BERANDA

SUSTAINABILITY

Sehat Sejahtera Selaras

MILKPEDIA

Nutrisi & Kesehatan Manfaat Minum Susu Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu FAQ

RESEP KAMI

Resep dengan Susu Cair Resep dengan Kental Manis Resep dengan Susu Bubuk

AKTIVITAS KAMI

Menangkan Puasamu dengan Frisian Flag Cokelatnya Bikin Semua Nikmat Dunia Zuzhu Games Zuzhu & Zazha Kebaikan Susu 100 Tahun Frisian Flag Professional

PRODUK KAMI

Susu Kental Manis Susu Siap Minum Susu Bubuk Keluarga Susu Ibu dan Balita

PERUSAHAAN KAMI

Tentang Kami Galeri Photo Berita Siaran Pers Business Principles Safety Policy Tujuan Kami

KARIR

Overview Pusat Karir Event Artikel

FITUR KAMI

Massa Tubuh Gizi Harian

Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu
26 Okt 2021

5 Jajanan Tradisional Bercita Rasa Lezat yang Praktis Dibuat

Jajanan tradisional sering menjadi camilan pelengkap dalam berbagai acara, mulai dari kumpul santai bersama keluarga hingga acara perayaan tertentu. Nah, sekarang Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke daerah lain untuk merasakan kelezatan berbagai jenis jajanan dan makanan tradisional

Sebab, Anda sudah bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Penasaran apa saja resep mudah dan nikmat yang bisa dikreasikan? Intip ide kreasinya dalam artikel ini, yuk!

Jenis-jenis Jajanan Tradisional Berdasarkan Asal Daerahnya

Banyak jajanan tradisional yang cukup populer dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Jawa timur, Jawa barat, Jawa Tengah, Kalimantan, Sumatera, dan lainnya. 

Jajanan pasar dari masing-masing daerah memiliki keunikan tersendiri. Ada yang bercita rasa manis, asin, hingga pedas. Beberapa di antaranya mungkin cukup umum ditemui di banyak daerah, di antaranya:

1. Jajanan Tradisional Khas Jakarta

Jakarta memiliki jajanan tradisional yang banyak ditemukan di berbagai pasar di Jakarta. Setiap hidangannya dapat dijadikan sebagai teman menikmati secangkir kopi maupun teh di sore hari. 

Jakarta dikenal dengan beberapa makanan tradisional seperti kue cucur, ongol-ongol, kue talam, putu mayang, kue cente manis, kue rangi, semprong, tape uli, kue ape, dan masih banyak lagi.

2. Jajanan Tradisional Khas Jawa Barat

Jawa Barat memang terkenal dengan kelezatan kulinernya. Selain makanan berat, ada juga jajanan pasar yang perlu Anda coba saat berkunjung ke Bandung. 

Beberapa jajanan tradisional khas Jawa Barat yaitu dadar gulung, combro, misro, peuyeum, awug, gemblong, bandros, surabi, leupeut, dan lain-lain.

3. Jajanan Tradisional Khas Jawa Tengah

Jawa Tengah dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki jajanan pasar tradisional yang khas, unik dan menggoda. Beberapa jajanan tradisional khas Jawa Tengah, yaitu arem-arem, gethuk, kue lapis pati bodin, klepon, lumpia, serabi, putu ayu, wajik, dan lain sebagainya.

4. Jajanan Tradisional Khas Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur memiliki cita rasa makanan yang unik. Apabila berkunjung ke sana, Anda akan menemukan berbagai jajanan pasar dengan bentuk menarik dan warna yang menggoda. Beberapa jajanan tradisional yang harus Anda coba yaitu kue bikang, wingko babat, onde-onde, lemper, nagasari, cenil, dan masih banyak lagi.

5. Jajanan Tradisional Khas Sumatera

Bicara soal kulinernya, pulau Sumatera identik dengan beragam rempah dan cita rasa pedas. Namun, ada juga jajanan pasar yang memiliki rasa manis dan gurih. Beberapa jajanan pasar khas Sumatera yaitu roti canai, timphan, lampet, kue putri kandis, jongkong, bolu koja, dan sebagainya.

