BERANDA

SUSTAINABILITY

Sehat Sejahtera Selaras

MILKPEDIA

Nutrisi & Kesehatan Manfaat Minum Susu Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu FAQ

RESEP KAMI

Resep dengan Susu Cair Resep dengan Kental Manis Resep dengan Susu Bubuk

AKTIVITAS KAMI

Menangkan Puasamu dengan Frisian Flag Cokelatnya Bikin Semua Nikmat Dunia Zuzhu Games Zuzhu & Zazha Kebaikan Susu 100 Tahun Frisian Flag Professional

PRODUK KAMI

Susu Kental Manis Susu Siap Minum Susu Bubuk Keluarga Susu Ibu dan Balita

PERUSAHAAN KAMI

Tentang Kami Galeri Photo Berita Siaran Pers Business Principles Safety Policy Tujuan Kami

KARIR

Overview Pusat Karir Event Artikel

FITUR KAMI

Massa Tubuh Gizi Harian

9 Manfaat Susu Bubuk Bagi Kesehatan Anda dan Keluarga

Hidangan Semakin Nikmat dengan Susu Kental Manis Frisian Flag Susu Cair Siap Minum 9 Manfaat Susu Bubuk Bagi Kesehatan Anda dan Keluarga Jawaban Nutrisi untuk Ibu dan Balita, Susu Ibu dan Balita dari Frisian Flag! Susu Bendera Friso

9 Manfaat Susu Bubuk Bagi Kesehatan Anda dan Keluarga

Susu bubuk maupun susu cair merupakan asupan penting untuk melengkapi nutrisi harian. Kebutuhan nutrisi harian perlu Anda perhatikan agar tetap sehat dan sistem imun meningkat. Asupan gizi harian tidak hanya didapatkan dari makanan saja, tetapi juga susu yang dikonsumsi setiap hari.

Pasalnya, susu mengandung protein, lemak, dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, tidak jarang orang membeli susu hanya berfokus pada harga murah tanpa memperhatikan kandungan nutrisi di dalamnya.

Dalam memilih susu bubuk anak atau orang dewasa, Anda harus mengetahui kualitasnya agar bisa mendapatkan manfaat terbaik bagi kesehatan tubuh. Saat ini banyak jenis susu yang bisa Anda pilih, seperti susu sapi, susu gandum, susu almond, dan lainnya. Teksturnya pun terbagi menjadi dua, ada susu bubuk dan susu cair. 

Keunggulan Susu Bubuk

Secara umum, susu bubuk merupakan salah satu jenis susu yang cukup populer dan sering dikonsumsi di Indonesia. Salah satu alasan popularitas susu bubuk anak atau untuk orang dewasa tersebut hadir karena keunggulan yang ditawarkan, memberi kemudahan bagi siapa saja yang menyimpan dan mengonsumsinya di dalam rumah. 

Susu bubuk full cream atau whole milk, susu skim, dan susu formula untuk bayi adalah tiga jenis susu bubuk yang banyak diproduksi oleh produsen susu. Bagi yang penasaran dengan keunggulannya, berikut adalah kelebihan yang ada di dalam susu bubuk:

  1. Lebih tahan lama

    Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh susu bubuk yang membuat olahan susu ini kerap kali diminati adalah daya tahan atau masa kedaluwarsa yang lebih lama jika dibandingkan dengan susu cair, susu UHT, serta susu pasteurisasi. Daya tahan susu bubuk dengan metode penyimpanan yang rapi dan apik akan mampu mencapai hingga 2 tahun lamanya.

    Daya tahan tersebut tentu berbanding terbalik dengan susu cair yang hanya mampu bertahan 6 hingga 10 bulan dalam keadaan tersegel. Ketika dibuka, susu cair juga harus selalu disimpan di dalam lemari es dan dianjurkan untuk segera diminum dalam rentang waktu 10 hari. Dengan susu bubuk, tentu Anda akan lebih lama bisa menikmati manfaatnya setiap saat hingga persediaannya habis. 

  2. Mudah disimpan

    Jika susu cair harus selalu disimpan di dalam lemari es saat segelnya terbuka, untuk susu bubuk Anda bisa menyimpannya di mana saja, tanpa harus memikirkan temperatur suhu dari ruangan penyimpanan susu bubuk. Anda bisa memindahkan susu bubuk dari kemasannya ke wadah kedap udara. Dengan metode tersebut Anda akan lebih mudah menata ruang penyimpanan Anda lebih rapi dan tidak memakan ruang secara berlebih. Sedangkan untuk susu cair, tentu Anda perlu merelakan beberapa ruang untuk menyimpannya di dalam lemari es.

  3. Dapat dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa

    Sama dengan jenis susu lainnya, susu bubuk juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh dan kesehatan. Oleh karena itu, susu bubuk merupakan salah satu jenis olahan susu yang baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja. 

