7 Manfaat Susu Protein dan Tinggi Kalsium Bagi Tubuh

Banner
| 06 Apr 2022

7 Manfaat Susu Protein dan Tinggi Kalsium Bagi Tubuh

7 Manfaat Susu Protein dan Tinggi Kalsium Bagi Tubuh

Susu protein dan tinggi kalsium sering kali jadi pilihan banyak orang untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu menambah tinggi badan dalam masa pertumbuhan. Seperti yang diketahui, terdapat beberapa jenis susu yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa, mulai dari susu susu full cream (whole milk), susu rendah lemak (low fat milk), dan susu skim (skim milk). 

Pada dasarnya, manfaat susu protein dan tinggi kalsium bisa secara optimal didapatkan dari susu hewani. Artinya, susu yang berasal dari hewan, salah satunya adalah susu sapi merupakan susu protein dan tinggi kalsium yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa perbedaannya dengan susu dari nabati seperti susu soya? 

Perlu diketahui bahwa susu soya sebenarnya bukanlah produk susu yang sama seperti susu sapi. Itu adalah sari kedelai yang telah diekstrak dari kacang kedelai yang sudah direbus dan digiling hingga mengeluarkan cairan yang warnanya mirip seperti susu sapi.

Namun, manfaat sari kedelai tersebut tidak cukup optimal untuk meningkatkan kesehatan dan tumbuh kembang jika dibandingkan susu protein dan tinggi kalsium. Sebab, kandungan nutrisi dalam sari kedelai tidak selengkap nutrisi dalam susu protein dan kalsium yang berasal dari hewani. Lantas, apa saja manfaat susu protein dan tinggi kalsium bagi kesehatan? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 

Manfaat Susu Protein dan Tinggi Kalsium Bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat susu protein dan tinggi kalsium yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  1. Sebagai sumber energi

    Susu protein dan tinggi kalsium berperan sebagai sumber energi yang dapat mendukung aktivitas sehari-hari. Ini karena di dalamnya juga mengandung beragam nutrisi lain yang tak kalah penting, salah satunya adalah karbohidrat. 

    Seperti yang diketahui, karbohidrat merupakan zat gizi makro yang berperan untuk menambah energi. Manfaat ini juga tak hanya berasal dari karbohidrat saja, tetapi juga kandungan protein di dalam susu tersebut.

    Mengacu pada namanya, susu protein merupakan susu yang mengandung protein tinggi yang penting untuk membangun serta memelihara sel-sel dan jaringan tubuh. Susu protein juga berperan sebagai sumber energi guna mendukung tubuh agar tetap fit dan bugar, tentunya dengan diimbangi oleh pola hidup sehat dan aktif. 

    Baca juga: Laktosa Adalah Nutrisi dalam Susu, Apa Efeknya Bagi Tubuh?

  2. Mengoptimalkan tumbuh kembang anak

    Susu protein yang diformulasikan khusus anak-anak juga berperan penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya lho. Sebab, protein merupakan zat gizi makro yang memiliki peran khusus untuk membentuk dan menjaga jaringan tubuh. Itu artinya, susu protein bisa menjadi nutrisi tambahan bagi anak-anak karena di masa tumbuh kembang, jaringan tubuhnya sedang berkembang secara pesat. 

    Jika anak mengonsumsi susu protein sesuai kebutuhan, maka akan mengurangi risiko gangguan pertumbuhan, seperti stunting. Dengan catatan, anak-anak juga harus mengonsumsi nutrisi penting lain secara seimbang agar tumbuh kembangnya lebih maksimal. 

    Susu khusus anak-anak yang bisa jadi pilihan adalah susu cair siap minum Frisian Flag kids. Susu ini hadir untuk mendukung kebutuhan gizi harian anak agar dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal. 

  3. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Susu protein juga berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Protein berperan penting untuk menjaga dan mengganti sel-sel yang rusak, serta mengatur fungsi normal organ tubuh. 

    Selain itu, protein juga berperan membentuk antibodi dalam sel darah putih sehingga dapat meningkatkan respon daya tahan tubuh dan membunuh lebih banyak virus atau bakteri yang masuk. 

    Oleh karena itu, tak heran susu protein menjadi salah satu nutrisi yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin agar sistem imun tetap terjaga dan terhindar dari risiko berbagai penyakit. 

