Facebook Pixel
RTD Updated

Purefarm Low Fat, Susu Rendah Lemak yang Kaya Manfaat

Susu rendah lemak bisa menjadi pilihan tepat untuk memulai gaya hidup lebih sehat. Susu Frisian Flag Purefarm Low Fat hadir sebagai nutrisi tambahan bagi Anda yang sedang mengurangi asupan lemak dalam pola makan sehari-hari. Frisian Flag Purefarm Low Fat ini merupakan susu cair siap minum yang rendah lemak dengan kandungan gizi makro dan gizi mikro yang beragam. 

Susu rendah lemak menjadi salah satu jenis susu yang sedang populer dan kian diminati banyak orang, khususnya bagi mereka yang sedang menjalankan gaya hidup sehat atau sedang menjalankan program penurunan berat badan. 

Selain bisa membantu menurunkan berat badan, susu rendah lemak juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun sebelum itu, tahukah Anda apa perbedaan antara susu rendah lemak, susu skim, dan reduced-fat milk? Simak penjelasannya di bawah ini ya.

Jenis Susu Berdasarkan Kandungan Lemaknya

Berikut ini beberapa perbedaan antara susu rendah lemak, susu skim, dan reduced-fat milk beserta manfaatnya bagi tubuh, antara lain:

  • Susu Low Fat

    Jenis susu rendah lemak yang mungkin paling sering Anda temui di pasaran adalah jenis susu low fat. Susu low fat adalah susu rendah lemak dengan kadar lemak rendah, yaitu sekitar 1,3 hingga 1,4%. 

    Rendahnya kadar lemak inilah yang membuat susu Low Fat bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, solusinya bisa memilih Frisian Flag Purefarm Low Fat yang diproduksi dari susu segar pilihan dengan pengalaman produksi lebih dari 140 tahun di dunia dan didukung oleh keahlian dari Netherlands Dairy Expertise demi menghasilkan cita rasa susu yang lezat dan bergizi.

    Susu rendah lemak Frisian Flag Purefarm ini tersedia dalam empat rasa, di antaranya rasa original, french vanilla, belgian chocolate, dan californian strawberry. 

  • Susu Reduced-fat 

    Berbeda dengan susu low fat, susu reduced-fat memiliki kadar lemak yang sedikit lebih tinggi yaitu sekitar 2%. Meskipun kadar lemaknya sudah cukup rendah, susu reduced-fat tetap bisa jadi pilihan yang lebih baik untuk Anda yang sedang mengurangi asupan lemak dalam konsumsi sehari-hari.

  • Susu full cream 

    Whole milk atau disebut juga susu full cream rasanya gurih dan legit, dengan tekstur yang cukup kental. Sebab, dalam 1 gelas susu full cream mengandung sekitar 5 gram lemak jenuh yang dapat mencukupi 20% kebutuhan lemak harian Anda. 

    Selain itu, segelas susu full cream juga mengandung kalori sekitar 150 kkal per porsi atau 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan susu rendah lemak. Meskipun kandungan lemak dalam susu full cream lebih tinggi, tetapi nutrisi ini cukup penting bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi sesuai batas normal dan tidak berlebihan.

  • Susu skim

    Skim milk atau susu skim merupakan jenis susu yang lebih rendah lemak dan kalori jika dibandingkan dengan susu full cream dan susu reduced-fat. Kandungan lemak di dalam susu skim berkisar 0,5% atau bahkan tidak ada sama sekali dan kandungan kalorinya sekitar 80-90%.

    Sebenarnya kandungan nutrisi di dalam susu skim juga hampir sama dengan susu full cream, yaitu sama-sama kaya vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, kalsium, serta fosfor. Melihat kandungan nutrisi, termasuk lemak dan kalorinya, tidak heran jika susu skim sering dijadikan alternatif bagi orang yang sedang mengontrol berat badan dan diet. 

