Ternyata Kebutuhan Nutrisi Tak Terpenuhi pada Anak Bisa Sebabkan Obesitas!

| 07 Des 2017

Ternyata Kebutuhan Nutrisi Tak Terpenuhi pada Anak Bisa Sebabkan Obesitas!

Jika anak Anda obesitas, apakah itu berarti kebutuhan nutrisi mereka sudah cukup? Ternyata, berat badan yang berlebihan malah jadi tanda bahwa kebutuhan nutrisi pada anak malah kurang.

Obesitas adalah tanda bahwa anak kekurangan berbagai vitamin yang diperlukan untuk mengolah berbagai jenis makanan dan menjadi tanda bahwa tubuh menyerap terlalu banyak karbohidrat tanpa diimbangi dengan mencukupi kebutuhan nutrisi lainnya.

Lalu apa penyebab obesitas pada anak? Salah satu penyebab anak terkena obesitas adalah kebiasaan memakan kudapan manis yang sarat akan lemak dan gula, salah satunya dari makanan cepat saji. Semakin banyak atau semakin sering anak memakan makanan tak sehat, semakin banyak vitamin yang akan mereka butuhkan agar metabolisme mereka tetap lancar. Jika anak mengonsumi terlalu banyak ‘kalori kosong’ yang didapatkan dari junk food, maka metabolisme anak akan “bingung”. Dr. Julie Lumeng, seorang dokter perkembangan dan perilaku anak di Rumah Sakit CS Mott di University of Michigan di Ann Arbor, melakukan penelitian pada 200 anak-anak di usia 21, 27, dan 33 bulan. Hasilnya mengatakan bahwa anak yang sering mengkonsumsi kudapan manis seperti permen memiliki kecenderungan kenaikan berat badan yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang makan keripik asin.

Mungkin Anda gemas karena anak seringkali lebih tertarik untuk memakan kudapan manis dan berlemak dibanding makan sayuran. Ini karena gula, salah satunya dalam bentuk karbohidrat, mendorong produksi serotonin, zat kimia otak yang menyebabkan perasaan positif. Gula juga merangsang produksi endorfin yang menghasilkan perasaan tenang dan rileks pada tubuh. Karena itu wajar jika anak merasa lebih senang dan tenang setelah memakan makanan manis. Sedangkan makanan berlemak membuat sensitivitas anak terhadap rasa manis semakin berkurang. Ini akan menyebabkan mereka membutuhkan lebih banyak makanan manis dari seharusnya.

Agar terhindar dari obesitas, pastikan agar anak mendapatkan zat gizi lengkap dan berimbang setiap harinya. Dukung kebutuhan gizi anak dengan Susu Siap Minum Frisian Flag Kid yang diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan mengandung Vitamin A & D, serta Kalsium & Magnesium untuk mendukung pertumbuhan si Kecil dengan rasa yang enak. Frisian Flag Kid, sahabat gizi si Kecil

Artikel Terkait