Anjuran Pola Makan Tepat Menurut Para Ahli

| 12 Jan 2018

Anjuran Pola Makan Tepat Menurut Para Ahli

Selain berolahraga, cara lain menjaga kebugaran adalah dengan menjaga pola makan yang tepat. Menurut para ahli, ada banyak pola diet yang bisa diterapkan sebagai cara menjaga kebugaran tubuh, seperti pembatasan jumlah karbohidrat, pengaturan jam makan, dan mengurangi konsumsi beberapa jenis makanan. Bagaimana kita tahu bahwa pola makanan kita sudah benar?

Salah satu acuan terbaik bagi orang yang ingin menerapkan pola makan sehat adalah piramida makanan sehat. Piramida makanan ini adalah susunan makanan sehari-hari dengan kandungan gizi seimbang. Piramida makanan ini juga mengukur seberapa penting dampak makanan yang kita konsumsi terhadap kesehatan kita.

Tingkatan pertama dari piramida makanan sehat versi Indonesia adalah olahraga teratur serta upaya rutin mengontrol berat badan. Ini karena aktivitas fisik akan menenukan jumlah kalori dan zat gizi yang diperlukan tubuh. Tingkatan kedua adalah memenuhi kebutuhan air bagi tubuh. Air berfungsi sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, pengatur suhu tubuh, pelarut zat-zat gizi serta membantu dalam proses pencernaan. Tubuh manusia butuh minimal dua liter air atau delapan gelas air per hari.

Di tingkatan ketiga adalah sumber karbohidrat tinggi yang umumnya terdapat pada makanan pokok seperti nasi, kentang, roti, biskuit, jagung, dan ubi. Karbohidrat dapat dikonsumsi 3-8 porsi sehari. Tingkatan keempat adalah sayuran dan buah-buahan sebagai sumber serat, vitamin dan mineral. Sayur dianjurkan dikonsumsi 3-5 porsi sehari. Sedangkan buah dikonsumsi 2-3 porsi sehari.

Di tingkat kelima adalah sumber protein yang terdapat di dalam makanan nabati maupun hewani yang dianjurkan dikonsumsi 2-3 tiga porsi setiap hari. Sedangkan tingkatan puncak adalah makanan yang harus dibatasi oleh karena kebutuhan tubuh terhadap bahan makanan tersebut sangat rendah, antara lain garam, gula, dan minyak.

Sebelum menentukan pola makan sehat yang tepat untuk Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter untuk mengecek kondisi kesehatan dan pada ahli gizi untuk menghitung jumlah asupan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. 

Lengkapi pola makan sehat Anda dengan Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm yang diproduksi dari susu segar dengan kandungan zat gizi protein, karbohidrat dan lemak, vitamin, dan mineral. Tersedia dalam varian rasa Full Cream, Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry) dan Purefarm Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).

ARTIKEL TERKAIT