  4. Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

    Protein dan kalsium merupakan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi. Kedua nutrisi ini bisa Anda dapatkan dalam susu protein dan tinggi kalsium yang juga diperkaya oleh beragam nutrisi penting. 

    Manfaat susu protein dan tinggi kalsium ini sangat penting untuk menunjang tinggi badan anak lebih ideal. Sedangkan, bagi orang dewasa, susu protein dan tinggi kalsium dapat mencegah risiko osteoporosis (pengeroposan tulang). 

    Meski demikian, sebaiknya susu protein dan tinggi kalsium juga didukung oleh kandungan nutrisi lain, seperti vitamin D, vitamin K, kalium, magnesium, dan fosfor agar manfaatnya semakin maksimal. 

  5. Menjaga kesehatan jantung

    Susu protein dan tinggi kalsium tak hanya penting untuk kesehatan tulang, tetapi juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Manfaat ini bisa didapatkan berkat kandungan nutrisi di dalamnya, seperti protein, asam lemak, vitamin B, vitamin D, zat besi, zinc, kalsium, kalium, dan lain sebagainya. 

    Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan menjaga fungsi otot serta sistem saraf. Dengan begitu, susu protein cukup efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke di kemudian hari. 

    Baca Juga: Cara Agar Anak Mau Minum Susu dengan Mudah

  6. Membantu mengontrol berat badan

    Manfaat susu protein dan tinggi kalsium yang tak kalah penting yaitu dapat membantu mengontrol berat badan. Itulah sebabnya, banyak orang yang sedang dalam program diet memilih susu protein dan tinggi kalsium sebagai nutrisi pendukung untuk memberikan rasa kenyang lebih lama serta meningkatkan kesehatan tulang dan massa otot. 

    Manfaat susu protein ini akan lebih optimal jika Anda menjalani pola hidup sehat dan aktif secara tepat, salah satunya dengan melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga berat badan tetap ideal.

    Bagi Anda yang berniat untuk menurunkan berat badan, maka sebaiknya pilihlah susu rendah lemak karena hanya mengandung sedikit kalori. Salah satu susu rendah lemak (low fat) yang bisa jadi pilihan adalah susu Frisian Flag Purefarm Low Fat

    Selain rendah kalori, susu ini tetap mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani pola hidup sehat. Susu Frisian Flag Purefarm Low Fat hadir dalam 3 varian rasa yang lezat, yaitu rasa full cream, french vanilla, belgian chocolate, dan california strawberry. 

  7. Membentuk massa otot

    Manfaat susu protein dan tinggi kalsium yang selanjutnya yaitu dapat membangun massa otot. Seperti yang telah dijelaskan, protein merupakan nutrisi yang berperan penting untuk membentuk dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh, begitu pula massa otot. Namun, perlu diketahui juga bahwa manfaat ini akan lebih optimal jika Anda melakukan olahraga secara rutin yang berpengaruh terhadap massa otot. 

Semua manfaat di atas sebenarnya bisa Anda dapatkan dengan cara mengonsumsi susu siap minum dari Frisian Flag. Terdapat beberapa jenis susu cair siap minum Frisian Flag yang bisa Anda pilih, di antaranya susu UHT Frisian Flag Purefarm Full Cream, susu UHT Frisian Flag Purefarm Flavour Milk dengan rasa sweet delight, ketan hitam, cokelat, strawberry, dan coconut delight. 

Selain itu, ada pula susu rendah lemak Frisian Flag Low Fat yang tersedia dalam 4 rasa lezat, yaitu rasa full cream, cokelat, strawberry, dan french vanilla. Untuk anak-anak, Anda bisa memilih susu siap minum Frisian Flag Kids yang meliputi susu Frisian Flag Junio dan Milky. 

Banyaknya kandungan nutrisi di dalam susu siap minum Frisian Flag membuat susu ini menjadi pilihan yang tepat untuk menambah kebutuhan gizi harian keluarga. Yuk, lengkapi kebutuhan protein Anda dan keluarga dengan mengonsumsi susu siap minum Frisian Flag secara rutin dan seimbang. Info kandungan Frisian Flag bisa dicek di sini.

Artikel Terkait