BERANDA

SUSTAINABILITY

Sehat Sejahtera Selaras

MILKPEDIA

Nutrisi & Kesehatan Manfaat Minum Susu Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu FAQ

RESEP KAMI

Resep dengan Susu Cair Resep dengan Kental Manis Resep dengan Susu Bubuk

AKTIVITAS KAMI

Menangkan Puasamu dengan Frisian Flag Cokelatnya Bikin Semua Nikmat Dunia Zuzhu Games Zuzhu & Zazha Kebaikan Susu 100 Tahun Frisian Flag Professional

PRODUK KAMI

Susu Kental Manis Susu Siap Minum Susu Bubuk Keluarga Susu Ibu dan Balita

PERUSAHAAN KAMI

Tentang Kami Galeri Photo Berita Siaran Pers Business Principles Safety Policy Tujuan Kami

KARIR

Overview Pusat Karir Event Artikel

FITUR KAMI

Massa Tubuh Gizi Harian

Nutrisi & Kesehatan
13 Feb 2018

Cara Meninggikan Badan secara Alami dan Pilihan Makanannya

Cara meninggikan badan bisa dilakukan dengan berbagai hal, mulai dari rutin berolahraga, mengonsumsi makanan kaya nutrisi, dan menjalani pola hidup sehat. Anda pasti ingin memiliki tinggi badan yang ideal, kan? Memiliki tinggi badan yang ideal memang menjadi dambaan setiap orang. Namun faktanya, pada rentang usia tertentu tubuh manusia akan berhenti bertambah tinggi.

Sebelum membahas bagaimana cara meninggikan badan, alangkah baiknya Anda memahami dulu mengenai faktor yang memengaruhi tinggi badan setiap orang. Melansir National Library of Medicine, faktor utama yang menentukan tinggi badan seseorang yaitu faktor keturunan atau genetik. Jika dari kedua belah pihak antara Ibu dan Ayah memiliki badan yang tinggi, sangat besar kemungkinan Anda juga akan memiliki tinggi badan yang ideal.

Sebaliknya, jika hanya salah satu pihak saja yang tinggi, sedangkan pihak satunya lagi memiliki tinggi badan yang kurang ideal atau pendek, maka tinggi badan Anda akan ditentukan oleh gen mana yang lebih kuat. Meskipun begitu, genetik atau keturunan bukanlah satu-satunya faktor yang memengaruhi tinggi badan. 

Sebab, kecukupan nutrisi penting dan aktivitas fisik selama masa tumbuh kembang juga turut memengaruhi tinggi badan seseorang. Itulah sebabnya, Anda Anda tidak perlu khawatir karena untuk mencapai tinggi badan yang ideal, ada berbagai cara meninggikan badan yang bisa dilakukan secara sehat dan alami.

Lalu apa saja hal-hal yang termasuk ke dalam cara meninggikan badan secara ideal? Sebelum membahas hal ini, Ada beberapa fakta-fakta yang perlu Anda ketahui mengenai tinggi badan manusia, seperti faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi badan manusia, berapa tinggi ideal rata-rata laki-laki dan perempuan di Indonesia, hingga cara mengukur badan yang tepat.

Cara Meninggikan Badan Secara Alami

Jika saat ini Anda bertanya bagaimana cara meninggikan badan yang alami dan tepat, berikut tujuh caranya yang bisa Anda ikuti:

1. Mengubah pola makan

Hal pertama yang penting dilakukan adalah mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Antara lain memerhatikan pola makan dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti sayuran hijau serta buah-buahan yang mengandung vitamin D dan kalsium. 

Beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi sebagai penunjang cara meninggikan badan antara lain ikan salmon, keju, susu, dan margarin, juga makanan tinggi protein seperti daging dan telur.

2. Minum susu secara rutin

Asupan nutrisi berkualitas, seperti protein, kalsium, vitamin D, dan lainnya merupakan salah satu faktor penting yang membantu cara meninggikan badan secara alami. 

Berdasarkan penelitian Harvard Medical School, mengonsumsi susu tinggi protein dan kalsium adalah salah satu cara meninggikan badan yang efektif. Ketika memasuki usia dewasa, protein dapat membantu menjaga massa otot dan kalsium membantu menjaga kepadatan tulang. 

Maka dari itu, untuk menunjang kebutuhan protein dan kalsium harian, penting untuk membiasakan diri dengan mengonsumsi susu secara rutin sebagai salah satu cara meninggikan badan dengan lebih sehat. 

Cara meninggikan badan dengan asupan susu peninggi badan ini bisa Anda optimalkan dengan mengonsumsi susu UHT Frisian Flag Full Cream sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Susu Frisian Flag Purefarm Full Cream bisa menjadi pilihan tepat karena mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh. 

Susu UHT Frisian Flag Full Cream diproduksi dari susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat, dan lemak) dan sumber 7 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B6, dan B12) serta Vitamin E dan B5 dan sumber 3 mineral (Kalsium, Fosfor dan Yodium) serta Magnesium, Zink, Selenium, Natrium dan Kalium. Bercita rasa Full Cream yang gurih dan lezat.

