5 Alasan Baca Buku Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

| 11 Des 2018

5 Alasan Baca Buku Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur adalah saat di mana kita mengisi ulang daya atau energi tubuh. Memiliki kualitas tidur yang baik dan maksimal sangatlah penting demi terjaganya kesehatan tubuh dan pikiran. Namun, masih banyak orang yang belum dapat memiliki kualitas tidur yang baik. Padahal, kurangnya tidur dapat menjadi penyebab dari berbagai macam penyakit dan stres.

Banyak cara yang dianjurkan untuk dapat memperbaiki kualitas tidur, salah satunya adalah dengan membaca buku. Berikut ini alasan kenapa membaca buku sebelum tidur dapat memperbaiki kualitas tidur yang Anda dan keluarga punya:


1. Konsentrasi jadi maksimal

Dengan membaca buku sebelum tidur bisa membuat Anda jadi lebih berkonsentrasi. Otak Anda akan dituntut untuk memproses segala informasi yang Anda baca tanpa bantuan alat visual apapun, melainkan hanya dengan imajinasi yang ada.


2. Mengurangi stres

Kualitas tidur jadi terganggu jika Anda masih mengalami stress perihal hari yang dilalui. Berdasarkan penelitian dari University of Surrey (UK), dengan membaca stress akan berkurang hingga 68 persen. Jika stress Anda sudah berkurang, maka tidur akan jadi lebih rileks.


3. Membuat lebih kreatif

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa para eksekutif memilih membaca buku sebelum tidur dibandingkan waktu lain, karena dianggap dapat meningkatkan kreatifitas mereka. Dengan membaca buku sebelum tidur juga akan membuat semangat lebih bergelora.


4. Menumbuhkan sikap empati yang tinggi

Dari membaca buku, Anda akan belajar berbagai sudut pandang yang berbeda dari orang lain. Terutama buku fiksi, Anda akan belajar merasakan dan mengerti apa yang penulis ingin sampaikan. Sebuah kutipan datang dari Psikolog York University, Raymond Mar bahwa, “cerita narasi menawarkan kesempatan unik untuk mendukung kemampuan ini. Karena kita dapat mengidentifikasi keinginan dan frustasi dari suatu karakter, menebak motivasi tersembunyi mereka dan mengikuti pertemuan mereka dengan teman, musuh, tetangga, bahkan kekasih.”


5. Membuat tidur lebih nyenyak

Bagaimana bisa? Membaca buku akan membuat Anda seperti berada dalam dimesi lain, hal ini menjadikan Anda cepat merasa ngantuk. Ini juga alasan mengapa orangtua kerap membacakan dongen kepada anak mereka agar mereka lekas tidur dengan nyenyak. Lewat buku juga kita dapat menanggalkan masalah-masalah yang ada di dunia nyata sejenak, kemudian membiarkan diri tertidur dengan nyaman dan nyenyak.


Nah, itu dia 5 alasan kenapa membaca buku sebelum tidur bisa jadi cara yang berguna  untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. Selain membaca buku, meminum susu sebelum tidur juga dapat bantu merilekskan tubuh. Apalagi kalau Anda minum susu bubuk Frisian Flag Purefarm Full Cream.  Susu Bubuk Frisian Flag Purefarm Full Cream diproduksi menggunakan susu bubuk berkualitas  dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan tinggi Vitamin A, B2 dan D, serta tinggi kalsium dan lebih terasa full cream yang gurih dan lezat.


Lengkapi juga kegiatan baca buku Kamu dengan gizi terbaik dari Frisian Flag Purefarm Full Cream. Info lengkap Frisian Flag Purefarm Full Cream bisa Kamu temukan di sini.


Artikel Terkait