6. Jajanan Tradisional Khas Kalimantan Selatan

Jajanan tradisional khas Kalimantan Selatan tak kalah lezat dari berbagai jajanan daerah lain di Indonesia. Berbagai macam jajanan tradisional khas Kalimantan Selatan ini bercita rasa manis legit. Beberapa jenis jajanan pasar khas Kalimantan seperti kue sarimuka, kue kararaban, bingka barandam, lupis banjar, kokoleh, apam batil, dan banyak lagi.

7. Jajanan Tradisional Khas Nusa Tenggara Barat

Jajanan tradisional asal Provinsi Nusa Tenggara Barat juga terkenal akan kelezatannya. Beberapa jajanan khas NTB ini bahkan kerap diburu ketika bulan Ramadhan sebagai sajian berbuka puasa yang manis legit, gurih, dan nikmat. Beberapa jenisnya antara lain kue tarek, kue kerake, kue cerorot, tumbek, tikel, dan ragam kue tradisional lainnya. 

Baca juga: 6 Kandungan Susu yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Cara Membuat Jajanan Tradisional

Tak kalah dari jajanan kekinian, jajanan pasar tradisional juga banyak diminati oleh segala kalangan usia. Berikut ini beberapa ide resep jajanan tradisional menggunakan Frisian Flag Susu Kental Manis Full Cream GOLD yang mudah dibuat dan dikreasikan dengan mudah di rumah: 

1. Resep Kue Talam Ubi Manis

Kue talam termasuk jajanan tradisional yang berasal dari Betawi. Kue basah ini terbuat dari ubi yang memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut. Buat para pecinta jajanan tradisional, langsung ikuti resep kue talam berikut ini, yuk!

Bahan untuk olahan 1 (yang berwarna kuning):

Bahan untuk olahan 2 (yang berwarna putih):

Cara membuat kue talam:

  1. Bahan untuk olahan pertama: campurkan ubi yang telah dihaluskan dengan Frisian Flag Susu Kental Manis Full Cream GOLD, tepung sagu, santan, dan gula pasir, lalu aduk hingga rata.
  2. Kukus bahan yang pertama hingga setengah matang.
  3. Bahan untuk olahan kedua: seduh tepung beras dengan air mendidih dan aduk sampai rata. Setelah itu tuangkan tepung sagu, lalu aduk kembali hingga rata. Selanjutnya, masukkan santan kental sedikit demi sedikit sambil diaduk. Terakhir, adonan disaring 2 atau 3 kali sampai benar-benar tidak ada ampas.
  4. Setelah bahan pertama dikukus dan sudah setengah matang, tambahkan bahan kedua untuk di bagian atasnya. Tambahkan potongan daun pandan untuk mempercantik tampilan kue talam, lalu kukus kembali hingga matang.
  5. Angkat dan sajikan.

2. Resep Onde-onde

Jajanan tradisional yang tak kalah populer adalah onde-onde. Salah satu jajanan pasar ini ternyata berasal dari daerah Mojokerto, Jawa Timur. Sekarang Anda bisa membuat jajanan tradisional ini di rumah lho. Intip resepnya di bawah ini:

Bahan kulit onde-onde:

Bahan isian:

Cara membuat Onde-onde:

  1. Buat bahan isian dengan cara mengukus kacang hijau hingga lunak.
  2. Haluskan kacang hijau dengan air dan santan menggunakan blender.
  3. Masukkan adonan tersebut ke panci, tambahkan Frisian Flag Susu Kental Manis Full Cream Gold, gula pasir, garam, dan daun pandan. Lalu masak hingga kalis.
  4. Dinginkan adonan isi dan buat bentuk bulat, lalu diamkan.
  5. Selanjutnya Anda perlu membuat kulit onde dengan cara mencampurkan semua bahan kulit menjadi satu hingga kalis.
  6. Ambil adonan secukupnya, bulatkan dan pipihkan, lalu beri adonan isian dan bulatkan kembali.
  7. Setelah itu gulingkan di atas biji wijen sampai rata dan goreng sampai berwarna kecokelatan.
  8. Angkat dan sajikan.

Baca juga: Resep Wedang Ronde Cokelat yang Bikin Hangat

3. Resep Getuk Lindri

Jajanan tradisional selanjutnya yang bisa Anda kreasikan di rumah yaitu getuk lindri. Kue basah yang satu ini berasal dari Magelang, Jawa Timur dan berbahan dasar singkong. 

