Susu Tinggi Kalsium dan 8 Manfaat Pentingnya untuk Kesehatan

Banner
| 08 Des 2023

Susu Tinggi Kalsium dan 8 Manfaat Pentingnya untuk Kesehatan

Susu Tinggi Kalsium dan 8 Manfaat Pentingnya untuk Kesehatan

Susu tinggi kalsium sering kali jadi pilihan banyak orang untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kesehatan tulang hingga membantu menambah tinggi badan dalam masa pertumbuhan.

Seperti yang diketahui, terdapat beberapa jenis susu yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa, mulai dari susu full cream (whole milk), susu rendah lemak (low fat milk), dan susu skim (skim milk).

Pada dasarnya, manfaat kalsium untuk tubuh bisa dibantu secara optimal dari susu hewani. Artinya, susu yang berasal dari hewan, salah satunya adalah susu sapi merupakan susu tinggi kalsium yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa perbedaannya dengan susu dari nabati seperti susu soya?

Perlu diketahui bahwa susu soya sebenarnya bukanlah produk susu yang sama seperti susu sapi, tapi merupakan sari kedelai yang telah diekstrak dari kacang kedelai yang sudah direbus dan digiling hingga mengeluarkan cairan yang warnanya mirip seperti susu sapi.

Namun, manfaat sari kedelai tersebut tidak cukup optimal untuk meningkatkan kesehatan dan tumbuh kembang jika dibandingkan susu tinggi kalsium. Sebab, kandungan nutrisi dalam sari kedelai tidak selengkap nutrisi dalam susu protein dan kalsium yang berasal dari hewani. Lantas, apa saja manfaat susu tinggi kalsium bagi kesehatan? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Manfaat Susu Tinggi Kalsium Bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat susu pertumbuhan tulang dengan kandungan kalsium tinggi yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Sebagai sumber energi

Menurut penelitian, susu tinggi kalsium berperan sebagai sumber energi yang dapat mendukung aktivitas sehari-hari. Ini karena di dalamnya juga mengandung beragam nutrisi lain yang tak kalah penting, salah satunya adalah karbohidrat. 

Seperti yang diketahui, karbohidrat merupakan zat gizi makro yang berperan untuk menambah energi. Manfaat ini juga tak hanya berasal dari karbohidrat saja, tetapi juga kandungan protein di dalam susu tersebut.

Mengacu pada namanya, susu protein merupakan susu yang mengandung protein tinggi yang penting untuk membangun serta memelihara sel-sel dan jaringan tubuh. Susu protein juga berperan sebagai sumber energi guna mendukung tubuh agar tetap fit dan bugar, tentunya dengan diimbangi oleh pola hidup sehat dan aktif. 

Baca juga: Laktosa Adalah Nutrisi dalam Susu, Apa Efeknya Bagi Tubuh?

2. Mengoptimalkan tumbuh kembang anak

Susu protein yang diformulasikan khusus anak-anak juga berperan penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya, lho. Sebab, protein merupakan zat gizi makro yang memiliki peran khusus untuk membentuk dan menjaga jaringan tubuh. 

Itu artinya, susu protein bisa menjadi nutrisi tambahan bagi anak-anak karena di masa tumbuh kembang, jaringan tubuhnya sedang berkembang secara pesat. 

Jika anak mengonsumsi susu protein sesuai kebutuhan, maka akan mengurangi risiko gangguan pertumbuhan, seperti stunting. Dengan catatan, anak-anak juga harus mengonsumsi nutrisi penting lain secara seimbang agar tumbuh kembangnya lebih maksimal. 

Susu khusus anak-anak yang bisa jadi pilihan adalah susu cair siap minum Frisian Flag Milky. Susu ini hadir untuk mendukung kebutuhan gizi harian anak agar dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal. 

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Susu protein juga berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Protein berperan penting untuk menjaga dan mengganti sel-sel yang rusak, serta mengatur fungsi normal organ tubuh. 

Selain itu, protein juga berperan membentuk antibodi dalam sel darah putih sehingga dapat meningkatkan respon daya tahan tubuh dan membunuh lebih banyak virus atau bakteri yang masuk. 

Oleh karena itu, tak heran susu protein menjadi salah satu nutrisi yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin agar sistem imun tetap terjaga dan terhindar dari risiko berbagai penyakit. 

4. Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

Protein dan kalsium merupakan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi. Kedua nutrisi ini bisa Anda dapatkan dalam susu tinggi kalsium yang juga diperkaya oleh beragam nutrisi penting. 

Manfaat kalsium untuk tubuh ini sangat penting dalam menunjang tinggi badan anak lebih ideal. Sedangkan, bagi orang dewasa, kandungan susu kalsium dapat mencegah risiko osteoporosis (pengeroposan tulang). 

Meski demikian, sebaiknya susu tinggi kalsium juga didukung oleh kandungan nutrisi lain, seperti vitamin D, vitamin K, kalium, magnesium, dan fosfor agar manfaatnya semakin maksimal.

