Gampang Capek dan Lemas? Yuk, Ubah Gaya Hidup Lebih Sehat

Banner
| 29 Mar 2022

Gampang Capek dan Lemas? Yuk, Ubah Gaya Hidup Lebih Sehat

Gampang Capek dan Lemas? Yuk, Ubah Gaya Hidup Lebih Sehat

Gampang capek dan lemas adalah kondisi ketika seseorang merasa capek dan kehabisan energi. Kondisi ini lebih dari sekadar lelah fisik sehabis beraktivitas berat. Pasalnya, gampang capek dan lemas bisa ditandai dengan tidak adanya energi maupun motivasi untuk beraktivitas. Kenapa bisa begini?

Tanpa disadari, banyak hal yang sudah menjadi kebiasaan sehari-hari menjadi faktor penyebab kita gampang capek dan lemas. Faktor-faktor yang termasuk dalam gaya hidup ini meliputi terlalu banyak atau kurang olahraga, kurang tidur, kegemukan, konsumsi kafein atau alkohol yang berlebihan, hingga pola makan tidak sehat. 

Nah, pola makan tidak sehat inilah yang membuat kita mengalami kondisi gampang capek dan lemas, bahkan memicu pula kondisi mudah lelah dan keringat dingin. Sebenarnya, berkeringat merupakan kondisi normal yang terjadi setelah seseorang melakukan banyak aktivitas fisik atau pada suhu/cuaca yang panas. Namun, mudah lelah dan keringat dingin umumnya menunjukkan beberapa masalah dalam tubuh seperti:

  • faktor psikologis, seperti cemas, tegang, takut, stres
  • kadar gula darah rendah (hipoglikemia)
  • tekanan darah rendah (hipotensi)
  • kekurangan sel darah merah dalam tubuh (anemia)
  • syok
  • reaksi alergi
  • efek samping obat tertentu
  • sleep apnea

Kalau begitu, inilah rekomendasi pola makan agar tubuh nggak gampang capek dan lemas hingga memicu kondisi mudah lelah dan keringat dingin.

Penyebab Tubuh Gampang Capek dan Lemas

Ada beberapa hal yang menyebabkan tubuh gampang capek dan lemas. Beberapa di antaranya disebabkan oleh makan dalam porsi besar, kurang memperhatikan asupan karbohidrat, serta kurangnya membatasi konsumsi kafein dan minuman beralkohol. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  1. Hindari makan dalam porsi besar

    Menghindari makan makanan dalam porsi besar bertujuan untuk menjaga kadar gula dara. Sebab, makan dalam porsi besar membuat tubuh lebih lelah dan cepat mengantuk. Hal ini terjadi karena sistem pencernaan kita bekerja lebih keras. Di samping itu, perhatikan pula nafsu makan berlebih yang membuat berat badan tidak terkontrol.

  2. Perhatikan konsumsi karbohidrat

    Mulai sekarang perhatikanlah konsumsi karbohidrat. Hindari mengonsumsi makanan dengan karbohidrat dalam jumlah besar, seperti roti atau pasta secara berlebihan. Kedua jenis makanan berkarbohidrat itu akan meningkatkan pembentukan hormon serotonin yang menyebabkan kantuk. Perhatikan pula asupan zat besi, karena kekurangan zat besi membuat kita gampang capek dan lemas.

  3. Batasi konsumsi kafein dan minuman beralkohol

    Kafein memang bisa membuat kita terjaga dan lebih bersemangat. Tetapi efeknya hanya bersifat sementara. Saat efek kafein hilang, rasa lelah pun datang. Efek ini dikenal sebagai caffeine crash. Konsumsi kafein berlebihan juga menyebabkan merasa sulit tidur, susah konsentrasi, cemas, dan kurang bertenaga atau cepat lelah.

Selain itu, terlalu sering konsumsi minuman beralkohol juga dapat mengganggu kinerja otak dan fungsi hati serta menyebabkan gangguan tidur. Meski bisa membuat Anda lebih cepat terlelap, efek alkohol justru bisa membuat kita pusing, sakit kepala, gampang capek dan lemas keesokan harinya. Gaya hidup inilah yang perlu segera dihindari.

