Capai Target Berat Badan Ideal dengan Tips-tips Sehat Ini

Banner
| 29 Mar 2022

Capai Target Berat Badan Ideal dengan Tips-tips Sehat Ini

Capai Target Berat Badan Ideal dengan Tips-tips Sehat Ini

Berat badan ideal tak bisa dicapai begitu saja tanpa olahraga. Tetapi, banyak orang yang sudah rutin berolahraga dan berdiet tapi tak juga memiliki berat badan ideal dan kondisi kesehatan yang ditargetkan. Lalu, gimana caranya bisa mencapai target berat badan ideal? 

Jangan khawatir, para trainers kelas dunia ini membagikan ilmu dan tips sehat di bawah ini untuk membantu Anda mencapai target memiliki berat badan ideal.

Tips-tips untuk Capai Berat Badan Ideal

Berat badan ideal bisa dicapai dengan tetap rutin berolahraga, termasuk dengan intensitas yang tepat. Simak beberapa tips berikut dari para trainer profesional untuk mencapai impian kalian.

  1. Penurunan berat badan bukanlah tujuan utama

    Seringkali orang memulai tips sehat dan program latihan karena mereka tidak percaya diri dengan apa yang mereka lihat di cermin. Tapi pelatih yang baik akan meminta Anda untuk menggali lebih dalam. Michelle Blakely, seorang pelatih di Blakely Fit di Chicago, Amerika Serikat, menyarankan teruslah bertanya pada diri sendiri dengan pertanyaan “Kenapa?” Pertanyaan ini bisa menjadi motivasi Anda ada di jawaban keempat atau kelima. Tulis dan tempelkan ke cermin atau kulkas untuk menjaga motivasi mendapatkan bentuk tubuh ideal.

  2. Variasikan latihan

    Jika fokus utama adalah menurunkan berat badan demi mendapatkan berat badan ideal, salah satu tips sehat alami adalah dengan konsisten ke gym dan mencoba sebanyak mungkin latihan. Usahakan jangan cuma kardio. Semakin banyak massa otot yang terbentuk, semakin tinggi metabolisme Anda. Artinya, Anda akan membakar lebih banyak lemak, bahkan saat sedang beristirahat. Menurut Allison Hagendorf, pelatih kesehatan bersertifikat American Council on Exercise, otot yang kuat dapat membentuk tubuh yang baik selama berlari, mendaki, bahkan melindungi dari cedera.

  3. Latihan terbaik juga harus didukung pola makan

    Hasil latihan yang lebih optimal dan tahan lama harus didukung dengan pola makan teratur. Mulailah tips sehat alami dengan mengurangi gula di minuman Anda dan makan siang dengan salad. Lakukanlah selama kurang lebih dua minggu agar terbiasa dan nikmati hasilnya kemudian. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan berat badan ideal serta kondisi kesehatan yang baik pula.

Cara Menghitung Berat badan Ideal

Di samping itu, perlu diketahui juga bahwa setiap orang memiliki ukuran tubuh yang berbeda-beda dan itulah yang menjadikannya unik. Karena itu, memiliki berat badan ideal bukan soal mengikuti standar kecantikan yang superfisial, melainkan memiliki berat badan yang tepat sebagai upaya untuk memiliki tubuh yang sehat.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghitung berat badan ideal, yaitu menggunakan rumus yang ditemukan Paul Broca yaitu rumus Broca. Rumus untuk menghitung berat badan ideal ini membedakan cara penghitungan antara perempuan dan laki-laki karena komposisi tubuh keduanya berbeda.

Cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus ini tidaklah rumit. Simak rumus menghitung berat badan ideal ini:

  • Laki-laki: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 10 persen]
  • Perempuan: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 15 persen]

Untuk laki-laki, jika Anda memiliki tinggi badan 170 sentimeter, cara menghitung berat badan ideal adalah (170-100)-[(170-100)x10%], 70-7= 63. Berdasarkan penghitungan berat dan tinggi badannya, berat badan ideal Anda adalah 63 kilogram. Sedangkan, jika Anda adalah seorang perempuan dengan tinggi badan 158 sentimeter, cara menghitung berat badan adalah (158-100)-[(158-100)x15%), 58-8,7= 49,3. Maka, penghitungan berat dan tinggi badannya Anda tadi adalah 49,3 kilogram.

