Cara Bikin Kopi Susu Ala Kafe Dengan Frisian Flag

| 25 Feb 2019

Cara Bikin Kopi Susu Ala Kafe Dengan Frisian Flag

Kopi tak hanya bisa dinikmati di kafe saja, Anda pun dapat membuatnya sendiri dengan menyiapkan bahan-bahan sederhana. Di bawah ini ada beberapa menu kopi yang layak dicoba di rumah:

1. Es Kopi Susu Jelly

  • Siapkan 1 sachet kopi instan
  • sachet susu kental manis Frisian Flag Full Cream Gold
  • Jelly rasa cokelat
  • air panas, dan es batu.

Cara membuatnya mudah, seduh kopi dengan air panas, lalu tambahkan susu kental manis baru dinginkan. Potong tipis panjang jelly cokelat, masukkan ke dalam gelas. Tambahkan kopi susu yang sudah dingin plus es batu.

2. Frappe

Bahan-bahannya:

  • 4 sdt kopi instan
  • 2 sdm gula pasir atau sesuai selera
  • 6 sdm air dingin
  • susu siap minum Frisian Flag Purefarm Full Cream dingin dan es batu

Cara membuat:

Tahap pertama, campurkan kopi, gula, dan air dingin ke dalam shaker atau blender. Kocok hingga kopi mengeluarkan busa selama 30 detik menggunakan shaker kemudian lanjut blender selama 10 detik. Terakhir tambahkan susu serta air dingin hingga busa kopi menyentuh ujung gelas.

3. Es Kopi Susu Coconut Delight

Cukup sederhana dalam pembuatannya. Yang diperlukan adalah:

  •  2 sdm kopi bubuk,
  • 3 sdt gula merah bubuk
  • 3 sdm krimer bubuk
  • 225 ml susu siap minum Frisian Flag Purefarm Full Cream
  • 225 ml susu siap minum Frisian Flag Purefarm Coconut Delight dan es batu.

Hanya ada 2 langkah pembuatan. Pertama, campur semua bahan kering lalu seduh dengan air panas sedikit saja guna melarutkan semua bahan tersebut. Lalu langkah kedua, campurkan larutan kopi kental dengan susu dan es batu. Aduk merata.

4. Kopi Susu Wedang Jahe

Bahan-bahan:

  • 6 cm ruas jahe
  • 2 sdm kopi
  • 4 sdm susu kental manis Frisian Flag Full Cream Gold
  • 100 gram gula merah dan 500 ml air.

Cara membuatnya mudah, cuci jahe yang sudah dikupas, lalu geprek. Rebus jahe bersama gula merah dan air. Setelah mendidih, tuangkan dalam gelas yang telah ditambahkan kopi, aduk hingga tercampur rata. Sentuhan terakhir, tambahkan susu kental manis baru disajikan.

5. Affogato

Menikmati kopi susu khas Italia bisa dirumah dengan menyediakan bahan yaitu whipping cream bubuk, air dingin, susu kental manis Frisian Flag Full Cream Gold, perisa vanila, dan kopi. Cara membuatnya, campur whipping cream dengan air dingin, kocok dengan mixer hingga kaku. Lalu tambahkan susu kental manis dan perisa vanila, baru aduk rata. Diamkan dalam freezer hingga beku. Setelah beku, sajikan kopi panas dengan scoop es krim tersebut sesendok penuh.

6. Ice Mocha

Mocha adalah jenis kopi yang terkenal dari negara Yaman. Di dunia kopi, nama mocha lebih dikenal sebagai jenis minuman kopi yang dicampur dengan susu dan cokelat. Rasanya sangat lezat, perpaduan manis dan gurihnya cokelat membuat kopi susu ini lebih banyak digemari kaum perempuan. Kamu bisa membuat ice mocha atau es moka sendiri di rumah. Bahan dan alat yang digunakan sangat sederhana. 

