Facebook Pixel

Cara Membuat Saus Keju ala Restoran yang Enak!

Banner
| 29 Nov 2021

Cara Membuat Saus Keju ala Restoran yang Enak!

Cara Membuat Saus Keju ala Restoran yang Enak!

Saat ini saus keju sedang digemari oleh banyak orang karena menambah cita rasa makanan menjadi lebih gurih dan enak. Bahkan, beberapa restoran menghadirkan saus keju sesuai dengan ciri khasnya untuk beberapa menu makanan, seperti kentang goreng saus keju, spicy chicken dengan saus keju, steak saus keju, dan lain sebagainya. 

Nah, Anda tidak perlu pergi ke restoran jika ingin menyantap saus keju karena sekarang sudah bisa membuat saus keju sendiri di rumah lho. Namun, sebelum membuatnya, ada beberapa bahan yang harus disiapkan. Simak penjelasannya di bawah ini, ya! 

Bahan Membuat Saus Keju

Berikut ini beberapa bahan untuk membuat saus keju homemade, antara lain:

  • Keju

    Untuk membuat saus keju homemade, sebaiknya Anda memilih keju cheddar. Sebab, keju cheddar memiliki rasa gurih dan tekstur yang cocok untuk diolah menjadi saus. Berbeda dengan keju mozarella yang lebih cocok dijadikan topping atau isian makanan karena mudah meleleh jika dipanaskan serta mudah kering dan menggumpal apabila di suhu yang normal atau dingin. 

    Sedangkan untuk membuat saus keju, Anda membutuhkan tekstur saus yang kental dan tidak mudah kering atau menggumpal. Maka dari itu, keju cheddar lebih baik dibandingkan jenis keju lain. 

  • Susu cair UHT 

    Bahan yang tak kalah penting untuk membuat saus keju adalah susu cair UHT yang rasa full cream. Anda bisa memilih susu cair UHT Frisian Flag Purefarm Full Cream karena memiliki rasa yang gurih dan lezat. Selain itu, di dalamnya juga mengandung beragam nutrisi penting, di antaranya protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin D3, serta kalsium, fosfor, dan iodium yang penting untuk kesehatan tubuh. 

    Susu cair UHT Frisian Flag Purefarm Full Cream cocok diminum secara langsung untuk menambah energi setiap hari atau dikombinasikan ke dalam makanan dan minuman yang lezat, salah satunya saus keju. Susu cair UHT yang Anda butuhkan untuk membuat saus keju yaitu sekitar 150 ml. 

    Baca juga: Manfaat Sereal, Susu Sapi, dan Buah Sebagai Menu Sarapan

  • Kuning telur 

    Bahan selanjutnya yaitu kuning telur ayam yang dapat menambah cita rasa gurih dan warna kuning pada saus keju. Selain itu, kuning telur juga mengandung beragam nutrisi yang penting bagi kesehatan, seperti protein, lemak, vitamin A, B12, D, E, K, asam folat, kalsium, zat besi, dan magnesium. Anda membutuhkan sekitar 1 butir kuning telur untuk membuat 1 mangkuk kecil saus keju. 

  • Tepung bumbu keju

    Untuk memperkuat rasa keju, Anda juga bisa menambahkan tepung bumbu dalam proses pembuatan saus keju homemade. Saat ini sudah banyak produk tepung bumbu keju yang dijual di pasaran. Apapun mereknya, pastikan memilih produk yang berkualitas, aman, dan masih layak dikonsumsi. Anda membutuhkan 5 sdm tepung bumbu keju agar rasanya lebih gurih. 

  • Tepung maizena

    Seperti yang diketahui, tepung maizena berperan untuk membuat saus menjadi lebih kental. Tepung maizena hanya diperlukan dalam kadar yang sedikit, yaitu sekitar 1 1/2 sdm tepung maizena. Jika terlalu banyak maizena, maka tekstur saus terlalu kental. 

  • Air putih matang

    Bahan yang tak boleh terlewat adalah air putih yang sudah matang untuk mencampur semua bahan agar menyatu. Tidak ada takaran air putih yang pasti, Anda cukup mengira-ngira takaran atau kadarnya dengan secukupnya. Pastikan saus tidak terlalu cair maupun terlalu kental. 

  • Bubuk cabe

    Bubuk cabe termasuk bahan yang opsional. Artinya, tidak apa-apa jika Anda tidak ingin menambahkannya. Namun, biasanya bubuk cabe ditambahkan agar saus yang dihasilkan memiliki rasa sedikit pedas dan hangat. Takarannya pun sesuai selera masing-masing. 

Cara Membuat Saus Keju

Cara membuat saus keju sebenarnya cukup mudah, berikut ini langkah yang perlu dilakukan:

  1. Campurkan susu Frisian Flag Purefarm Full Cream dengan keju yang sudah diparut. Lalu panaskan dengan api kecil agar keju lebih mudah larut
  2. Tambahkan tepung bumbu keju dan aduk terus hingga tercampur rata
  3. Jika Anda ingin membuat saus yang rasanya pedas, tambahkanlah bubuk cabe sesuai dengan selera
  4. Di wadah terpisah, kocok lepas kuning telur, air mineral secukupnya, dan tepung maizena yang sudah dilarutkan. Aduk sampai tercampur dengan merata
  5. Masukkan adonan kuning telur tersebut sedikit demi sedikit ke dalam panci yang berisi susu dan keju. Aduk kembali sampai merata dan mendidih
  6. Setelah mendidih dan saus sudah matang, tuangkan ke dalam mangkuk kecil 

Bagaimana? Mudah, kan? Nah, sekarang saatnya kita simak beberapa jenis makanan yang cocok disantap dengan saus krim keju homemade, yuk! 

Baca juga: 5 Makanan Rendah Kalori yang Cocok Sebagai Camilan Sore

Makanan yang Cocok dengan Saus Keju

Berikut ini beberapa jenis makanan yang lebih nikmat jika disantap bersama saus keju buatan Anda:

  • Ayam goreng tepung saus keju

    Resep ayam goreng tepung sudah ada secara turun temurun sejak dahulu kala. Namun, saat ini banyak inovasi baru dalam proses pengolahan dan penyajiannya, salah satunya dengan mengombinasikan ayam goreng tepung dengan saus krim keju. Tak hanya itu, kehadiran saus sambal juga semakin menambah cita rasa menu masakan ini semakin lezat karena perpaduan rasa gurih dari keju dan pedas dari cabai. 

  • Makaroni saus keju

    Pasti Anda sudah tidak asing melihat berbagai resep pasta atau makanan khas Italia yang dikombinasikan dengan saus krim keju. Nah, salah satu makanan yang populer yaitu mac and cheese, yaitu perpaduan makaroni dengan saus berbahan dasar keju. 

  • Spicy wings saus keju

    Jika Anda penggemar drama korea, pasti sudah tak asing melihat menu makanan yang satu ini. Sayap ayam yang digoreng tepung dan dibalut saus sambal pedas serta saus krim keju menambah cita rasa ayam menjadi lebih nikmat. 

  • Kentang goreng saus keju

    Kentang merupakan bahan makanan yang sangat cocok dikombinasikan dengan keju, mulai dari kentang goreng, kentang panggang, hingga keripik kentang. Tak heran jika camilan ini jadi favorit banyak orang, termasuk anak-anak. 

Cukup mudah untuk mengolah saus berbahan dasar keju dan mengombinasikannya dengan berbagai jenis makanan untuk menambah kelezatan. Yuk, kita kreasikan menu makanan ini sekarang!

Artikel Terkait