BERANDA

SUSTAINABILITY

Sehat Sejahtera Selaras

MILKPEDIA

Nutrisi & Kesehatan Manfaat Minum Susu Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu FAQ

RESEP KAMI

Resep dengan Susu Cair Resep dengan Kental Manis Resep dengan Susu Bubuk

AKTIVITAS KAMI

Menangkan Puasamu dengan Frisian Flag Cokelatnya Bikin Semua Nikmat Dunia Zuzhu Games Zuzhu & Zazha Kebaikan Susu 100 Tahun Frisian Flag Professional

PRODUK KAMI

Susu Kental Manis Susu Siap Minum Susu Bubuk Keluarga Susu Ibu dan Balita

PERUSAHAAN KAMI

Tentang Kami Galeri Photo Berita Siaran Pers Business Principles Safety Policy Tujuan Kami

KARIR

Overview Pusat Karir Event Artikel

FITUR KAMI

Massa Tubuh Gizi Harian

Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu
25 Okt 2021

Cara Membuat Susu Kurma yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Salah satu minuman yang kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh adalah susu kurma. Susu kurma merupakan olahan yang terbuat dari campuran susu cair UHT dengan kurma segar yang dihaluskan. Rasanya yang creamy, gurih, dan manis membuat minuman ini digemari oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Seperti yang diketahui, susu merupakan sumber protein hewani yang menyimpan beragam nutrisi penting untuk kesehatan tubuh, di antaranya protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, serta vitamin dan mineral lainnya.

Tak kalah dengan susu, kurma juga merupakan makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh, beberapa di antaranya yakni protein, karbohidrat, serat, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, kalsium, kalium, zat besi, zinc, magnesium, dan lain sebagainya. 

Dari banyaknya nutrisi tersebut, tak heran jika susu kurma bisa menjadi nutrisi tambahan untuk mendukung kesehatan. Apalagi susu ini bisa dikonsumsi dalam keadaan dingin maupun panas sesuai dengan selera keluarga. Lantas, bagaimana membuat susu kurma sendiri di rumah?

Baca juga: Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Bahan-bahan Membuat Susu Kurma

Berikut ini beberapa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat susu kurma:

Cara Membuat Susu Kurma

Cara membuat susu kurma sebenarnya cukup mudah lho. Pertama-tama, buang biji kurma dan ambil bagian dagingnya saja. Campurkan kurma dan susu cair UHT ke dalam blender sampai benar-benar halus. Sebelum dituangkan ke dalam gelas, cobalah untuk periksa rasa. Jika kurang manis, Anda bisa menambahkan madu secukupnya. 

Setelah selesai dihaluskan, tuangkan susu kurma ke gelas dan tambahkan es batu sesuai selera. Es batu juga bisa Anda masukkan saat menghaluskan kurma dan susu di dalam blender, tetapi teksturnya akan lebih kental seperti smoothie. Bagaimana? Mudah, kan, untuk membuat susu kurma di rumah? Anda bisa menyajikan susu ini sebagai pelengkap sarapan keluarga di pagi hari. Sebab, susu kurma juga bisa membantu meningkatkan energi untuk beraktivitas sehari-hari. 

Manfaat Susu Kurma Bagi Kesehatan

Di balik rasanya yang lezat, susu kurma juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Yuk, ketahui beberapa manfaatnya berikut ini: 

Baca juga: 5 Cara Hidup Sehat untuk Anda yang Sibuk

Selain itu, susu kurma juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sistem saraf, sebagai sumber energi, menjaga kesehatan kulit, hingga membantu mencegah sembelit atau konstipasi. Dari beragam nutrisi dan manfaat di atas, sudah saatnya Anda dan keluarga membiasakan untuk rutin minum susu kurma setiap hari, yuk!

Share This Entrys

Artikel Terkait
Milkpedia

Mengenal Manfaat Susu Full Cream untuk Kesehatan

Milkpedia

Ini Daftar Susu Penambah Berat Badan dan Nutrisi Wajibnya

Milkpedia

Praktisnya Membuat Menu Makanan Sehat untuk Seminggu!