Bahan yang dibutuhkan:

  • Kopi bubuk instan tanpa ampas
  • Cokelat bubuk
  • Susu Kental Manis Frisian Flag Cokelat
  • Air mendidih dan es batu

Cara membuatnya yang pertama seduh kopi terlebih dahulu, lalu campurkan cokelat bubuk dan susu kental manis. Tambahkan gula jika dirasa masih kurang manis, kemudian masukkan es batu. Kamu bisa menambahkan whipped cream dan susu kental manis cokelat lagi di atasnya. Ice mocha ala kafe siap dinikmati. 

6. Dalgona Coffee

Dalgona Coffee merupakan kreasi kopi yang awalnya dari adonan Dalgona Toffee atau permen dari Korea Selatan. Membuat dalgona coffee biar praktis menggunakan mixer. Hasilnya dalam 3 menit bisa terlihat. Yang diperlukan adalah:

  • Sachet kopi instan
  • 2 Sendok makan gula pasir/gula aren
  • 2 Sendok air hangat
  • 200 ml Frisian Flag Purefarm Full Cream
  • es batu secukupnya.

Cara membuat:

campurkan semua bahan kecuali susu full cream dan es batu. Aduk menggunakan mixer dan hingga tekstur berubah menjadi seperti foam

Kemudian tuangkan susu full cream ke dalam gelas yang sudah diberi es batu. Lalu masukkan campuran kopi instan, gula, dan air hangat tadi. Minuman sudah siap, segar diminum panas-panas begini! Tipsnya agar tidak gagal dalam membuat minuman ini, jangan menggunakan kopi ampas. Pakai kopi yang mudah larut dalam air. Selamat mencoba minuman kekinian yang sedang viral!

7. Dalgona Avocado Coffee

Pernah dengar kopi alpukat? Memodifikasi resep dalgona coffee dengan menambahkan buah alpukat adalah cara baru menikmati kopi yang creamy.

Bahan yang dibutuhkan adalah:

  • Satu buah alpukat
  • 1 sdm gula pasir
  • 50 ml air matang
  • Susu Frisian Flag Full Cream Gold

Untuk bahan kopi:

  • 1 sachet kopi instan tanpa ampas
  • 4 sdm gula
  • air panas. 

Langkah membuatnya sangat mudah, haluskan buah alpukat atau blender sehingga menjadi jus. Tuang jus alpukat ke dalam gelas. Lalu buat adonan dalgona dan letakkan di atas jus alpukat. Tambahkan topping gula palem atau choco chip jika suka. 

8. Dalgona Coffee Tanpa Mixer

Jika kamu tertarik untuk bikin dalgona coffee namun tidak memiliki mixer di rumah, jangan sedih dulu. Ada cara lain yang lebih mudah untuk membuat kopi susu dalgona tanpa mixer. Dengan menggunakan saringan kawat, kamu bisa mengaduk campuran 2 sachet kopi instan, 2 sendok makan gula pasir, 2 sendok air hangat hingga berubah tekstur. 

Aduk campuran bahan tersebut menggunakan saringan kawat dengan posisi memutar hingga muncul buih di atas saringan. Selanjutnya buih atau foam di atas saringan bisa kamu ambil kemudian letakkan di atas susu UHT. Ambil sesuai selera.

Tips Penting saat Membuat Kopi Susu di Rumah

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan kopi susu yang enak dan sesuai selera. Dengan bahan dan alat yang sederhana, kamu juga bisa membuat minuman kopi susu kekinian yang nikmat. Agar cara membuat kopi susu di rumah tidak mengalami kegagalan, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan. 

1. Bikin Konsentrat Kopi Terlebih Dulu

Step awal dalam membuat kopi adalah dengan membuat biang atau konsentrat kopinya. Untuk hasil kopi susu yang enak, kamu bisa menggunakan espresso. Para penikmat kopi percaya bahwa espresso adalah cikal bakal membuat kopi susu yang nikmat. Jika menggunakan kopi instan, pastikan kamu menyeduhnya dengan konsistensi yang pekat dan pahit. Takarannya kurang lebih 1 sendok kopi instan untuk seperempat gelas air panas.