Mengukur Berat Badan Ideal

Selain menghitung dengan rumus Broca tadi, Anda juga bisa mengukur berat badan ideal Anda menggunakan kalkulator Body Mass Index (BMI) atau Indeks massa tubuh (IMT). Angka BMI dianggap sebagai rumus untuk mengukur berat badan ideal yang lebih akurat ketimbang rumus Broca. Nah, sebelum Anda mengulik lebih dalam terkait cara menghitung berat badan ideal dengan kalkulator BMI, ketahui dahulu beberapa poin penting di bawah ini:

  • Angka BMI atau indeks massa tubuh normal berada pada angka 18,5 hingga 25. Jika setelah mengukur berat badan ideal Anda menunjukkan angka itu, artinya berat badan Anda ideal.
  • Apabila hasil hitungan indeks massa tubuh kamu ternyata melewati angka 25, itu artinya sudah termasuk kelebihan berat badan.
  • Bila hasil mengukur berat badan ideal ini justru di bawah 18, artinya Anda memiliki badan yang terlalu kurus.
  • Jika hasil perhitungan berat dan tinggi badannya mencapai angka 40—atau bahkan lebih, maka segera periksakan ke dokter karena itu sudah tergolong kasus obesitas berat, sangat jauh dari mengukur berat badan ideal.
  • Contoh cara menghitung berat badan dengan rumus BMI: Untuk mengukur berat badan ideal laki-laki atau perempuan dengan berat badan 60 kilogram dan tinggi 170 sentimeter (patokan tinggi badan harus diukur dalam satuan meter).

Rumus BMI = berat badan (kg) : tinggi badan (m)

Maka nilai BMI-nya, 60 kg : (1,7 x 1,7) m2 = 60 : 2,89 = 20,7. Hasil itu menunjukkan bahwa angka BMI orang tersebut masih masuk kisaran berat badan normal/berat badan yang ideal.

Bahaya Memiliki Berat Badan Berlebih

Anda tentu bisa mendapatkan berat badan ideal dengan bentuk tubuh yang Anda inginkan. Sebab, ada beberapa bahaya yang mengintai jika memiliki berat badan berlebih, baik secara fisik maupun psikis. Inilah beberapa bahaya tersebut:

  1. Penyakit yang berbahaya untuk kesehatan

    Penyakit yang cukup erat kaitannya dengan bahaya kegemukan adalah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit liver. Hormon insulin dapat juga dipengaruhi oleh berat badan yang berlebih, menyebabkan Anda terkena diabetes, yang akan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, bahkan risiko terserang berbagai macam kanker.

  2. Gangguan pada lutut dan pinggang

    Risiko terkena osteoporosis juga akan semakin tinggi. Ada juga risiko mengalami nyeri pada sendi lutut dan punggung karena tubuh menopang beban dari badan yang berlebih.

  3. Gangguan tidur

    Berat badan yang berlebih bisa membuat Anda mengalami gangguan tidur atau adalah sleep apnea, sebuah kondisi saat orang berhenti bernapas beberapa kali saat tidur. Ini tentu merupakan gangguan tidur yang sangat serius. Kadar oksigen turun drastis bisa berdampak langsung ke jantung dan pembuluh darah Anda. Serta meningkatkan risiko diabetes dan stroke.

Untuk membantu mencapai target memiliki berat badan ideal dan sebagai salah satu tips sehat alami, konsumsi makanan dan minuman dengan kandungan zat gizi yang lengkap, salah satunya susu. Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Low Fat mengandung rendah lemak dan dapat dikonsumsi untuk mereka yang sedang mengurangi asupan lemak dalam pola makan sehari-hari. 

Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Low Fat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, membantu mengontrol tekanan darah, mencegah diabetes, mendukung kesehatan jantung, membantu mengontrol rasa lapar, dan lain sebagainya. Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Low Fat diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan sumber 7 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B6 dan B12), dan Vitamin E dan B5 serta sumber 3 mineral (Kalsium, Fosfor dan Yodium) dan Magnesium, Zinc, Selenium, Natrium, dan Kalium serta tetap bercita rasa lezat. Ketahui juga nilai gizi dan manfaat susu Frisian Flag Purefarm Low Fat di sini.

Artikel Terkait