Manfaat Mengonsumsi Susu Rendah Lemak

Masih banyak yang beranggapan bahwa susu rendah lemak justru tidak baik bagi orang yang sedang menjalani diet. Faktanya, susu rendah lemak memiliki manfaat lain yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti:

  • Menurunkan berat badan

    Susu tidak selalu menjadi musuh bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Susu rendah lemak atau susu skim dapat menjadi pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan, karena hanya mengandung sedikit kalori.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

    Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau ingin mencegah terjadinya hipertensi, cobalah untuk mengonsumsi susu rendah lemak atau susu skim. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran yang dikombinasikan dengan susu rendah lemak yang kaya kalsium dapat menurunkan tekanan darah.

  • Mengurangi risiko penyakit stroke 

    Tidak hanya dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi, susu rendah lemak juga dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya stroke. Seperti dijelaskan di atas, susu rendah lemak bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga risiko terkena penyakit stroke yang terkait dengan hipertensi juga bisa diturunkan.

  • Menjaga kesehatan jantung

    Susu yang rendah lemak juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung Anda lho. Kandungan mineral dalam susu jenis ini diyakini dapat membantu mencegah risiko penyakit jantung. Hal tersebut telah dibuktikan melalui penelitian yang dimuat dalam laman resmi Thelancet.com.

    Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi 2 gelas atau lebih susu setiap hari, kemungkinan akan terhindar dari penyakit jantung. Penelitian ini diyakini juga karena adanya kandungan nutrisi di dalam susu rendah lemak yang penting untuk kesehatan jantung, seperti vitamin D, vitamin K, dan kalsium. 

  • Mencegah diabetes

    Susu rendah lemak dan produk turunannya, seperti yoghurt, ternyata memiliki dampak baik untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi susu rendah lemak memiliki penurunan risiko sebanyak 32 persen untuk terkena diabetes. Hal ini dikarenakan susu rendah lemak dapat membantu mencegah melonjaknya kadar gula darah, penyebab penyakit diabetes.

  • Minuman terbaik setelah olahraga

    Susu rendah lemak baik dikonsumsi setelah berolahraga untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Setelah membuang banyak lemak saat berolahraga, mengonsumsi susu rendah lemak akan memberikan nutrisi yang diperlukan tubuh, serta membantu tubuh dalam membentuk masa otot.

  • Menambah kekuatan tulang

    Susu rendah lemak juga kaya akan kandungan baik bagi tubuh, salah satunya adalah kalsium. Segelas susu rendah lemak mengandung 299 miligram kalsium yang dapat memenuhi 30 persen kebutuhan harian tubuh, yang dapat membantu tubuh membuat tulang menjadi lebih padat. Karena kandungan lemaknya yang rendah, maka kalsium dalam susu dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

  • Menjaga kesehatan gigi

    Susu low fat juga bermanfaat untuk menjaga dan memperkuat kesehatan gigi. Ini karena susu low fat dapat melindungi permukaan email gigi dari zat asam yang dapat merusak gigi. Apalagi kandungan mineral di dalam susu low fat dapat membantu memperkuat rahang yang membantu menjaga gigi asli lebih kuat. 

    Tak hanya itu, konsumsi susu low fat juga membantu Anda untuk menekan keinginan untuk mengonsumsi minuman bersoda yang bisa menyebabkan gusi lemak dan kerusakan gigi. 

  • Mendukung tumbuh kembang

    Seperti yang Anda ketahui, susu merupakan sumber protein hewani yang baik bagi kesehatan tubuh. Protein memiliki peran penting untuk membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. Artinya, susu menjadi makanan bernutrisi tinggi yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang, baik pertambahan tinggi badan, mengontrol berat badan, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

    Kandungan protein di dalam susu low fat juga penting untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Apabila sistem imun kuat, maka kemungkinan besar akan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Manfaat ini muncul berkat kandungan nutrisi di dalam susu low fat, seperti protein, karbohidrat, vitamin C, zat besi, zinc, dan magnesium. 

Meskipun susu low fat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, Anda juga tetap harus menyeimbangkan asupan nutrisi dari makanan bergizi lainnya. Selain itu, pastikan menjalani pola hidup sehat dan aktif agar dapat menjaga tubuh lebih fit dan bugar. Pola hidup sehat dan aktif juga penting dilakukan bagi Anda yang sedang mengontrol berat badan. 

