Facebook Pixel

Butuh Cara Membuat Es Krim di Rumah? Ikuti 11 Resep Ini

Banner
| 08 Des 2021

Butuh Cara Membuat Es Krim di Rumah? Ikuti 11 Resep Ini

Butuh Cara Membuat Es Krim di Rumah? Ikuti 11 Resep Ini

Buat yang gemar makan es krim, tahukah Anda kalau cara membuat es krim di rumah itu mudah untuk dilakukan? Sebagaimana yang kita tahu, es krim merupakan salah satu jenis kuliner yang sangat disukai oleh semua kalangan. Baik anak-anak maupun orang dewasa menyukai es krim. Cita rasa manis dan sensasi menyantap berbagai macam jenis es krim membuat siapa saja ketagihan untuk menikmatinya. 

Agar bisa menikmati es krim setiap saat, alangkah baiknya mencari tahu tentang cara membuat es krim di rumah dengan mudah. Kegemaran mengonsumsi es krim ini tidak hanya sekadar untuk menjadi penawar di hari yang panas. Selain cita rasanya yang khas, ternyata mengonsumsi es krim juga punya manfaat dalam menjaga suasana hati bagi banyak orang. Beberapa orang menyantap berbagai jenis es krim dengan rasa favorit mereka untuk memperbaiki mood mereka. Secara umum, cara membuat es krim di rumah sangatlah mudah untuk dilakukan. Cara membuat es krim di rumah bisa dibuat dari bahan dasar susu cair atau susu kental manis yang dipadukan dengan berbagai bahan tambahan seperti buah-buahan, biskuit, coklat, keju, dan bahan favorit lainnya.

Meskipun cara membuat es krim dipadukan dengan berbagai bahan, tapi salah satu bahan utama dalam tata cara membuat es krim yang tidak pernah terlewat yaitu susu kental manis nikmat. Menambahkan susu kental manis pada cara membuat es krim maka cita rasa es krim akan menjadi lebih nikmat dan teksturnya menjadi lebih legit.

Anda bisa menambahkan susu kental manis baru dari Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag yang memiliki kemasan berukuran 560 ml sebagai bahan utama dari cara membuat es krim di rumah. Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag ini memiliki kemasan pouch dengan banyak keunggulan. Selain menambah cita rasa dalam cara membuat es krim di rumah, Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag juga membuat aneka makanan dan minuman terasa lebih nikmat. Kemasan yang digunakan pun sudah dilengkapi tutup botol sehingga kental manis mudah dituang. 

Berikut beberapa cara membuat es krim kekinian yang bisa dilakukan sendiri dirumah. Semua bahan yang digunakan untuk cara membuat es krim ini sangat sederhana dan mudah didapatkan. Sehingga Anda tidak perlu lagi kesulitan untuk tahu cara membuat es krim favorit.

Baca juga: Krimer Kental Manis Frisian Flag Bendera Rasa Susu Jahe

Cara membuat es krim coklat yang lembut 

Tentu Anda memahami bahwa es krim rasa coklat adalah salah satu es krim yang banyak digemari. Selain rasanya yang lezat, cara membuat es krim coklat juga sangat mudah. Apalagi buat Anda yang ingin mencobanya di rumah. Es krim coklat yang lembut sangat mudah untuk dibuat. Berikut bahan-bahan: dan cara membuat es krim coklat yang lembut di rumah. 

Bahan-bahan:

  • ¼ kr gula pasir 
  • ½ liter susu cair
  • 3 butir telur ayam
  • 4 sdm coklat bubuk
  • 200 ml Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag
  • Garam dan Vanilli Secukupnya

Cara membuat: 

  1. Pisahkan kuning telur dan putih telur. Di sini Anda mengambil kuning telurnya kemudian campurkan kuning telur dengan gula. Aduk dengan mixer hingga lembut. 
  2. Campurkan putih telur beserta dengan vanilli dan garam secukupnya. Aduk hingga tercampur rata dan halus.
  3. Masukkan adonan kedua es krim tadi, masak hingga mendidih sambil terus diaduk agar tidak menggumpal.
  4. Larutkan coklat bersama susu cair dan Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag, lalu campurkan pada adonan yang sudah mendidih. Aduk terus sampai adonan es krim benar-benar kental, angkat dan biarkan hingga dingin.
  5. Setelah adonan dingin, masukan kedalam freezer sampai adonan membeku dan berubah menjadi es krim.

Baca juga: Susu Pasteurisasi dan Susu UHT, Manakah yang Lebih Baik?

