Strawberry yang lezat.


Bantu anak mencapai berat badan idealnya dengan dilengkapi Frisian Flag Kid. Info lengkap Frisian Flag Kid cek di sini.

Artikel Terkait