    Jenis susu bubuk yang bisa dikonsumsi oleh semua kalangan usia yaitu susu bubuk full cream atau whole milk dan susu skim. Kedua jenis susu tersebut baik untuk mengoptimalisasi tumbuh kembang anak-anak maupun jadi pelengkap nutrisi bagi orang dewasa

    Namun, perlu diperhatikan bahwa susu bubuk full cream atau whole milk dan susu skim tidak boleh dikonsumsi oleh bayi berusia 0 hingga 12 bulan. Apabila terpaksa memberikan susu bubuk kepada bayi, maka sebaiknya Anda memilih susu formula yang sesuai dengan usia bayi.

  4. Memiliki rasa yang beragam

    Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh susu bubuk adalah hadirnya varian rasa yang beragam. Susu bubuk biasanya memiliki varian rasa mulai dari vanilla, coklat, madu, hingga stroberi. Varian rasa yang beragam ini bisa jadi salah satu aspek menarik demi meningkatkan keinginan anak agar rutin minum susu setiap hari.

    Bagi Anda yang lebih memilih susu bubuk, Frisian Flag Indonesia kini meluncurkan produk Frisian Flag KOMPLETA, susu bubuk keluarga yang mengandung nutrisi tinggi untuk pertumbuhan. Produk ini diproduksi menggunakan susu berkualitas dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat, dan lemak) serta tinggi kalsium, tinggi zat besi, sumber protein, 10 vitamin dan 4 mineral yang mudah dilarutkan karena dalam bentuk instan.

    Peluncuran susu bubuk Frisian Flag KOMPLETA merupakan komitmen Frisian Flag Indonesia dalam upaya berkontribusi positif bagi keluarga Indonesia dalam menciptakan sumber daya manusia unggul dimulai dari membangun keluarga Indonesia yang sehat dan kuat. 

Manfaat Susu Bubuk Bagi Tubuh

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk hidup sehat, di antaranya dengan memenuhi asupan gizi harian dan olahraga secara teratur. Salah satu cara untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi adalah dengan rutin minum susu bubuk untuk dewasa. Selain lezat dan mengenyangkan, susu bubuk untuk dewasa pada umumnya juga mengandung berbagai zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat susu bubuk bagi tubuh? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

    Tulang sehat, kuat, badan yang tinggi, siapa yang tidak menginginkannya? Minumlah susu secara teratur agar vitamin D yang ada bisa membantu menyerap kalsium untuk tubuh Anda. Jangan sampai kekurangan vitamin D karena bisa berisiko osteoporosis pada anak maupun orang dewasa.

  2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

    Kandungan vitamin A dan vitamin B12 dalam susu tidak hanya menjaga kesehatan mata, tetapi juga berperan terhadap fungsi kekebalan tubuh dan otak. Vitamin B12 berfungsi untuk mendukung tumbuh kembang, sehingga dapat meningkatkan kognisi pada anak-anak. Vitamin A dan vitamin B12 juga bertugas mencegah zat berbahaya yang menyebabkan penyakit pada tubuh.

  3. Baik Untuk Kesehatan Jantung

    Selain membantu pembentukan otot dalam tubuh, susu juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Ini karena susu mengandung asam lemak omega 3 yang berguna untuk menjaga fungsi jantung. Meskipun kaya akan manfaat, Anda harus memastikan konsumsi susu sesuai dengan batas normal.

  4. Menguatkan Gigi

    Kalsium dan protein yang terkandung dalam susu, seperti kasein sangat dibutuhkan untuk perkembangan kesehatan gigi anak. Tidak hanya membantu dalam membentuk lapisan tipis, permukaan gigi juga membuat gigi anak akan kokoh dalam jangka panjang.

    Selain itu, kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi pada susu dapat membantu mengembalikan mineral yang hilang dari gigi setelah mengonsumsi makanan lain. Ditambah lagi, susu dapat mengembalikan lapisan terluar gigi (enamel gigi) sehingga gigi semakin kokoh dan terlindung dari kerusakan. 

  5. Menjaga Kesehatan Mata

    Susu cair maupun susu terkenal mengandung Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mencukupi kebutuhan vitamin A setiap harinya dapat meningkatkan kualitas penglihatan dan menurunkan risiko sejumlah penyakit mata, seperti degenerasi makula.

  6. Meningkatkan fungsi otak

    Kandungan zat besi dalam susu berperan penting terhadap kesehatan dan fungsi otak. Pasalnya, mineral satu ini diperlukan tubuh untuk pembentukan hemoglobin yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak. Dengan mencukupi kebutuhan oksigen, maka fungsi otak akan terdukung. Manfaat ini akan sangat penting bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. 

    Selain itu, zat besi juga berperan dalam mencegah anemia. Oleh karenanya, baik anak-anak maupun orang dewasa sangat dianjurkan untuk mencukupi asupan zat besi sesuai batas normal. 