Cara membuat es krim mangga manis dan lezat 

 

Selain cara membuat es krim coklat, es krim dengan bahan dasar dari buah-buahan juga ternyata mudah untuk dibuat sendiri dirumah. Berikut cara membuat es krim mangga manis dan lezat sederhana dan praktis yang bisa Anda buat sendiri dirumah. 

Bahan-bahan:

  • 3 buah mangga harum manis 
  • 250 gram Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag
  • 200 ml air dingin 

Cara membuat:

  1. Kupas mangga harum manis lalu potong. Setelah itu blender bersama dengan Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag dan air sampai halus. 
  2. Kocok manga yang sudah diblender sampai mengembang kurang lebih 10 menit menggunakan mixer hingga menjadi adonan es krim. 
  3. Masukkan adonan es krim mangga yang telah dikocok ke dalam wadah es krim.
  4. Masukan es krim ke dalam freezer kurang lebih satu jam atau sampai mengeras. 
  5. Keluarkan es krim manga yang sudah mengeras dan kocok kembali menggunakan mixer berkecepatan tinggi sampai mengembang dan berbusa tebal. 
  6. Masukan kembali es krim mangga yang sudah mengembang ke dalam freezer, biarkan hingga dingin dan sampai membeku kurang lebih 3 jam. 
  7. Es krim mangga manis lezat siap dinikmati. 

Cara membuat es krim ubi ungu atau taro 

 

Siapa sangka ubi ungu juga bisa dijadikan salah satu bahan untuk menghadirkan variasi es krim yang lezat dan nikmat. cara membuat es krim ubi ungu atau taro pun cukup mudah untuk diolah di rumah. Berikut ini cara membuat es krim ubi ungu atau taro yang mudah dan lezat. 

Bahan-bahan: 

  • 100 gram ubi ungu
  • 1 sdm tepung maizena
  • 60 ml Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag 
  • 2 sdm gula pasir 
  • ½ sdt SP
  • 200 ml air dingin 

Cara membuat:

  1. Kukus ubi ungu sampai empuk lalu lumatkan menggunakan garpu sampai benar-benar halus. 
  2. Tambahkan air, Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag, tepung maizena dan gula lalu aduk sampai semua bahan tercampur. Setelah itu panaskan diatas api sedang sambal terus diaduk hingga pulen.
  3. Dinginkan adonan ungu sampai uap panasnya benar-benar hilang lalu freezer kurang lebih selama 2 jam. 
  4. Panaskan SP sampai mencair lalu campurkan pada adonan ubi yang sudah dikeluarkan dari freezer. Aduk menggunakan mixer sampai mengembang dan adonan menjadi halus. 
  5. Masukan lagi adonan ke dalam freezer selama satu hari penuh. 
  6. Es krim ubi ungu siap disajikan.

Cara membuat es krim goreng 

 

Di antara banyaknya varian es krim yang ada di Indonesia saat ini, siapa tidak mengenal es krim goreng? Es krim ini punya tampilan yang unik dan cukup jadi salah satu variasi es krim yang satu ini sangat hits dan banyak digemari oleh pecinta es krim di mana pun. cara membuat es krim goreng pun tidak sesulit yang dibayangkan, lho. Anda bisa mempraktekan cara membuat es krim goreng mudah dirumah. 

Bahan-bahan:

  • 50 gram tepung terigu yang sudah diayak 
  • 50 gram tepung roti yang sudah diayak 
  • 250 gram es krim coklat atau sesuai selera 
  • 6 lembar roti tawar kupas 
  • 1 butir telur 
  • 60 gram Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag

Cara membuat:

  1. Ambil selembar roti kupas lalu pipihkan. Letakan es krim coklat diatasnya. 
  2. Bentuk roti seperti bola lalu dibungkus menggunakan alumunium foil agar bentuknya tidak berubah. 
  3. Masukan kedalam freezer selama beberapa menit. 
  4. Jika dirasa sudah cukup lama dan es krim coklat didalamnya kembali dingin, keluarkan dari freezer dan buka pembungkus alumunium foil-nya. 
  5. Gulingkan roti yang telah diisi es krim coklat dalam tepung terigu lalu celupkan dalam wadah berisi telur yang sudah dikocok lepas. 
  6. Gulingkan adonan pada tepung roti sampai seluruh permukaan tertutup. 
  7. Jika semua adonan sudah dibentuk dan dilumuri tepung roti, masukan kembali adonan ke dalam freezer selama kurang lebih 30 menit.
  8. Panaskan minyak, lalu goreng es krim menggunakan api keci sampai warnanya coklat keemasan.
  9. Setelah semua es krim digoreng, tiriskan dan siram es krim goreng dengan Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag. 
  10. Es krim goreng siap disajikan.