Hal yang Mesti Dilakukan

Selain mengetahui hal-hal yang harus dihindari, coba lakukan beberapa perubahan gaya hidup yang simpel berikut ini tapi bisa mengubah banyak hal, lho. 

  1. Cukupi konsumsi kalium

    Kondisi gampang capek dan lemas bisa jadi disebabkan karena kurangnya asupan kalium di dalam tubuh. Oleh sebab itu, penuhi jumlah asupan kalium hingga 4.700 miligram per hari. Asupan kalium ini bisa kita dapatkan dari beberapa jenis makanan seperti ubi, pisang, mangga, alpukat, bayam, kacang almond, dan susu. Selain itu, cukupi pula asupan zat besi

  2. Jadikan yogurt sebagai camilan

    Kenapa yogurt adalah camilan yang tepat? Untuk menghindari tubuh mudah lelah dan keringat dingin, kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tepat. Nah, di sela-sela waktu makan, kita bisa memilih yogurt sebagai camilan karena satu porsi yogurt, sekitar 226 gram, mengandung 579 miligram kalium. Yogurt pun sudah lama dikenal sebagai makanan yang menguatkan tubuh dan baik untuk pencernaan.

  3. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

    Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi bisa membuat mudah lelah dan keringat dingin. Bahkan tidak bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi cairan tubuh dengan minum air putih sekitar 8 gelas sehari. Jika bosan dengan air putih, kita juga bisa mengonsumsi minuman lain, seperti jus buah segar, teh, atau infused water demi menjalani hidup sehat serta untuk menjaga berat badan. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga penting untuk mengontrol nafsu makan, lho.

  4. Cukupi waktu tidur

    Tidur merupakan salah satu cara untuk mengisi kembali energi setelah seharian beraktivitas. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi kebutuhan tidur setidaknya 8 jam setiap malam agar tidak mudah lelah dan keringat dingin. Usahakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Jika merasa lelah di siang hari, cobalah untuk tidur siang selama 20-30 menit, karena dapat membuat Anda merasa segar bertenaga dan bisa membantu meningkatkan produktivitas harian kita. Kurang tidur atau gangguan tidur (sleep apnea) bisa membuat kita mudah lelah dan keringat dingin, lho.

  5. Berolahraga secara rutin

    Rutin berolahraga dapat meningkatkan metabolisme, memperbaiki suasana hati, dan membuat tidur lebih nyenyak di malam hari. Hal ini tentunya akan membuat tubuh lebih segar dan menghindari kondisi tubuh mudah lelah dan keringat dingin. Mulailah dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 15 menit. Lakukan secara rutin dan tingkatkan durasinya secara bertahap hingga 2,5 jam per minggu untuk menjaga berat badan dan hidup sehat. Kurangnya olahraga menyebabkan tubuh mudah lelah dan keringat dingin.

Memulai gaya hidup untuk hidup sehat akan menjauhkan diri kita dari faktor-faktor yang menyebabkan tubuh kita gampang capek dan lemas serta mudah lelah dan keringat dingin. Selain mengetahui gaya hidup serta cara melatih fisik agar tidak cepat lelah, perhatikan pola makan Anda saat sarapan dan makan siang untuk menjaga stamina agar tak cepat lelah di sore hari. 

Selain itu, cukupi kebutuhan zat gizi sebagai cara agar tidak cepat lelah dengan Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm setiap hari dan dapatkan manfaat optimal susu. Susu cair Siap Minum Frisian Flag Purefarm mengandung rangkaian zat gizi makro (zat gizi penting: protein, karbohidrat dan lemak) dan zat gizi mikro (multivitamin dan mineral) untuk mendukung asupan gizi harian keluarga Indonesia. Frisian Flag Purefarm memiliki 3 varian yang bisa jadi pilihan, di antaranya Purefarm Full Cream, Purefarm Flavour Milk, dan Purefarm Low Fat. Temukan informasi selengkapnya di sini.

Artikel Terkait