5 Trik Makan Tanpa Kalap Agar Tetap Sehat Setelah Lebaran

| 06 Mei 2019

5 Trik Makan Tanpa Kalap Agar Tetap Sehat Setelah Lebaran

Beragam menu Lebaran spesial, mulai dari ketupat lengkap dengan rendang, opor, dan sambal goreng hati, hingga kue-kue kering dan minuman yang menggugah selera memang sering membuat kita kalap dan makan berlebihan. Bagaimana agar kita bisa mengontrol konsumsi menu Lebaran spesial dan terhindar dari risiko-risiko kesehatan setelah Lebaran? Perhatikan 5 trik berikut ini.

Makan sebelum bersilaturahim

Untuk menghindari kalap makan atau ‘balas dendam’, sebaiknya Anda makan dulu sebelum berangkat silaturahim. Jangan sengaja mengosongkan perut karena perut kosong malah akan menyerap makanan lebih banyak.

Ubah urutan santap

Satu trik yang bisa Anda terapkan agar tidak kalap menyantap menu-menu hari raya adalah dengan mengonsumsi serat terlebih dahulu, misalnya sayur atau buah. Dengan perut yang terasa kenyang oleh makanan berserat, nafsu makan Anda untuk menikmati menu-menu lainnya bisa lebih terjaga.

Atur porsi dan proporsi

Menggunakan piring kecil bisa menjadi trik untuk membantu Anda mengontrol porsi makan. Selain itu, upayakan agar komposisi makanan Anda seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Siasat lain agar Anda tak kalap makan adalah dengan hanya sekali mengunjungi meja makan. Jangan lupa, perbanyak minum air putih, kurangi konsumsi minuman manis dan bersoda.

Tetap olahraga ringan

Olahraga cukup bisa meminimalisir dampak negatif dari menyantap menu masakan Lebaran yang istimewa. Sisihkan waktu 40-60 menit untuk aerobik atau olahraga lainnya yang bisa membakar lemak tubuh, seperti jogging atau bersepeda.

Tetapkan pola pikir

Anda ingin kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah tetap normal setelah Lebaran? Atau sekadar ingin tetap bisa mengenakan celana jins favorit setelah Lebaran? Niat dan pola pikir yang kuat jawabannya. Jangan tinggalkan kemampuan untuk mengendalikan nafsu makan yang sudah Anda jalankan selama bulan Ramadhan.

Yang penting untuk diingat, pola makan sehat bukan hanya harus diperhatikan pada saat bulan puasa atau momen Lebaran. Selalu konsumsi makanan dan minuman bergizi lengkap serta seimbang untuk menjaga kesehatan, salah satunya dengan minum susu.

Susu Siap Minum Frisian Flag hadir dalam varian Frisian Flag Purefarm dalam kemasan kotak yang praktis dan higienis untuk anggota keluarga. Frisian Flag Purefarm diproduksi dengan susu segar pilihan dengan kandungan protein, karbohidrat dan lemak, serta multivitamin dan multimineral dengan rasa yang lezat. Tersedia dalam varian rasa Frisian Flag Purefarm Full Cream, Frisian Flag Purefarm Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry) dan Frisian Flag Purefarm Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).

Artikel Terkait