Baca juga: Berat Badan Ideal untuk Anak Sesuai Rumus BMI

Cara membuat es krim vanilla 

 

Es krim coklat mungkin jadi salah satu varian es krim yang cukup populer di seluruh dunia. Namun, di luar itu ada juga rasa es krim lainnya yang tidak kalah punya penggemar banyak, yaitu adalah es krim rasa vanilla. Es krim vanilla juga menjadi salah satu cita rasa yang banyak digemari oleh pecinta es krim. Berikut cara membuat es krim vanilla yang mudah dan praktis dirumah. 

Bahan-bahan: 

  • 1 liter susu cair 
  • 200 gram gula pasir 
  • 4 butir kuning telur yang sudah dikocok lepas 
  • 15 gram tepung maizena 
  • 60 gram Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag 
  • 1 sdm vanilli bubuk 

Cara membuat:

  1. Masukan susu cair, gula pasir dan Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag ke dalam panci, masak menggunakan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih. 
  2. Larutkan tepung maizena dengan satu sendok makan susu cair yang sudah dipanaskan sebelumnya 
  3. Campurkan larutan tepung maizena ke dalam rebusan susu cair, Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag dan gula tadi, aduk hingga mengental. 
  4. Tambahkan vanilli bubuk, aduk sampai rata. 
  5. Jika sudah tercampur rata, matikan api lalu saring menggunakan saringan. Pastikan tidak ada gumpalan-gumpalan tepung maizena. 
  6. Setelah itu dinginkan sebentar, setelah dingin masukan kuning telur yang sudah dikocok lepas sedikit demi sedikit. 
  7. Diamkan selama 10 menit lalu masukan kedalam freezer. 
  8. Dinginkan adonan sampai benar-benar mengeras. 
  9. Es krim vanilla siap disajikan. 

Cara membuat es krim durian 

 

Jika Anda seorang yang gemar menyantap buah durian durian, pasti tidak asing dengan olahan es krim durian bukan? Es krim yang satu ini banyak menjadi favorit pecinta durian dan es krim. Ternyata cara membuat es krim durian tidaklah sulit. Berikut langkah-langkah dan cara membuat es krim durian yang lezat. 

Bahan-bahan: 

  • 1 liter santan kelapa yang berasal dari satu butir kelapa
  • 1 buah durian berukuran sedang, ambil dagingnya. 
  • 50 gram gula pasir 
  • 60 ml Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag
  • 1 sdm tepung maizena yang sudah dilarutkan dalam 5 sdm air 
  • ½ sdt garam

Cara membuat:

  1. Masak santan bersama dengan gula pasir, Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag dan garam sampai mendidih. Aduk erus selama proses memasak agar santan tidak pecah. 
  2. Tambahkan larutan tepung maizena, aduk rata. 
  3. Masukan daging buah durian kedalam adonan lalu masak sampai mendidih. Tiriskan. 
  4. Setelah adonan dingin, masukan ke dalam freezer selama 2 ja. Setelah 2 jam keluarkan lalu mixer berkecepatan tinggi sampai lembut. Ulangi proses tersebut sampai dua kali untuk mendapatkan hasil es krim durian yang lembut dan nikmat. 

Cara membuat es krim alpukat

 

Berikut ini cara membuat es krim alpukat mudah dan gurih yang dapat dinikmati oleh keluarga. 

Bahan-bahan:

  • 1 buah alpukat mentega ukuran besar 
  • 80 ml Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag 
  • 1 sdm gula pasir 
  • 1 gelas air 

Cara Membuat:

  1. Kupas buah alpukat yang sudah matang 
  2. Campurkan semua bahan lalu blender hingga mengental, tambahkan air sedikit demi sedikit. 
  3. Tuang kedalam wadah es krim, lalu masukan kedalam freezer selama 1 – 2 jam
  4. es krim alpukat siap disajikan. 

Cara membuat es krim kelapa muda

 

Siapa sangka kelapa muda juga bisa dibuat menjadi es krim loh. cara membuat es krim kelapa muda juga termasuk gampang dan bisa dilakukan dirumah. Berikut cara membuat es krim kelapa muda yang lezat. 

