Cara Menjaga Kebugaran Tanpa Latihan Fisik Berat

| 07 Okt 2017

Cara Menjaga Kebugaran Tanpa Latihan Fisik Berat

Untuk Anda yang sedang menjalani pengobatan, dalam pemulihan pasca sakit, atau memiliki keterbatasan fisik, anjuran berolahraga mungkin sulit dilakukan. Meski begitu, ada beberapa cara menjaga kebugaran jasmani tanpa harus melakukan latihan fisik berat yang bisa Anda praktikkan. Di bawah ini berbagai aktivitas sehari-hari yang tanpa Anda sadari membuat tubuh tetap bugar.

  • Membiasakan jalan kaki

Berjalan kaki adalah aktivitas sederhana, tidak memerlukan keahlian khusus, bisa dilakukan kapan saja, dan memiliki banyak manfaat luar biasa. Penelitian terbaru tahun ini dari New Mexico Highland University di Las Vegas mengungkapkan bahwa berjalan kaki memperlancar aliran darah ke otak dan berdampak positif terhadap kesehatan jantung. Berjalan kaki juga memiliki dampak positif terhadap kesehatan jiwa. Dalam riset yang dilakukan oleh Stanford University, terungkap bahwa berjalan kaki dapat meningkatkan cara berpikir kreatif seseorang.

  • Tidur yang cukup

Tidur memegang peranan penting bagi kebugaran dan kesehatan tubuh. Tidur merupakan kebutuhan alamiah yang berfungsi sebagai alarm tubuh. Jika durasi tidur tidak tercukupi, Anda akan mudah lelah, mengantuk, dan kurang konsentrasi. Oleh karena itu, Anda disarankan tidur dengan jadwal teratur, selama 6-8 jam sehari. Untuk tubuh bugar, sebaiknya Anda menuruti ritme sirkardian atau jam biologis Anda, seimbang antara jam kerja, aktivitas lainnya, dan beristirahat.

  • Memilih tangga dibanding lift atau eskalator

Cara menjaga kebugaran jasmani yang bisa dilakukan sehari-hari di lingkungan kerja atau tempat beraktivitas Anda lainnya adalah dengan memilih menggunkan tangga dibanding lift atau eskalator. Gerakan naik atau turun tangga mampu membuat otot dan tulang kaki lebih kuat sehingga mengurangi risiko terkena osteoporosis. Penelitian University of Basel di Swiss menemukan efek positif lainnya pada seseorang yang konsisten menggunakan tangga setiap hari, yakni melatih detak jantung, keseimbangan, mengurangi risiko jatuh, dan berkontribusi pada kebugaran secara keseluruhan.

Hal yang tak kalah penting untuk bisa mengoptimalkan langkah-langkah di atas adalah dengan konsistensi dan serta terus menjaga motivasi untuk mau melakukannya setiap hari. Imbangi aktivitas fisik dengan mengonsumsi makanan sehat sebagai cara menjaga kebugaran jasmani setiap hari. Lengkapi dengan Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Low Fat, susu rendah lemak dari susu segar dengan kandungan protein, karbohidrat dan lemak, vitamin, serta mineral. Tersedia dalam varian rasa Low Fat French Vanilla, California Strawberry dan Belgian Chocolate.

Artikel Terkait