Seperti yang telah disebutkan, susu Frisian Flag Purefarm Low Fat bisa menjadi pilihan tepat untuk menemani Anda dalam menjalani gaya hidup sehat. Saatnya penuhi gaya hidup keluarga sehat dengan mengonsumsi 1 takaran saji (225 ml) Frisian Flag Purefarm Low Fat atau susu rendah lemak yang mendukung kurang lebih 25% asupan protein yang dibutuhkan dalam sehari (berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal).

Frisian Flag Purefarm Low Fat tersedia dalam kemasan praktis 225 ml dan kemasan keluarga 900 ml. Kemasan kotak 900 ml Frisian Flag menggunakan sistem combibloc lid yang maksudnya pada saat tutup kemasan luar dibuka/diputar, otomatis akan membuka alufoil di dalamnya. Hal ini bertujuan agar alufoil tidak bersentuhan dengan bagian luar.

Setiap kemasan susu rendah lemak dari Frisian Flag Purefarm ini dikemas dalam UHT dari susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan sumber 7 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B6 dan B12), Vitamin E & B5, dan sumber 3 mineral (Kalsium, Fosfor dan Yodium), serta Magnesium, Zinc, Selenium, Natrium dan Kalium. Jangan lupa konsumsi susu setiap hari untuk memenuhi gizi harianmu ya!

Manfaat kandungan zat gizi dalam Frisian Flag Purefarm Low Fat

Zat Gizi Makro
Protein Pertumbuhan dan pemeliharaan sel-sel tubuh
Karbohidrat Sumber energi
Lemak Pelindung organ penting tubuh
Zat Gizi Mikro
Vitamin A Mendukung kesehatan mata
Vitamin D3 Pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi
Vitamin B1 Berperan dalam metabolisme energi dan kesehatan kulit
Vitamin B2 Berperan dalam metabolisme energi dan kesehatan kulit
Vitamin B3 Berperan dalam menjaga sistem saraf & sistem pencernaan
Vitamin B6 Membantu pembentukan sel darah merah
Vitamin B12 Berperan dalam pertumbuhan
Kalsium Mineral utama dalam tulang dan gigi
Fosfor   Berperan dalam kalsifikasi tulang dan gigi
Yodium Mengatur pertumbuhan, perkembangan dan laju metabolism tubuh  


Takaran saji 1pak (225 ml)

Jumlah Sajian per Kemasan : 1

JUMLAH PERSAJIAN
Energi Total 110 kkal

Energi dari Lemak 25 kkal



%AKG*
Lemak Total
2.5 g
4%
Lemak Jenuh
1.5 g
9%
Lemak Trans 0 g
Kolesterol
5 mg
2%
Protein
7 g
11%
Karbohidrat Total
16 g
5%
Gula
16 g

Sukrosa
6 g

Natrium 110 mg
5%
Kalium 370 mg
8%
Vitamin A
20%
Vitamin D3
45%
Vitamin E
45%
Vitamin B1
25%
Vitamin B2
25%
Vitamin B5
10%
Vitamin B6
25%
Vitamin B12
25%
Kalsium
35%
Fosfor
35%
Magnesium
8%
Iodium
25%
Zink
6%
Selenium
15%
*Persen AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal. Kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.

Komposisi: Susu Segar, Air, Susu Skim Bubuk, Laktosa, Bubuk Whey, Penstabil Nabati, 7 Vitamin (mengandung antoksidan tokoferol)

Manfaat Minum Susu

| 01 Nov 2019

Sampai usia berapa manusia minum susu?

Pasti masing banyak dari kalian yang bertanya-tanya sampai usia berapa manusia minum susu? Yuk temukan selengkapnya di sini.


Lebih Lanjut
| 07 Okt 2019

Camilan untuk siang hari

Santai siang enaknya ngemil apa ya? Daripada beli, yuk coba membuat resep kue kering cokelat nikmat ala Frisian Flag


Lebih Lanjut
| 04 Okt 2019

Kenali Susu Low Fat dan Susu Non Fat

Istilah Susu Low Fat tentu sudah sering kamu dengar. Tapi memang apa perbedaan signifikan dengan Susu Non Fat? Yuk kita kenali bedanya.


Lebih Lanjut