Bahan-bahan: 

  • 100 ml santan cair 
  • 50 gram susu bubuk 
  • 200 gram daging kelapa muda yang sudah diserut
  • 300 gram gula pasir
  • 50 gram coklat bubuk 
  • 3 sdm tepung maizena 
  • 1 sdm SP 
  • Garam secukupnya 

Cara membuat: 

  1. Untuk memulai cara membuat es krim kepala muda, pertama campurkan santan, susu bubuk, gula, garam, daging kelapa muda, coklat bubuk dan tepung maizena lalu masak sampai mendidih. 
  2. Setelah matang dinginkan terlebih dahulu, kemudian masukan kedalam freezer sampai setengah beku. 
  3. Setelah adonan menjadi setengah beku, keluarkan adonan dari freezer lalu kocok dengan mixer dan SP. Aduk sampai mengembang.
  4. Setelah adonan mengembang dan halus, masukan lagi ke dalam freezer sampai beku selama 1-2 jam hingga benar-benar membeku. 
  5. Es krim kelapa muda siap untuk disajikan. 

Cara membuat es krim nangka 

 

Jika Anda seorang pecinta buah nangka, pasti tidak asing dengan es krim nangka bukan? Es krim yang satu ini banyak menjadi favorit pecinta nangka. Ternyata cara membuat es krim nangka tidaklah sulit. Berikut langkah-langkah dan cara membuat es krim nangka yang lezat. 

Bahan-bahan: 

  • 1 liter santan kelapa yang berasal dari satu butir kelapa
  • 1 buah nangka berukuran sedang, ambil dagingnya. 
  • 50 gram gula pasir 
  • 60 ml Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag
  • 1 sdm tepung maizena yang sudah dilarutkan dalam 5 sdm air 
  • ½ sdt garam

Cara membuat:

  1. Masak santan bersama dengan gula pasir, Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag dan garam sampai mendidih. Aduk terus selama proses memasak agar santan tidak pecah. 
  2. Tambahkan larutan tepung maizena, aduk rata. 
  3. Masukan daging buah nangka kedalam adonan lalu masak sampai mendidih. Tiriskan. 
  4. Setelah adonan dingin, masukan ke dalam freezer selama 2 jam. Setelah 2 jam keluarkan lalu mixer sampai lembut. Ulangi proses tersebut sampai dua kali untuk mendapatkan hasil dari cara membuat es krim nangka yang lembut dan nikmat.

Cara membuat es krim buah naga 

Buah naga adalah salah satu buah tropis yang kaya akan kandungan antioksidan. Cara menikmati buah naga pun ada berbagai macam, mulai dari disantap langsung atau diolah menjadi juice dan es krim. Berikut cara membuat es krim buah naga yang mudah dan lezat. 

Bahan-bahan:

  • 1 buah naga matang ukuran besar 
  • 80 ml Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag 
  • 1 sdm gula pasir 
  • 1 gelas air 

Cara membuat:

  1. Kupas buah naga yang sudah matang sebelum memulai cara membuat es krim dengan tepat
  2. Campurkan semua bahan lalu blender hingga mengental, tambahkan air sedikit demi sedikit. 
  3. Tuang kedalam wadah es krim, lalu masukan kedalam freezer selama 1 – 2 jam
  4. Es krim buah naga siap disajikan. 

Cara membuat es krim semangka manis

Semangka adalah salah satu buah tropis yang kaya akan kandungan antioksidan dan air. Cara menikmati Semangka pun ada berbagai macam, mulai dari disantap langsung atau diolah menjadi juice dan es krim. Berikut cara membuat es krim semangka yang mudah dan lezat. 

Bahan-bahan:

  • ½ buah semangka ukuran sedang
  • 80 ml Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag 
  • 1 sdm gula pasir 
  • 1 gelas air 

Cara membuat:

  1. Ambil daging semangka yang sudah dipisahkan dari bijinya untuk memulai cara membuat es krim satu ini
  2. Campurkan semua bahan lalu blender hingga mengental, tambahkan air sedikit demi sedikit. 
  3. Tuang kedalam wadah es krim, lalu masukan kedalam freezer sampai beku selama 1 – 2 jam
  4. Es krim buah semangka siap disajikan. 

Baca juga: 8 Manfaat Omega 3 yang Perlu Anda Ketahui

Untuk membuat es krim istimewa dirumah pastikan pilih Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag Pouch 560 gram yang menjadi pilihan susu kental manis kemasan praktis untuk segala kebutuhan kreasi kuliner. Selain kemasan Pouch 560 gram, Bendera Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag juga menghadirkan susu kental manis kemasan praktis dengan ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari kemasan 40 gram, 200 gram, 370 gram dan 490 gram. Ingin tahu di mana bisa membeli susu kental manis kemasan praktis 560 gram? Cek langsung di sini!

Artikel Terkait