Benarkah Cara Menurunkan Kolesterol Hanya dengan Obat? | Frisian Flag Indonesia | Frisian Flag Indonesia

Benarkah Cara Menurunkan Kolesterol Hanya dengan Obat?

Banner
| 16 Sep 2020

Benarkah Cara Menurunkan Kolesterol Hanya dengan Obat?

Benarkah Cara Menurunkan Kolesterol Hanya dengan Obat?

Kolesterol merupakan lemak yang dibutuhkan bagi tubuh yang diproduksi secara alami oleh organ hati. Kolesterol juga dapat ditemukan pada makanan yang berasal dari hewan, seperti susu atau daging. Di dalam tubuh, kolesterol dibutuhkan untuk memproduksi sel-sel sehat, memproduksi vitamin D, memproduksi sejumlah hormon, membantu proses pencernaan. Di dalam darah, kolesterol dibawa oleh protein dikarenakan kolesterol tidak bisa larut dalam darah. Oleh sebab itu, organ hati memproduksi zat lipoprotein yang bertugas untuk menyalurkan kolesterol ke seluruh tubuh. Lipoprotein terdapat dua jenis, yaitu Low-Density Lipoprotein (LDL) yang dikenal sebagai kolesterol jahat dan High-Density Lipoprotein (HDL) yang dikenal sebagai kolesterol baik. LDL bertugas untuk membawa kolesterol dari organ hati ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri sedangkan HDL bertugas untuk mengangkut kembali kolesterol berlebih ke dalam organ hati untuk dikeluarkan dari tubuh. 

Sesuatu yang berlebihan akan tidak baik, dalam halnya juga kadar kolesterol yang tinggi. Apabila kadar LDL lebih dari yang dibutuhkan oleh tubuh maka LDL dapat mengendap di dinding pembuluh darah arteri dan membentuk plak yang akan menimbulkan komplikasi serius, seperti terkena penyakit jantung atau penyakit stroke. Tentunya sebelum hal ini terjadi, Anda harus sigap untuk mencegah dan perlu mengetahui cara menurunkan kolesterol yang tepat. 

Cara Menurunkan Kolesterol

Mencari tahu mengenai cara mencegah dan cara menurunkan kolesterol adalah langkah yang baik. Dengan mengetahui cara menurunkan kolesterol, Anda dapat memulai dan melakukan cara menurunkan kolesterol tersebut supaya kadar kolesterol Anda tidak terjadi peningkatan. Ada banyak cara mencegah dan menurunkan kolesterol. Mungkin yang Anda tahu cara menurunkan kolesterol hanya dapat dilakukan dengan meminum obat padahal ada banyak cara menurunkan kolesterol secara alami. Tak semua harus dengan obat atau suplemen. Cara menurunkan kolesterol secara alami yang utama, yaitu memperhatikan pola makan sehat dan pola hidup sehat. Jika Anda berpotensi kolesterol tinggi atau ingin menjaga kadar kolesterol, Anda bisa mencoba beberapa cara alami berikut ini.

Konsumsi Brokoli

Cara menurunkan kolesterol yang pertama adalah dengan mengonsumsi brokoli. Sayuran berwana hijau yang berbentuk seperti pohon ini memiliki beragam manfaat yang disebabkan oleh kandungan nutrisi yang kaya. Maka tak heran mengapa brokoli selalu dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin salah satunya dalam hal cara menurunkan kolesterol. Sebuah studi yang dilakukan oleh Institute of Food Research di Norwich, Inggris menyebutkan bahwa brokoli mengandung glucoraphanin yang dapat mengurangi low density lipoprotein (LDL) kolesterol secara signifikan. Sedangkan Shahid Beheshti University of Medical Sciences di Iran dalam penelitiannya juga menyatakan bahwa mengonsumsi broccoli sprout powder dapat memberikan efek yang baik pada kandungan rasio LDL dalam tubuh dan mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular. Sayuran brokoli ini juga memiliki banyak kandungan serat dan antioksidan yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah. Brokoli tidak sulit untuk diolah, Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus, dikukus, atau diolah menjadi masakan, seperti ditumis.

Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun emang diketahui memiliki banyak khasiat untuk kesehatan sehingga bisa mengatasi dan mencegah penyakit-penyakit tertentu. Minyak zaitun juga berperan dalam cara menurunkan kolesterol. Penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Jember membuktikan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dalam minyak zaitun mampu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. Selain itu, sama halnya dengan konsumsi brokoli, menurut studi dari University of Sherbrooke di Kanada, kandungan polifenol dalam minyak zaitun dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular. Cara menurunkan kolesterol dengan minyak zaitun, yaitu Anda bisa mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun dan juga bisa sebagai bahan campuran dengan salad. Anda juga bisa mengonsumsi minyak zaitun sebanyak dua sendok makan tiap harinya sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol.

Menjalankan Pola Makan Sehat

Cara menurunkan kolesterol lainnya adalah dengan pola makan sehat. Pada umumnya, kolesterol terdapat pada zat makanan yang dikonsumsi dan kadar kolesterol akan meningkat dalam darah tergantung dengan seberapa banyak makanan yang dimakan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengatur makanan yang dikonsumsi untuk menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh. Apabila pemasukan kolesterol yang masuk ke dalam tubuh seimbang dengan kebutuhan tubuh maka mekanisme kerja tubuh tidak akan terganggu dan tubuh akan tetap sehat. Penelitian yang dilakukan Pacific Presbyterian Medical Center membuktikan bahwa pola makan sehat bekerja sama baiknya seperti obat penurun kolesterol. Dalam menjalankan pola makan sehat, kurang lebih Anda harus mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan selain daging dan karbohidrat lainnya. Selain dalam cara menurunkan kolesterol, menjalankan pola makan sehat memang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Agar lebih efektif, padukan pola makan sehat dengan olahraga, pengendalian tingkat stress, dan dukungan dari lingkungan sekitar bisa membantu menurunkan kolesterol jahat hingga 40%.

