Ini Buktinya Olahraga Membuat Awet Muda!

| 07 Nov 2017

Ini Buktinya Olahraga Membuat Awet Muda!

Pernah mengalami kesemutan atau gatal-gatal di bagian dalam kulit usai berjalan kaki dengan jarak cukup jauh? Itu tandanya Anda kurang gerak. Kesemutan atau gatal-gatal tersebut adalah reaksi urat dan peredaran darah yang kurang aktif.

Bekerja kantoran menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan serta banyak menggunakan otak dan minim gerakan fisik sehingga berpeluang menurunkan kekuatan tubuh. Olahraga rutin diperlukan karena bermanfaat menghasilkan kekuatan otot, perlindungan organ dalam, dan kebugaran tubuh.

Selain itu, menurut Frank Frisch, PhD, direktur kinesiologi dari Chapman University, California, olahraga dapat membuat orang terlihat awet muda. “Tentu saja umur tidak dapat diubah, tapi olahraga nyatanya dapat meningkatkan kesehatan hingga titik dimana orang yang melakukannya terlihat lebih muda,” ujarnya.

Manfaat olahraga seperti yang Frisch sebutkan dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Meningkatkan semangat dan energi

Olahraga adalah cara alamiah untuk meningkatkan kerja tubuh. Jika rutin dilakukan, olahraga membantu produksi energi lebih banyak dari sebelumnya dan membuat Anda tidak mudah lelah.

  • Meningkatkan gairah seks

"Berkeringat dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk di bawah sabuk, dan lonjakan darah ekstra membuat Anda merasa lebih responsif dan bergairah," kata Mary Jane Minkin, MD, profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Yale School of Medicine. Secara psikologis, olahraga juga membuat seseorang jauh lebih percaya diri dengan penampilannya sehingga membuatnya tampak makin menarik.

  •  Memperlambat penuaan

Penelitian oleh McMaster University di Ontario menemukan bahwa orang yang berolahraga rutin sejak muda bisa mempertahankan kekenyalan dan elastisitas kulit lebih lama. Alasannya, olahraga memicu produksi zat tubuh yang membantu memperlambatan penuaan kulit.

  •  Mempertahankan dan meningkatkan fleksibilitas

Proses penuaan umumnya memengaruhi fleksibilitas otot, kulit, dan tulang. Sementara perubahan postur bisa terjadi oleh karena perubahan bentuk tulang dan otot. Olahraga bisa mencegah hal tersebut. "Hal ini dapat diatasi dengan latihan kekuatan yang dapat membentuk otot dan kesehatan tulang, terutama di inti dan sepanjang tulang," kata Amie Hoff, pendiri Hoff Fitness di New York.

  • Meningkatkan mood

 Stimulan penting agar olahraga dapat dinikmati. Ketika berolahraga, hormon endorfin bekerja aktif. Olahraga juga memicu neurotransmitter seperti dopamine sehingga timbul perasaan bersemangat dan terus berenergi.

Artikel Terkait