  7. Mengontrol berat badan

    Poin terakhir ini sangat mendukung dan menjaga massa otot tubuh ketika Anda dan keluarga rutin mengonsumsi susu. Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Achmad Syafiq mengatakan bahwa, “Tidak ada bukti ilmiah, susu menyebabkan gangguan penyakit seperti obesitas dan diabetes.” Yang harus selalu diperhatikan adalah takaran atau seberapa banyak Anda mengonsumsi yang tentunya harus diseimbangkan dengan aktivitas fisik seperti olahraga agar tidak terjadi penumpukan lemak. Jadi, mengonsumsi susu yang bergizi akan membuat badan lebih sehat dan kuat.

  8. Membantu proses pemulihan tubuh dan otot

    Manfaat susu lainnya yang baik untuk Anda adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh penting untuk dijaga agar segala kandungan dan asupan yang datang dari makanan bisa dikonversikan menjadi energi secara optimal. Selain itu, manfaat susu lainnya adalah membantu proses pemulihan tubuh setelah sakit. Kandungan protein di dalam susu membantu pembentukan sel atau jaringan yang terdampak ketika Anda sakit. Dengan meminum susu secara rutin setiap hari, Anda akan mendapatkan proses pemulihan lebih cepat dan bisa kembali untuk beraktivitas seperti biasanya.

    Susu juga menawarkan manfaat penting bagi Anda yang gemar berolahraga. Kandungan protein yang ada di dalam susu juga dapat membantu Anda dalam membangun kembali otot sehabis berolahraga. Dengan pemulihan otot yang optimal ini juga akan membuat Anda jarang merasa lelah. manfaat susu ini bisa Anda rasakan jika mengonsumsinya setelah melakukan sesi olahraga. Selain berperan sebagai penambah cairan sehabis olahraga, manfaat susu sehabis olahraga juga akan membantu dalam mencegah rasa sakit pada perut Anda. Dianjurkan untuk Anda meminum susu 20 menit setelah sesi olahraga berakhir.

  9. Membuat tidur lebih nyenyak

    Memiliki waktu istirahat yang cukup dan berkualitas merupakan salah satu hal penting dalam menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan pola tidur Anda secara teliti. Dalam membantu Anda memiliki istirahat yang berkualitas, susu bisa membantu Anda dalam mencapai hal tersebut. manfaat susu lainnya adalah dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak.

    Manfaat susu ini hadir berkat asam amino triptofan yang membantu memproduksi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut berperan sebagai pembangun mood positif serta dapat mencegah depresi. Mood positif yang dibangun sebelum tidur, akan berdampak pada kualitas tidur Anda yang lebih baik dan nyenyak agar bangun tidur lebih segar. Dianjurkan untuk Anda minum susu sekitar 20-30 menit sebelum tidur untuk memberi efek optimal terhadap kualitas tidur Anda.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Produk Susu

Saat memilih di antara macam-macam susu bubuk, Anda perlu memperhatikan kandungan gizi yang ada di dalamnya. Di antara macam-macam susu bubuk yang ada di pasaran, pilihlah produk yang berstandar tinggi dengan kualitas terbaik untuk kesehatan tubuh Anda dan keluarga, salah satunya dengan memilih susu bubuk Frisian Flag KOMPLETA.

Produk Frisian Flag KOMPLETA ini diformulasikan oleh Frisian Flag Indonesia, didukung oleh Frieslandcampina Netherlands Dairy Expertise dan PERGIZI PANGAN Indonesia yang memahami permasalahan gizi yang ada dalam keluarga Indonesia sebagai tambahan asupan gizi harian keluarga terutama bagi anak usia sekolah, remaja dan dewasa.

Susu bubuk Frisian Flag KOMPLETA mengandung nutrisi yang tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika biasanya susu bubuk lebih banyak diberikan kepada anak-anak, Frisian Flag KOMPLETA ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak (kecuali bayi 0-12 bulan) hingga orang dewasa, sehingga susu bubuk ini sangat cocok untuk memenuhi asupan nutrisi keluarga. Jadikan Frisian Flag KOMPLETA menjadi bagian dari pola hidup sehat keluarga Anda.

Frisian Flag Kompleta Rasa Vanila, Susu Bubuk Keluarga

Frisian Flag Kompleta Coklat, Susu Bubuk Favorit Anak

Frisian Flag Purefarm Full Cream, Susu Bubuk Berkualitas

Nutrisi dan Kesehatan

Milkpedia | 08 Mar 2024

10 Manfaat Omega 3 dan Efek Sampingnya Bila Berlebihan

Omega 3 adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh karena kaya manfaat. Simak beberapa sumber makanannya dan efek sampingnya bila dikonsumsi berlebihan.

Lebih Lanjut
Milkpedia | 08 Mar 2024

8 Masalah Kesehatan Akibat Kekurangan Vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan masalah kesehatan yang cukup mengganggu. Simak beberapa akibatnya hingga cara-cara mengatasinya.

Lebih Lanjut
Milkpedia | 08 Mar 2024

Manfaat Aktivitas Fisik untuk Tingkatkan Kualitas Hidup

Manfaat aktivitas fisik meliputi memperkuat tulang, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur. Simak sejumlah manfaat lain dan contohnya.

Lebih Lanjut