Selain dapat membantu meninggikan badan, susu Frisian Flag Full Cream juga bisa menjadi sumber energi, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mendukung kesehatan mata, dan lain sebagainya. 

Baca juga: 5 Manfaat Minum Susu yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

3. Aktif berolahraga

Cara meninggikan badan secara alami lainnya adalah melakukan olahraga dengan rutin dan mengurangi aktivitas pasif seperti bermain video game dan menonton televisi. Olahraga yang dianjurkan sebagai salah satu cara cepat meninggikan badan antara lain basket, renang, atletik, lompat tali, dan yoga. 

4. Menjaga kualitas tidur

Meski tidak berhubungan langsung, menjaga kualitas tidur diyakini dapat membantu proses pertumbuhan dan salah satu faktor penunjang atau bagian dari cara meninggikan badan secara alami. 

Saat tidur, tubuh akan melepaskan semua jenis hormon yang memengaruhi pertumbuhan tinggi badan manusia. Pola tidur yang dianjurkan adalah 7-9 jam per hari. Kurangnya jam tidur disebut akan berpengaruh pada body mass index dan cenderung menyebabkan obesitas. Hal itu membuat Anda tampak lebih pendek dari tinggi yang sebenarnya. 

5. Atur posisi duduk dan tidur

Cara meninggikan badan yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan memperbaiki postur tubuh. Disadari atau tidak, kebiasaan yang biasa kita lakukan saat duduk, berdiri, dan membungkuk membuat kita tampak lebih pendek. Karena itu, hindari membungkukkan tubuh saat duduk. Hal itu karena akan membuat posisi tulang belakang menjadi tidak normal dan otot menjadi lemah. 

Cara meninggikan badan yang bisa Anda lakukan antara lain menegakkan punggung dan menarik pundak ke belakang saat Anda duduk. Usahakan untuk berdiri sejenak jika terpaksa duduk dalam waktu yang lama. 

Kemudian hindari posisi menyilangkan kaki saat duduk. Selain mengatur posisi duduk, hal lainnya yang perlu Anda lakukan untuk menunjang cara meninggikan badan adalah mengatur posisi tidur. 

Saat tidur, pilihlah tempat tidur yang menyangga tulang punggung dengan baik. Apabila Anda tidur dalam posisi menyamping, sebaiknya tempatkan bantal di bawah kepala dan di antara dua kaki untuk menjaga agar tulang punggung tetap lurus.

6. Stretching (peregangan)

Stretching atau peregangan merupakan salah satu aktivitas ringan yang bisa Anda lakukan sebagai cara meninggikan badan. Seperti gerakan peregangan pada kaki. 

Caranya cukup mudah, yakni dilakukan dengan duduk sambil meluruskan kedua kaki kedepan. Lalu upayakan meraih atau menyentuh ujung jari kaki dengan tangan. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang, setidaknya 5-6 kali sehari.

Baca juga: 5 Olahraga Kekinian Ini Bisa Bikin Banyak Teman

Jenis Olahraga untuk Meninggikan Badan

Selain mengonsumsi makanan kaya nutrisi, cara meninggikan badan bisa Anda optimalkan dengan membiasakan diri berolahraga. Berikut ini ada beberapa jenis olahraga yang bisa dipilih sebagai salah satu cara meninggikan badan, di antaranya: 

Baca juga: Tips Cara Hidup Sehat yang Bikin Awet Muda

Fakta Seputar Tinggi Badan Manusia

Selain mengetahui jawaban dari bagaimana cara meninggikan badan, Anda juga perlu memahami fakta seputar tinggi badan manusia, antara lain: 

Baca Juga: 8 Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh

Tinggi Badan Berhenti di Usia Berapa?

Tinggi badan berhenti di usia berapa? Secara umum, pertumbuhan tinggi badan laki-laki dan perempuan memang berbeda dan terjadi dalam beberapa fase pertumbuhan. Anda bisa simak fase pertumbuhan hingga berhentinya pertumbuhan tinggi badan laki-laki dan perempuan berikut ini:

Makanan Peninggi Badan

Simak beberapa pilihan makanan peninggi badan yang dapat dikonsumsi untuk pertumbuhan tinggi badan yang lebih maksimal:

Baca juga: Kandungan Nutrisi Susu Peninggi Badan dan Manfaatnya

Memiliki postur tubuh yang ideal adalah impian semua orang, karena itu penting untuk melakukan upaya atau cara meninggikan badan yang alami dan namun tetap sehat. Untuk melengkapi kalsium harian, jangan lupa minum susu UHT Frisian Flag Full Cream.

Jangan lupa manfaatkan Kalkulator Frisian Flag Massa Tubuh yang dapat membantu Anda dalam mengetahui angka IMT (Indeks Massa Tubuh). Setelah menghitung IMT, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian dan jumlah kalori setiap makanan Anda dengan menggunakan Kalkulator Gizi. Yuk, coba fiturnya sekarang!

Share This Entrys

Artikel Terkait
Milkpedia

Resep yang Mudah Didapatkan Sebelum Jam Buka Puasa

Milkpedia

Asyik! Ini Permainan Seru Bersama Keluarga saat Natal

Milkpedia

7 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh dan Sumber Makanannya