5. Menjaga kesehatan jantung

Susu tinggi kalsium tak hanya penting untuk kesehatan tulang, tetapi juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Manfaat ini bisa didapatkan berkat kandungan nutrisi di dalamnya, seperti protein, asam lemak, vitamin B, vitamin D, zat besi, zinc, kalsium, kalium, dan lain sebagainya. 

Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan menjaga fungsi otot serta sistem saraf. Hal ini dibuktikan lewat penelitian mengenai peran kalsium yang tinggi dan tekanan darah yang rendah, termasuk menjaga kinerja otot jantung.

Dengan begitu, susu protein cukup efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke di kemudian hari. 

Baca Juga: Cara Agar Anak Mau Minum Susu dengan Mudah

6. Membantu mengontrol berat badan

Manfaat susu tinggi kalsium yang tak kalah penting yaitu dapat membantu mengontrol berat badan. Itulah sebabnya, banyak orang yang sedang dalam program diet memilih susu tinggi kalsium sebagai nutrisi pendukung untuk memberikan rasa kenyang lebih lama serta meningkatkan kesehatan tulang dan massa otot. 

Manfaat susu protein ini akan lebih optimal jika Anda menjalani pola hidup sehat dan aktif secara tepat, salah satunya dengan melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Bagi Anda yang berniat untuk menurunkan berat badan, maka sebaiknya pilihlah susu rendah lemak karena hanya mengandung sedikit kalori. Salah satu susu rendah lemak (low fat) yang bisa jadi pilihan adalah susu Frisian Flag Low Fat

Selain rendah kalori, susu ini tetap mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani pola hidup sehat. Susu Frisian Flag Low Fat hadir dalam 3 varian rasa yang lezat, yaitu rasa french vanilla, belgian chocolate, dan california strawberry. 

7. Membentuk massa otot

Manfaat susu tinggi kalsium yang selanjutnya yaitu dapat membangun massa otot. Seperti yang telah dijelaskan, protein merupakan nutrisi yang berperan penting untuk membentuk dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh, begitu pula massa otot. 

Namun, perlu diketahui juga bahwa manfaat ini akan lebih optimal jika Anda melakukan olahraga secara rutin yang berpengaruh terhadap massa otot.

8. Seimbangkan kerja enzim dalam tubuh

Susu tinggi kalsium ternyata juga memiliki peran penting dalam menyeimbangkan enzim di dalam tubuh. Kalsium merupakan salah satu mineral yang penting untuk kerja enzim. Enzim adalah protein yang membantu proses metabolisme tubuh.

Kalsium membantu enzim untuk bekerja dengan cara mengaktifkannya. Enzim yang tidak aktif tidak dapat bekerja dengan baik. Kalsium juga membantu menjaga struktur enzim agar tetap stabil.

Sekarang Anda sudah tahu apa saja manfaat minum susu tinggi kalsium, bukan? Minum susu dengan kandungan kalsium yang tinggi saja tidak cukup, Anda perlu memastikan susu tersebut juga mengandung vitamin serta mineral lain yang dibutuhkan untuk tubuh. 

Rekomendasi Susu Tinggi Kalsium

Rekomendasi Susu Tinggi Kalsium - Frisian Flag

Agar kebutuhan kalsium sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan berdasarkan usia, pastikan Anda mengetahui apa saja rekomendasi susu tinggi kalsium berdasarkan kelompok usia seperti di bawah ini. 

  • Susu tinggi kalsium untuk dewasa

    Berikut ini sejumlah rekomendasi susu tinggi kalsium dengan sumber kalsium terbaik untuk dewasa yang bisa Anda konsumsi:

    • Susu UHT Frisian Flag Full Cream

      Susu UHT Frisian Flag Full Cream ini kaya dengan nutrisi. Mengandung nutrisi baik yaitu sumber 8 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B5, B6, dan B12), dan sumber 3 Mineral (Kalsium, Fosfor dan Iodium). Susu ini cocok diminum kapan saja terutama di pagi hari untuk bantu Anda memenuhi gizi harian setiap harinya. 

    • Susu UHT Frisian Flag Flavour Milk

      Susu UHT Frisian Flag Flavour Milk ini mengandung rangkaian zat gizi makro (zat gizi penting: protein, karbohidrat dan lemak) serta gizi mikro (multivitamin dan multimineral) dengan rasa yang enak dan lezat dan juga membantu Anda membentuk pola gaya hidup sehat. 

      Susu Siap Minum Frisian Flag Flavour Milk tersedia dalam berbagai varian rasa seperti rasa Coconut Delight, Strawberry, Swiss Chocolate, dan Sweet Delight.

    • Susu rendah lemak Frisian Flag Low Fat

      Susu Frisian Flag Low Fat hadir sebagai nutrisi tambahan bagi Anda yang sedang mengurangi asupan lemak dalam pola makan sehari-hari. Meski begitu susu ini tetap lengkap dengan kandungan gizi makro dan gizi mikro yang beragam. Susu ini juga punya varian rasa seperti French Vanilla, Belgian Chocolate, Californian Strawberry, dan Plain.