2. Pilih Susu yang Pas

Untuk menghasilkan rasa kopi susu yang enak, kamu bisa menggunakan Frisian Flag Purefarm Full Cream. Jumlah susu UHT bisa menyesuaikan dengan level kepahitan yang disukai. Campurkan 120 ml susu UHT untuk 20-30 ml konsentrat kopi.

3. Gunakan Susu Kental Manis

Sebagai pemanis kopi susu, pakai susu kental manis sehingga rasa yang dihasilkan menjadi manis dan legit. Dengan susu kental manis Frisian Flag Full Cream Gold, es kopi susu buatan kamu menjadi lebih creamy tanpa harus dicampurkan krimer. Lebih praktis dan hemat tentunya. Untuk jumlahnya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

4. Perhatikan Langkah-Langkahnya

Setiap jenis kopi susu bisa jadi berbeda langkah-langkah membuatnya. Yang harus diperhatikan adalah urutan dalam menuang campuran kopi dan susu sehingga menghasilkan perpaduan minuman yang nikmat. Di tahap akhir, kamu bisa menambahkan topping untuk kopi susu rumahan sesuai selera. 

Waktu Terbaik untuk Minum Kopi Susu

Seperti yang sudah diketahui bahwa kopi memiliki kandungan senyawa kafein yang mampu membuat orang tetap terjaga. Sebuah survei yang dilakukan oleh Dunkin 'Donuts and CareerBuilder menunjukkan bahwa kopi punya peran utama dalam membantu para pekerja mendapatkan semangat pagi. Secara keseluruhan, sebanyak 43 persen responden peminum kopi mengaku kurang produktif jika tidak minum kopi. 

Steven Miller, Neuroscientist di Uniformed Services University of the Health Sciences di Maryland, mengatakan bahwa waktu minum kopi yang paling bagus adalah setelah hormon kortisol melewati masa puncaknya. Jika ditunjukkan dengan bilangan waktu, kira-kira waktu tersebut adalah setelah pukul 9 pagi. Pukul 09.30 hingga 11.30 adalah waktu terbaik minum kopi. Kira-kira pada pukul itulah kadar kortisol kamu menurun kemudian setelahnya akan naik lagi.

Namun perlu diketahui bahwa kadar kortisol pada setiap orang bisa berbeda-beda. Seseorang yang terbiasa bangun lebih pagi, akan memiliki siklus rendah kortisol yang lebih dini dibanding orang lain yang bangun lebih siang. Reaksi tubuh setiap orang terhadap kopi juga berbeda-beda sehingga perlu dilakukan penyesuaian masing-masing. 

Manfaat Minum Kopi Susu 

Manfaat kopi yang terkenal adalah mengurangi kantuk karena ada kandungan kafein di dalamnya. Bagi yang tidak bisa mengonsumsi kopi hitam, kamu bisa menambahkan susu sehingga menghasilkan minuman kopi susu yang nikmat. Mengonsumsi segelas es kopi susu dalam takaran dan komposisi yang pas dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan kamu, di antaranya:

  • Kopi dan susu adalah sumber antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit-penyakit berbahaya, seperti kanker hati, kolorektal, dan usus besar.
  • Kandungan dalam kopi susu disebut dapat membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi risiko depresi.
  • Kopi dan susu dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit degeneratif, seperti Alzheimer.
  • Campuran kopi dan susu mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan kamu, salah satunya adalah untuk memenuhi kebutuhan energi harian sehingga kamu bisa beraktivitas secara maksimal. 

Berdasarkan manfaat tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba segelas kopi susu yang nikmat sesuai selera. Namun dengan catatan, jangan mengonsumsinya secara berlebihan dan harus dengan takaran yang tepat.

Bikin susu ala kafe tidak perlu repot lagi, cukup tambahkan susu kental manis Frisian Flag Full Cream Gold biar lebih nikmat!

Artikel Terkait