Pentingnya Peran Susu dalam Pedoman Umum Gizi Seimbang

| 16 Agu 2017

Pentingnya Peran Susu dalam Pedoman Umum Gizi Seimbang

Anda pasti  mengenal Pedoman 4 sehat 5 sempurna. Pola makan yang dikenal dengan menu yang terdiri dari nasi, lauk-pauk, sayur, buah, dan susu. Untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dalam bidang gizi serta mengatasi tantangan yang dihadapi, pada tahun 1990-an pemerintah meluncurkan kampanye Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) yang menggantikan pedoman 4 sehat 5 sempurna.

Ada 4 pilar utama pedoman gizi seimbang, salah satunya adalah mengonsumsi aneka ragam makanan dengan penekanan pada asupan gizi yang seimbang yang meliputi:

  1. Makanan Pokok
    Tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi yang didapatkan dari makanan pokok seperti dari nasi, sagu, singkong, atau roti. Untuk pola hidup yang lebih sehat, pilihlah karbohidrat kompleks berupa nasi merah, oat, kentang, jagung, atau lentil. Berdasarkan tumpeng gizi seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, makanlah 3-4 porsi makanan pokok setiap hari.
  2. Lauk-pauk
    Protein yang bisa Anda dapatkan dari lauk-pauk terbagi menjadi 2, yakni protein hewani dan nabati. Meski sama-sama protein, keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Nah, tugas Anda adalah membuat variasi yang seimbang. Per hari, konsumsilah protein hewani sebanyak 2-4 porsi atau setara dengan 2-4 potong daging ayam, daging sapi, ikan ukuran sedang, atau 1 gelas susu. Jangan lupa variasikan dengan 2-4 porsi protein nabati atau setara dengan 4-8 potong tempe atau tahu ukuran sedang.
  3. Sayur dan Buah
    Secara umum, sayur dan buah merupakan sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan bagi tubuh. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan 400 g sayur dan buah per hari, tepatnya 250 g sayur atau setara dengan 2,5 porsi, serta 150 g buah atau setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang, 1½ pepaya ukuran sedang, atau 3 buah jeruk ukuran sedang.
  4. Minuman
    Air merupakan zat gizi makro esensial bagi tubuh. Penuhi kebutuhan cairan Anda minimal 2 liter atau 8 gelas per hari. Selain air putih, Anda pun bisa mendapatkan zat gizi dari minuman sehat lain, seperti susu sapi yang menjadi sumber protein, kalsium, dan vitamin D.

Keluarga sadar gizi adalah keluarga yang menerapkan pola makan bergizi seimbang dalam kesehariannya untuk mencapai kualitas kesehatan yang optimal. Karena itu, hadirkan segala manfaat susu sapi kapan pun dan di mana pun Anda berada bersama susu siap minum dari Frisian Flag Indonesia. Susu dengan cita rasa yang lezat dan bergizi ini diproduksi dengan susu segar pilihan, dengan pengalaman lebih dari 140 tahun di dunia dan didukung oleh keahlian dari Netherlands Dairy Expertise.

Dengan kemasan kotak dan botol berukuran sekali minum yang dapat dikonsumsi keluarga (kecuali bayi usia 0-12 bulan), susu siap minum Frisian Flag praktis dan higienis sehingga bisa dinikmati dalam segala suasana, baik di dalam maupun luar rumah. Tersedia dalam merek Frisian Flag Purefarm untuk anggota keluarga serta Frisian Flag Kid, Milky, dan Fruity untuk anak-anak.

Yang terpenting, Susu Siap Minum Frisian Flag mengandung rangkaian zat gizi makro (protein, karbohidrat, dan lemak) dan zat gizi mikro (multivitamin dan mineral) untuk mendukung asupan gizi harian keluarga Indonesia. Jadikan Susu Siap Minum Frisian Flag bagian dari pola hidup sehat keluarga Anda.


Artikel Terkait