Pastikan Sarapan si Kecil Berkualitas Dengan Menu Gizi Seimbang!

| 12 Sep 2017

Pastikan Sarapan si Kecil Berkualitas Dengan Menu Gizi Seimbang!

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Dietetic Association menyebutkan bahwa sarapan pagi penting untuk kesehatan. Sarapan pagi diibaratkan bahan bakar untuk mengisi energi di pagi hari hingga menjelang siang. Namun, terlalu banyak porsi sarapan justru akan membuat mengantuk dan lemas jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang sesuai.

Untuk sarapan anak, aturlah porsi agar mereka tidak terlalu kenyang. Karena itu, porsi sarapan pagi umumnya lebih sedikit dari makan siang maupun makan malam. Anak dalam usia sekolah banyak menghabiskan waktu untuk belajar sehingga aktivitas otaknya pun meningkat. Kekenyangan bisa menghambat aktivitas mereka belajar.

Memilih menu sarapan pagi anak tidak kalah penting dari jumlah porsinya. Di masa pertumbuhan, anak memiliki kebutuhan yang perlu dipenuhi agar perkembangan fisik dan mentalnya optimal. Dalam jangka pendek, sarapan pagi juga harus menyuplai cukup energi untuk anak beraktivitas.

Untuk itu, asupan makanan yang mengandung omega 3, kolin, asam folat, vitamin E, dan aneka nutrisi otak lainnya sangat dibutuhkan. Tak lupa juga unsur makronutrien yaitu protein, lemak, dan karbohidrat yang membantu mereka mendapatkan energi dan mikro nutrien seperti vitamin dan mineral untuk pemeliharaan organ-organ mereka.

Jika tidak ada kandungan seperti yang telah disebutkan, maka sarapan pagi anak Anda belum memenuhi syarat sehat. Jumlah yang cukup dan gizi seimbang akan mendukung proses pertumbuhan tubuh dan otak secara optimal serta membantu meningkatkan daya konsentrasi saat belajar.

Mulailah dari sekarang untuk lebih memperhatikan menu sarapan anak Anda. Contoh menu sarapan sehat yang direkomendasi untuk anak adalah karbohidrat kompleks, buah, dan sayuran. Hindari makanan instan yang tinggi kandungan gula dan garamnya.

Biasakan juga anak minum susu setiap pagi dengan menyajikan Susu Siap Minum Frisian Flag Kid.  Tersedia dalam rasa cokelat dan stroberi, diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan mengandung Vitamin A & D, serta Kalsium & Magnesium untuk mendukung pertumbuhan si Kecil dengan rasa yang enak. Dalam kemasan 115 ml, Frisian Flag Kid mengandung protein sebanyak 3 gram (setara dengan kandungan protein dalam setengah butir telur ayam) dan dapat dikonsumsi dalam segala suasana terutama untuk menemani aktivitas si Kecil di luar rumah. Konsumsi 2 kotak Frisian Flag Kid mendukung kurang lebih 6% asupan protein yang dibutuhkan dalam sehari. Frisian Flag Kid, sahabat gizi si Kecil.

Artikel Terkait