BERANDA

SUSTAINABILITY

Sehat Sejahtera Selaras

MILKPEDIA

Nutrisi & Kesehatan Manfaat Minum Susu Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu FAQ

RESEP KAMI

Resep dengan Susu Cair Resep dengan Kental Manis Resep dengan Susu Bubuk

AKTIVITAS KAMI

Menangkan Puasamu dengan Frisian Flag Cokelatnya Bikin Semua Nikmat Dunia Zuzhu Games Zuzhu & Zazha Kebaikan Susu 100 Tahun Frisian Flag Professional

PRODUK KAMI

Susu Kental Manis Susu Siap Minum Susu Bubuk Keluarga Susu Ibu dan Balita

PERUSAHAAN KAMI

Tentang Kami Galeri Photo Berita Siaran Pers Business Principles Safety Policy Tujuan Kami

KARIR

Overview Pusat Karir Event Artikel

FITUR KAMI

Massa Tubuh Gizi Harian

Nutrisi & Kesehatan
03 Des 2018

Kenali 3 Manfaat Makanan Manis Bagi Tubuh

Ketika berbicara mengenai makanan manis, banyak orang yang berpikir makanan manis adalah sumber dari penyakit. Salah satu penyakit yang berhubungan dengan hal-hal makanan manis adalah diabetes. 

Akan tetapi, faktanya, hal tersebut tidak seratus persen benar. Makanan manis justru dibutuhkan untuk tubuh Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Makanan manis mengandung gula atau glukosa yang merupakan bahan bakar otak, sehingga ketika Anda mengonsumsi makanan manis akan meningkatkan daya ingat otak, melancarkan proses berpikir, dan Anda lebih bisa berkonsentrasi. 

Sebuah studi mengatakan bahwa gula merupakan sumber terbaik dan terbesar untuk kesehatan otak Anda. Selain itu dengan mengonsumsi makanan manis juga dapat mengembalikan mood Anda menjadi lebih baik. Tidak hanya itu dengan mengonsumsi makanan manis anda akan mendapatkan banyak manfaat lainnya. Simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: RESEP DESSERT BOX

Manfaat Mengonsumsi Makanan Manis

Makanan manis meningkatkan kontrol berat badan

Banyak diantara orang dewasa yang memutuskan untuk berhenti makan makanan manis seperti cookies, kue, dan lainnya. Mereka melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Namun, sebuah studi juga telah melakukan sebuah riset yang menunjukkan bahwa orang yang melakukan program diet namun tetap konsumsi makanan manis lebih mudah untuk menurunkan berat badan ketimbang orang yang tidak makan makanan manis. 

Hal tersebut dikarenakan tubuh akan merespons sejumlah kecil makanan manis yang memuaskan hasrat dengan memuaskan selera seseorang. Memutuskan untuk tidak makan makanan dan minuman manis sama sekali karena ingin menurunkan berat badan, beresiko membuat seseorang akan makan secara berlebih karena hasrat mereka menginginkan makan makanan tersebut. Hal tersebut tidak baik bagi kesehatan tubuh maupun mood Anda nantinya.

Makanan manis dapat menyembuhkan efek negatif dari diet

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa efek dari diet merujuk dari National Eating Disorders Association, dapat meningkatkan rasa lesu, mental yang kurang stabil, dan gangguan lainnya. 

Hal tersebut hanyalah alasan beberapa orang agar mereka dapat makan makanan manis lagi. Maka dari itu Anda disarankan untuk tetap makan makanan dan minuman manis atau makanan penutup kesukaan anda agar terhindar dari gangguan lain yang tidak diinginkan.

Asupan gula yang baik dan aman dalam satu hari

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari tubuh membutuhkan asupan gula agar tetap sehat. Namun, konsumsi makanan manis pun sebenarnya tidak boleh berlebihan dan tidak boleh sampai kekurangan juga. Dengan mengonsumsi makanan manis secara berlebih tentunya akan mengganggu kinerja kerja organ-organ dalam tubuh. Bahkan dengan mengonsumsi gula berlebih bisa memicu beberapa masalah kesehatan yang cukup serius seperti, obesitas, penyakit jantung, fungsi hati, hingga gangguan metabolik.

Dalam Permenkes No. 30 Tahun 2013 telah dijelaskan informasi mengenai kandungan gula, garam, dan lemak dalam olahan makanan. Menurut peraturan tersebut, Anda disarankan untuk membatasi asupan gula tambahan maksimal sebanyak 50 gram. Jumlah tersebut setara dengan 5-9 sendok teh gula setiap harinya. Dengan mengonsumsi gula sesuai batas normal, maka akan mencegah munculnya masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, obesitas, dan lain sebagainya. 