  • Susu tinggi kalsium untuk anak

    Berikut ini sejumlah rekomendasi susu tinggi kalsium untuk anak yang bisa si Kecil konsumsi:

    • Susu Frisian Flag Junio

      Susu UHT Frisian Flag Junio adalah susu yang diformulasikan khusus untuk anak dengan kandungan formula Nutribrain, yaitu omega 3&6 yang dibutuhkan untuk perkembangan otak si Kecil yang diperkaya dengan 9 Vitamin ( Vitamin A, D, B1&B2, B3, B6, B12) dan 6 Mineral (Kalsium, Fosfor, Magnesium, Iodium, Zink dan Selenium) membantu tumbuh kembang anak serta memenuhi asupan nutrisinya setiap hari. Susu ini punya tiga varian rasa, yaitu stroberi, cokelat, dan plain (bebas gula).

    • Susu kotak Frisian Flag Milky

      Susu kotak UHT Frisian Flag Milky diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan 7 Vitamin: Vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12 dan D3 serta Mineral: Kalsium dan Fosfor dan untuk mendukung aktivitas harian si Kecil dengan rasa yang enak. Susu ini punya dua varian rasa yaitu, cokelat dan stroberi.

Agar manfaatnya lebih terasa, pastikan Anda minum susu tinggi kalsium tersebut dengan rutin, ya. Pasalnya, kekurangan kalsium dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Baca Juga: Susu UHT Frisian Flag Milky Pilihan Tepat untuk Anak

Dampak Kekurangan Kalsium

Dampak Kekurangan Kalsium

Nah, berikut ini adalah beberapa dampak yang dapat Anda rasakan bila mengalami kekurangan kalsium. Pastikan kebutuhan kalsium harian Anda tercukupi untuk mencegah timbulnya berbagai masalah kesehatan berikut:

1. Kelelahan ekstrem

Kadar kalsium yang rendah dalam tubuh yang rendah membuat Anda merasa lesu, kelelahan ekstrem, hingga kekurangan energi sepanjang hari. Gejala seperti pusing, kurang fokus, hingga merasa kebingungan akan muncul seiring munculnya dampak kelelahan ekstrem.

2. Masalah kulit dan kuku

Kini, mulailah untuk memperhatikan kadar kalsium dalam tubuh untuk mencegah timbulnya beberapa masalah pada kulit dan kuku. Masalah tersebut adalah ciri-ciri kekurangan kalsium yang bisa dialami seseorang.

Kuku manusia memiliki bantalan yang terbuat dari timbunan kalsium. Kuku yang tidak sehat rawan patah, kering, bahkan rapuh. Selain itu, kekurangan kalsium juga menyebabkan kulit jadi kering hingga eksim. Maka, cukup kebutuhan kalsium harian Anda untuk menjaga kuku dan kulit Anda tetap sehat. 

3. Rentan alami sakit gigi

Dampak kekurangan kalsium juga bisa menyerang gigi Anda. Pasalnya, gigi dan tulang Anda melepaskan kalsium lewat sel kulit mati, keringat, maupun kotoran. Jika kalsium yang dilepaskan tubuh itu tak tergantikan karena asupan kalsium tidak cukup, dampaknya adalah kesehatan pada gigi Anda.

Hindari kemungkinan mengalami kekurangan kalsium, karena tubuh kita tak dapat memproduksi kalsium sendiri. Gigi keropos, akar gigi yang melemah, gigi berlubang, hingga iritasi gusi dapat terjadi. Bahkan menurut penelitian, kekurangan kalsium dapat membuat Anda berisiko kehilangan gigi.

4. Rentan terserang osteopenia

Dampak osteopenia dapat menyerang seseorang yang mengalami calcium deficiency atau kekurangan kalsium. Kondisi ini adalah fase awal terjadinya pengeroposan tulang sebelum memasuki tahap osteoporosis. 

Kondisi osteopenia ini belum bisa dianggap osteoporosis, meskipun kepadatan tulang seseorang yang terserang ini sedikit lebih rendah dari batas normal.

5. Sindrom PMS yang lebih parah

Kekurangan kadar kalsium bisa menyebabkan gejala sindrom PMS atau premenstruasi Anda terasa lebih buruk. Seseorang yang kekurangan kalsium juga mengalami kekurangan produksi serotonin serta metabolisme triptofan sebagai pengatur suasana hati.

Baca Juga: Temukan 5 Manfaat Minum Susu untuk Segala Usia

Banyaknya kandungan nutrisi di dalam susu siap minum Frisian Flag membuat susu ini menjadi pilihan yang tepat untuk menambah kebutuhan gizi harian keluarga. Yuk, lengkapi kebutuhan protein Anda dan keluarga dengan mengonsumsi susu siap minum Frisian Flag secara rutin dan seimbang. Info kandungan Frisian Flag bisa dicek di sini.

Jangan lupa manfaatkan Kalkulator Frisian Flag Massa Tubuh yang dapat membantu Anda dalam mengetahui angka IMT (Indeks Massa Tubuh). Setelah menghitung IMT, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian dan jumlah kalori setiap makanan Anda dengan menggunakan Kalkulator Gizi. Yuk, coba fiturnya sekarang!

Artikel Terkait