Ini Alasan Bodybuilders Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi!

| 13 Feb 2018

Ini Alasan Bodybuilders Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi!

Selain protein, bodybuilders atau atlet membutuhkan kalsium setidaknya 1000 miligram per harinya. Untuk memenuhinya mereka wajib mengonsumsi, makanan yang mengandung kalsium seperti susu. Apa saja manfaat-manfaat mengonsumsi  kalsium bagi bodybuilders atau atlet?

Membakar lemak

Studi dari University of Tennessee menyebutkan makanan yang mengandung kalsium berperan penting dalam pemrosesan dan penyimpanan lemak. Semakin banyak kalsium yang berada dalam sel lemak, semakin cepat pula lemak dalam tubuh terbakar. Jadi tak heran jika bodybuilders banyak mengonsumsi susu. Selain membakar lemak, susu juga bermanfaat mencegah obesitas.

Membentuk otot yang kuat

National Institutes of Health Office of Dietary Supplements dalam sebuah penelitiannya menyatakan kalsium membantu kontraksi otot dengan cara memengaruhi interaksi protein di dalam otot. Jika asupan kalsium dalam darah kurang dari normal, otot tidak bisa mengendur sesudah kontraksi. Akibatnya, otot kaku dan bisa menimbulkan kejang.

Tidak cepat lelah

Saat berolahraga terlalu keras, kadar kalsium dalam otot akan menurun dan mudah mengalami kelelahan sehingga nyeri otot akan semakin sering terjadi. Tubuh pun jadi lebih cepat lelah dan letih, wajah juga jadi lebih pucat. Untuk mencegah hal-hal tersebut, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium sebelum atau setelah berolahraga.

Meningkatkan kualitas tulang

Kurangnya kalsium dalam tubuh juga bisa menyebabkan tulang juga semakin melemah. Ini karena kepadatan tulang dipengaruhi oleh kadar kalsium dan mineral lainnya yang terdapat di dalam tulang. Semakin bertambah usia, maka kepadatan tulang akan semakin berkurang, tulang jadi semakin rapuh. Jika dibiarkan, kerapuhan tulang bisa berisiko menyebabkan patah tulang. Konsumsi makanan kaya kalsium seperti susu, keju, dan yogurt agar tulang tetap kuat dan sehat.

Mengontrol tekanan darah

Dalam sebuah riset berjudul Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) dari The National Institutes of Health Amerika Serikat menyatakan bahwa sumber-sumber makanan yang mengandung kalsium berhasil menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup dan teratur membuat Anda lebih berisiko terkena tekanan darah tinggi.

Cukupi kebutuhan kalsium harian dengan mengonsumsi Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Full Cream. Diproduksi dari susu segar, konsumsi 2 kotak Frisian Flag Purefarm Full Cream mendukung kurang lebih 25% asupan protein dan 60% asupan kalsium yang dibutuhkan tubuh dalam sehari (berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal).

Artikel Terkait