Menjalankan Pola Hidup Sehat

Cara menurunkan kolesterol tidak hanya dengan melakukan pola hidup sehat tetapi juga harus dijalankan berbarengan dengan pola hidup sehat. Pola hidup sehat juga hal penting yang harus diperhatikan dalam cara menurunkan kolesterol. Apabila hanya melakukan pola makan sehat maka cara menurunkan kolesterol tidak berhasil secara maksimal. Pola hidup sehat yang dimaksud adalah dengan cara berhenti merokok dan berolahraga secara teratur. Merokok termasuk dalam list penyebab meningkatnya kolesterol. Merokok dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Kebiasaan merokok juga dapat membuat pembuluh darah menjadi kaku, apabila hal ini terjadi maka risiko terkena penyakit jantung dan penyakit stroke akan lebih besar. Oleh karena itu, berhenti merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh dan risiko terkena komplikasi penyakit serius akan menurun. Selain itu, pola hidup sehat yang dapat dilakukan dalam cara menurunkan kolesterol yaitu berolahraga. Olahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan kadar HDL (High-Density Lipoprotein) atau yang disebut kolesterol baik. Olahragalah setidaknya 30 menit dalam sehari, olahraga ringan yang dapat dilakukan, seperti bersepeda, jogging, berenang, yoga, ataupun senam pagi. Cara menurunkan kolesterol lainnya adalah menjaga berat badan. Penderita obesitas atau orang yang memiliki berat badan yang berlebih rentan terkena kolesterol tinggi. Oleh sebab itu, disarankan dalam cara menurunkan kolesterol untuk menjalankan program diet sehat untuk menurunkan berat badan supaya kolesterol tidak terjadi peningkatan. 

Tak Perlu Hindari Cokelat

Kabar baik untuk Anda yang pecinta cokelat bahwa salah satu cara menurunkan kolesterol bisa dengan cara mengonsumsi cokelat. Mengonsumsi cokelat adalah cara yang paling lezat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik pada tubuh. Menurut studi dari University of Hull di Inggris, kandungan polifenol yang tinggi pada cokelat efektif meningkatkan kadar kolesterol baik high density lipoprotein (HDL) tanpa mempengaruhi berat badan dan menimbulkan resistensi insulin bagi penderita diabetes. Sedangkan menurut Department of Food Science and Human Nutrition, University of Illinois, coklat dapat memperlancar kerja sistem kardiovaskular dan memperbaiki tekanan darah pada tubuh.

Terkena kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia tentunya ada penyebabnya. Ada beberapa penyebab alasan kolesterol tinggi dapat terjadi, seperti gaya hidup yang tidak sehat, keturunan, ataupun akibat dari penyakit yang diderita. Gaya hidup yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab dari peningkatan kadar kolesterol. Kehidupan sehari-hari yang mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol, seperti gorengan, kulit ayam, jeroan. Walaupun memang pada kenyataannya makanan tersebut enak tetapi harus diperhatikan dan dibatasi dengan baik dalam mengonsumsi makanan tersebut. Gaya hidup tidak sehat lainnya, yaitu kurangnya berolahraga dan kebiasaan merokok. Kurang berolahraga dan merokok tidak hanya berpengaruh terhadap peningkatan kadar kolesterol tinggi tetapi juga dapat menyebabkan berbagai penyakit lainnya. Maka cara menurunkan kolesterol dapat dilakukan dengan cara menjalani gaya hidup sehat. Kolesterol tinggi juga dapat diturunkan oleh orang tua atau keturunan. Namun, kolesterol tinggi yang diakibatkan oleh faktor genetik ini jarang terjadi. Kolesterol tinggi juga dapat terkena ke penderita diabetes dan obesitas karena penyakit tersebut dapat memicu kadar kolesterol meningkat.

Cara menurunkan kolesterol tersebut harus dilakukan secara rutin supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk mendukung kebutuhan gizi dan membantu menjaga kadar kolesterol agar seimbang, sediakan Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Low Fat. Mengandung rendah lemak dan kolesterol serta dapat dikonsumsi untuk mereka yang sedang mengurangi asupan lemak dalam pola makan sehari-hari. Diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat, dan lemak) dan sumber 7 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B6, dan B12), Vitamin E dan B5 serta sumber 3 mineral (Kalsium, Fosfor, dan Yodium) serta Magnesium, Zink, Selenium, Natrium, dan Kalium serta tetap bercita rasa lezat. Frisian Flag Purefarm Low Fat tersedia dalam varian rasa Low Fat French Vanilla, California Strawberry, dan Belgian Chocolate. Selain cara mengatur kolesterol di atas, lengkapi juga dengan Frisian Flag Purefarm Low Fat sebagai tambahan nutrisi harian. Info lengkap Frisian Flag Purefarm Low Fat bisa cek di sini.

Artikel menarik lainnya:

5 Langkah Mudah Memulai Pola Hidup Sehat

Trik Buat Senam Pagimu Menyenangkan

Artikel Terkait