Bahan-bahan:

Cara membuat getuk lindri:

  1. Campurkan singkong halus, Frisian Flag Susu Kental Manis Full Cream GOLD, gula pasir, margarin, garam dan vanili, aduk hingga rata.
  2. Tambahkan kelapa parut dan keju, aduk kembali hingga adonan tercampur rata.
  3. Pisahkan adonan ke dalam 2 wadah berbeda, berikan sedikit pewarna makanan hijau di wadah 1 dan sedikit warna pink di wadah 2.
  4. Bentuk masing-masing adonan dengan cetakan getuk lindri.
  5. Setelah semua adonan sudah terbentuk, kukus hingga matang.
  6. Taburi getuk lindri dengan kelapa parut dan keju, sajikan untuk camilan sore keluarga.

4. Resep Dadar Gulung Cokelat

Jajanan tradisional yang sayang untuk dilewatkan adalah dadar gulung. Kue basah ini berasal dari Jawa Barat dan memiliki rasa manis dan gurih. Simak resepnya berikut ini:

Bahan-bahan:

Cara membuat dadar gulung cokelat:

  1. Campurkan tepung custard, air, cokelat bubuk, dan Frisian Flag Kental Manis Cokelat, lalu aduk rata.
  2. Panaskan adonan tersebut, masak hingga matang dan mengental. Sisihkan.
  3. Di dalam wadah, campur tepung terigu, tapioka, susu cair, gula, garam, vanilla, dan telur. Aduk hingga rata.
  4. Siapkan wajan anti lengket, olesi dengan minyak, lalu tuang adonan kulit secukupnya dengan api yang sangat kecil, dan masak hingga matang.
  5. Ambil kulit dadar dan isi dengan adonan cokelat lalu gulung.
  6. Dadar gulung cokelat sudah siap dinikmati oleh keluarga.

Baca Juga: Resep Dadar Gulung Coklat Untuk Variasi Sarapan

5. Resep Kue Lumpur Kentang

Jajanan tradisional terakhir yang bisa Anda coba yaitu kue lumpur kentang. Kue lumpur merupakan jajanan yang terinspirasi dari kue khas Portugis. Simak resepnya berikut ini:

Bahan-bahan:

Cara membuat kue lumpur kentang:

  1. Lelehkan mentega dan margarin, kemudian sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula sampai putih dan berbuih.
  3. Campur kentang sedikit demi sedikit, santan, telur, vanilla, garam, dan Frisian Flag Susu Kental Manis Full Cream GOLD.
  4. Tambahkan tepung ke dalam adonan, kemudian aduk hingga merata
  5. Oles mentega pada cetakan, kemudian panaskan cetakan tersebut.
  6. Setelah panas, tuangkan adonan yang sudah dibuat ke dalam cetakan sebanyak ¾ dari tinggi cetakan. Panggang adonan hingga setengah matang. 
  7. Apabila adonan sudah setengah matang, taburkan kismis di atasnya. Panggang kembali sampai benar-benar matang atau hingga bagian bawah kue berwarna kecoklatan. 
  8. Jika sudah matang, silahkan angkat dan ulangi hingga semua adonan benar-benar habis.
  9. Kue lumpur kentang siap untuk dihidangkan.

Apa pun resep jajanan tradisionalnya, pastikan Anda memilih bahan-bahan yang berkualitas. Salah satu bahan yang perlu dipilih yaitu Frisian Flag Susu Kental Manis Full Cream GOLD karena dapat menambah cita rasa camilan menjadi lebih nikmat dan gurih. Frisian Flag Susu Kental Manis Full Cream GOLD dapat dikonsumsi sebagai pelengkap sajian yang dikombinasikan dengan bahan makanan lain, menjadi minuman segar, atau menjadi topping untuk menambah kelezatan camilan keluarga.

Jangan lupa manfaatkan Kalkulator Frisian Flag Massa Tubuh yang dapat membantu Anda dalam mengetahui angka IMT (Indeks Massa Tubuh). Setelah menghitung IMT, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian dan jumlah kalori setiap makanan Anda dengan menggunakan Kalkulator Gizi. Yuk, coba fiturnya sekarang!

Share This Entrys

Artikel Terkait
Milkpedia

Alasan Berat Badan Tak Kunjung Turun Meski Sudah Diet

Milkpedia

Tidak Minum Susu Sejak Dini, Apa Yang Terjadi Nanti?

Milkpedia

Nge-Gym Saja Tidak Cukup, Tambahkan Hal Ini untuk Membentuk Otot!