Maka dari itu untuk tetap menjaga keseimbangan kebutuhan kadar gula darah dalam tubuh Anda, sebaiknya untuk mendapatkan kandungan tersebut secara natural dengan mengonsumsi buah atau jus.

Dampak buruk tidak konsumsi gula sama sekali

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa tubuh manusia membutuhkan energi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Energi sendiri dihasilkan oleh glukosa, sedangkan kandungan glukosa yang baik banyak ditemukan dalam karbohidrat dan makanan manis lainnya.

Maka dari itu, dengan tidak mengonsumsi karbohidrat, Anda akan kekurangan glukosa yang merupakan sumber utama dari energi. Anda akan kekurangan energi yang nantinya Anda akan merasa mudah lelah dan tubuh Anda menjadi lunglai.

Ketika kebutuhan akan karbohidrat tidak terpenuhi secara baik, makan akan mempengaruhi kadar glukosa dalam darah berada di bawah rentang normal. Hal ini akan berpengaruh dalam kerja otak yang mengakibatkan kinerja organ-organ lainnya.

Selain mengonsumsi makanan yang manis, untuk menjaga kesehatan tubuh, Anda juga bisa mengonsumsi minuman manis seperti susu murni yang ditambahkan gula atau makanan dan minuman yang ditambahkan susu kental manis manis. Susu kental manis sendiri memiliki kandungan lemak dan gula yang cukup tinggi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan energi Anda. Walaupun demikian, kandungan susu kental manis sendiri telah diatur dalam Standar Nasional Indonesia No.2971 Tahun 2011 bahwa:

Jadi Anda tidak perlu takut dengan rumor jika mengonsumsi susu kental manis dapat membuat berat badan Anda bertambah secara cepat asalkan dikonsumsi sesuai anjuran dan diimbangi dengan aktivitas fisik yang sesuai.

Bagi Anda yang sulit untuk makan makanan manis, hal ini tentunya menjadi salah satu solusi yang menguntungkan. Anda bisa membeli di supermarket terdekat dengan varian yang berbeda dan harga yang ekonomis. Untuk mengonsumsi minuman manis Anda juga bisa menggantinya dengan minuman protein atau milkshake. Namun, untuk kebutuhan gula natural akan lebih baik jika Anda mengonsumsi jus buah.

Untuk menjaga keseimbangan akan kebutuhan gula pada tubuh, Anda juga dapat mengonsumsi susu kental manis dari Frisian Flag yang dimana kandungan vitaminnya membantu menutrisi tubuh untuk menjaga aktivitas sehari-hari. Selain itu dengan mengonsumsi susu juga dapat membantu untuk menambah tenaga dan cairan di tubuh anda. Manfaat lain dari susu kental manis juga adalah:

Resep makanan manis yang lezat untuk dicoba di rumah

Bagi Anda yang masih belum bisa melepaskan makanan manis dalam pola makan sebelumnya, Anda bisa mencari alternatif makanan manis dengan bahan yang memiliki kandungan gizi. Makanan manis yang sehat ini bisa jadi penyeimbang asupan di dalam tubuh agar tidak berlebihan dan menyebabkan risiko penyakit yang tidak diinginkan. Jika Anda penasaran, berikut adalah beberapa resep rekomendasi makanan manis sehat yang mudah diolah di rumah.

Mudah bukan mengolah dorayaki di rumah sebagai makanan manis yang lezat. Salah satu keuntungan mengolah makanan manis di rumah adalah Anda dapat memilih bahan sesuai selera dan menjaga kualitas makanan tetap baik dan sehat untuk dikonsumsi. Selain itu, Anda juga bisa berbagi kebahagian dengan seluruh anggota rumah dengan menghidangkan dan menyantap salah satu jenis makanan manis sehat ini bersama-sama.

Mengonsumsi makanan atau minuman manis dapat menjadi solusi bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan gula harian. Salah satu caranya adalah menambahkan susu kental manis kedalam makanan atau minuman Anda.

Susu kental manis Frisian Flag bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda dan keluarga untuk mendukung asupan gizi harian. Pastikan dikonsumsi sesuai dengan anjuran pada label dan diimbangi dengan aktivitas fisik yang sesuai.  Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa klik link ini.

Share This Entrys

Artikel Terkait
Milkpedia

Waspadai Hal-hal yang Mengancam Kesehatan Anak di Usia Dini!

Milkpedia

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari yang Baik untuk Kesehatan

Milkpedia

Apa Saja Manfaat Yodium yang Terkandung dalam Segelas Susu?