BERANDA

SUSTAINABILITY

Sehat Sejahtera Selaras

MILKPEDIA

Nutrisi & Kesehatan Manfaat Minum Susu Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu FAQ

RESEP KAMI

Resep dengan Susu Cair Resep dengan Kental Manis Resep dengan Susu Bubuk

AKTIVITAS KAMI

Menangkan Puasamu dengan Frisian Flag Cokelatnya Bikin Semua Nikmat Dunia Zuzhu Games Zuzhu & Zazha Kebaikan Susu 100 Tahun Frisian Flag Professional

PRODUK KAMI

Susu Kental Manis Susu Siap Minum Susu Bubuk Keluarga Susu Ibu dan Balita

PERUSAHAAN KAMI

Tentang Kami Galeri Photo Berita Siaran Pers Business Principles Safety Policy Tujuan Kami

KARIR

Overview Pusat Karir Event Artikel

FITUR KAMI

Massa Tubuh Gizi Harian

Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu
25 Okt 2021

Tips Bikin Saus Keju yang Enak dan Creamy!

Saat ini saus keju sedang digemari oleh banyak orang karena dapat menambah cita rasa makanan jadi lebih lezat. Apalagi saat ini sudah banyak menu makanan yang dilengkapi oleh saus keju, mulai dari kentang goreng saus keju, spicy chicken dengan saus keju, steak saus keju, dan lain sebagainya. 

Nah, Anda tidak perlu pergi ke restoran jika ingin menyantap saus keju karena sekarang sudah bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun, sebelum membuatnya, ada beberapa bahan yang harus disiapkan. Simak penjelasannya di bawah ini, ya

Apa Saja Bahan untuk Membuat Saus Keju?

Resep saus keju hanya memerlukan empat bahan saja. Berikut ini bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuat saus keju homemade, antara lain:

Bagaimana Cara Membuat Saus Keju?

Cara membuat saus keju sebenarnya cukup mudah, berikut ini langkah yang perlu dilakukan:

  1. Campurkan susu Frisian Flag Full Cream dengan keju yang sudah diparut. Lalu panaskan dengan api kecil agar keju lebih mudah larut.
  2. Tambahkan tepung bumbu keju dan aduk terus hingga tercampur rata.
  3. Jika Anda ingin membuat saus yang rasanya pedas, tambahkanlah bubuk cabe sesuai dengan selera.
  4. Di wadah terpisah, kocok lepas kuning telur, air mineral secukupnya, dan tepung maizena yang sudah dilarutkan. Aduk sampai tercampur dengan merata.
  5. Masukkan adonan kuning telur tersebut sedikit demi sedikit ke dalam panci yang berisi susu dan keju. Aduk kembali sampai merata dan mendidih.
  6. Setelah mendidih dan saus sudah matang, tuangkan ke dalam mangkuk kecil. 

Bagaimana? Mudah, kan? Nah, sekarang saatnya kita simak beberapa jenis makanan yang cocok disantap dengan saus krim keju homemade, yuk! 

Baca juga: 5 Makanan Rendah Kalori yang Cocok Sebagai Camilan Sore

Tips Menyimpan Saus Keju Agar Tahan Lama

Untuk penyimpanan saus keju yang telah jadi, sebaiknya taruh di dalam freezer agar bisa digunakan kapan saja tanpa khawatir basi. Anda bisa mengemasnya ke dalam kantong plastik atau bisa juga diletakkan ke dalam wadah tertutup yang kedap udara sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Tekstur saus keju tentu akan berubah setelah disimpan dalam freezer. Saus yang semula cair umumnya akan mengeras. Namun, ada dua cara mencairkan saus keju yang beku, yaitu:

  1. Pindahkan saus keju dari freezer ke kulkas bagian bawah. Biarkan hingga saus keju agak mencair, lalu keluarkan.
  2. Keluarkan langsung saus keju beku dari freezer, lalu letakkan dalam wadah berisi air dingin. Biarkan wadah saus terendam hingga saus keju mencair

Saus keju sebenarnya bisa diletakkan di dalam kulkas. Namun, ketahanannya hanya berlangsung selama 3-4 hari saja. Jika tidak terlalu ingin menyimpan lama, saus keju bisa juga disimpan di tempat sejuk, kering dan jauh dari sinar matahari langsung. Disimpan dalam toples lebih bagus.

Ide Makanan yang Cocok dengan Saus Keju

Berikut ini beberapa jenis makanan yang lebih nikmat jika disantap bersama saus keju buatan Anda:

Cukup mudah untuk mengolah saus berbahan dasar keju dan mengombinasikannya dengan berbagai jenis makanan untuk menambah kelezatan. Yang tak kalah penting, pastikan membuat saus keju dengan tambahan Frisian Flag Full Cream sebagai bahan pelengkap agar saus yang dihasilkan lebih gurih, lezat, creamy, dan pastinya kaya nutrisi. Cari tahu lebih banyak seputar Frisian Flag Full Cream di sini.

Share This Entrys

Artikel Terkait
Milkpedia

Resep Praktis Susu Kental Manis untuk Minuman Latte Kekinian

Milkpedia

5 Resep Bolu Tape Lembut Anti Bantet yang Enak

Milkpedia

4 Hal Yang Membuat Buka Puasa Makin Istimewa