Kebiasaan Makan Sehat untuk Jantung Sehat

| 18 Mei 2018

Kebiasaan Makan Sehat untuk Jantung Sehat

Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh agar fungsi organ tubuh dan metabolisme berjalan sebagaimana mestinya. Tak heran, memelihara kesehatan jantung sangatlah penting untuk mencegah gangguan kesehatan jantung. Salah satu cara menjaga kesehatan jantung agar tetap sehat adalah menjalankan dengan gaya hidup dan kebiasaan yang sehat sejak dini, termasuk kebiasaan makan sehat. Apa saja kebiasaan makan sehat yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung? Simak langkah-langkahnya di bawah ini:


1.Mencari tahu komposisi atau kandungan gizi bahan makanan

Meski Anda mengetahui bahwa kolesterol, lemak, dan gula adalah faktor risiko bagi kesehatan jantung, Anda tetap membutuhkan ketiganya dalam jumlah tertentu untuk menjaga metabolisme tubuh. Selain kolesterol, lemak, dan gula, vitamin maupun mineral juga sebaiknya tidak Anda konsumsi dalam jumlah berlebih. Agar bisa mengonsumsinya dengan tepat, baca komposisi pada kemasan dan cari tahu informasi tentang kandungan bahan makanan serta berapa angka kecukupan gizi harian Anda dari sumber tepercaya atau berkonsultasilah dengan ahli gizi.


2.Mengolah makanan dengan benar

Selain memastikan bahan makanan dalam kondisi layak dikonsumsi, perhatikan juga cara pengolahannya. Misalnya, bahan makanan yang mengandung vitamin C akan efektif jika tidak dipanaskan dengan titik didih tinggi karena akan menguapkan kandungan vitamin C di dalamnya.


3.Perhatikan porsi makan

“Belum terlalu kenyang” ataupun “masih lapar” kerap jadi cara paling sederhana untuk mengukur porsi makan. Meskipun demikian, ada yang sudah kenyang meski porsi makan belum ideal, atau belum merasa kenyang meski porsi sudah berlebih. Secara umum, tiga kali makan besar sehari dan dua kali cemilan sehari bisa menjadi porsi makan ideal. Namun sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan berapa tepatnya porsi makanan yang Anda perlukan.


4.Mengatur jam makan

Tiap orang membutuhkan energi berbeda-beda berdasarkan aktivitas fisik dan psikologisnya. Mengatur jam makan sama artinya dengan mengelola energi yang dibutuhkan tubuh. Hindari makan dengan jarak yang terlalu rapat atau malah terlalu berjauhan karena akan memengaruhi metabolisme tubuh, termasuk kinerja jantung.


Pola makan adalah salah satu kunci untuk hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Jangan tunggu hingga usia Anda dan anak-anak Anda bertambah, mulailah menerapkan kebiasaan makan sehat hari ini sebagai salah satu cara menjaga kesehatan jantung termasuk dengan mengonsumsi bahan makanan bergizi lengkap dan seimbang, seperti susu. Konsumsi Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Low Fat yang mengandung rendah lemak dan dapat dikonsumsi sebagai bagian  dalam pola makan sehari-hari, termasuk untuk mereka yang sedang mengurangi asupan lemak dan ingin menjaga penampilan dan berat badan ideal. Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Low Fat diproduksi dengan susu segar dengan kandungan protein, karbohidrat dan lemak, sumber multivitamin serta sumber 3 mineral dalam varian rasa Low Fat French Vanilla, California Strawberry dan Belgian Chocolate. Jadikan Frisian Flag Purefarm Low Fat sebagai bagian dari gaya hidup sehat keluarga Anda sejak hari ini.


Jaga jantung dari kebiasaan dan makanan sehat, lengkapi juga dengan Frisian Flag Purefarm Low Fat. Info lengkap Frisian Flag Purefarm Low Fat bisa kamu temukan di sini.


Artikel Terkait