Facebook Pixel

Hal-Hal Kecil yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Lingkungan

Banner
| 01 Feb 2021

Hal-Hal Kecil yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Lingkungan

Hal-Hal Kecil yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Lingkungan

Menyelamatkan bumi terdengar agak sulit untuk dilakukan, ya? Padahal banyak hal-hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk ikut serta menjaga lingkungan, lho.

Yuk, mulai dari diri sendiri dengan lakukan tips sederhana di bawah ini untuk bantu lingkungan menjadi lebih sehat!

  1. Gunakan stainless/paper straw 


    Dengan membawa sedotan sendiri sebagai pengganti sedotan plastik, kamu sudah turut menjaga lingkungan dan menyelamatkan makhluk hidup di laut!

  2. Bawa tumbler kemanapun


    Dengan membawa tumbler, kamu bisa leluasa mengisi ulang air mineral untuk tetap membantumu terhidrasi tanpa harus membeli minuman air mineral dalam kemasan yang dapat berdampak sampah.

  3. Mematikan atau copot kabel elektronik saat tidak digunakan


    Selain bisa menghemat biaya listrik, kamu juga dapat menghemat penggunaan listrik. Faktanya, pemakaian listrik yang berlebihan juga berimplikasi ada emisi yang dihasilkan, semakin banyak listrik yang kamu gunakan, semakin banyak pula karbon yang dihasilkan, sehingga berdampak pada pemanasan global. (sumber: coaction)

  4. Matikan air saat menggosok piring kotor (sebelum dibilas)

    Nah, kebiasaan ini terkadang suka terlupakan ya. Sebaiknya gosok semua piring kotor terlebih dahulu baru bilas sekaligus untuk menghemat air yang kamu gunakan. Tahukah kamu, keran yang menetes 1 detik membuang lebih dari 5 galon air per hari atau 2.700 galon air per tahun? (sumber: arwava & universalplumbingandsewer)

  5. Gunakan pembayaran atau transaksi online


    Meskipun terdengar sederhana, dengan melakukan transaksi online kamu sudah turut serta membantu mengurangi struk atau sampah kertas, lho.

  6. Memilah sampah berdasarkan kategorinya (zerowaste)


    Masih ingat dong kalau sampah organik lebih cepat terurai daripada sampah anorganik? Coba deh kamu bayangin kalau sampah-sampah itu nggak dipilah berdasarkan kategorinya. Sampah anorganik yang tadinya bersih dan bisa dipakai lagi bisa menjadi kotor. Dengan memilah sampah sesuai kelompoknya dapat menjaga kebersihan sampah anorganik lho, hal ini juga bisa memudahkan proses daur ulang.

  7. Gunakan transportasi umum saat bepergian


    Dengan melakukan ini kamu sudah pasti memulai diri untuk mengurangi polusi udara. Eits, tetap terapkan protokol kesehatan seperti memakai masker juga menjaga jarak atau social distancing, ya.

  8. Membawa tas kain untuk berbelanja


    Sesuai dengan kebijakan pemerintah untuk mengurangi pemakaian kantung belanja plastik, jangan lupa untuk selalu bawa tas belanja berbahan kain ketika kamu hendak berbelanja ya.

  9. Gunakan produk yang ramah lingkungan atau eco-friendly


    Sudah banyak lho produk yang ramah lingkungan, contohnya adalah produk susu kemasan dengan label FSC atau Forest Stewardship Council. Sertifikasi FSC memberikan kepastian bahwa kertas yang digunakan berasal dari hutan yang dikelola dengan baik yang memberikan manfaat lingkungan, sosial dan ekonomi. Tahukah kamu? semua kemasan karton susu siap minum Frisian Flag juga sudah bersertifikasi FSC lho!

  10. Sesuaikan suhu pendingin ruangan menjadi 24 hingga 25 derajat Celcius

    Tahukah kamu? Menyesuaikan suhu di rumah hanya dengan satu derajat dapat menghemat 10% penggunaan energi selama setahun, lho. Sebaiknya atur suhu pendingin ruangan di rumah menjadi 24 hingga 25 derajat Celcius, ya. (sumber: Cgs-Gov, 50waystohelp)

  11. Tampung air hujan

    Ini adalah salah satu tips yang paling mudah: gunakan wadah atau ember untuk menampung air hujan dan gunakan airnya untuk menyiram tanamanmu. Hemat tagihan air, sekaligus bisa tetap menyuburkan tanaman.

  12. Gunakan ulang sampah bekas seperti botol plastik


    Kemasan botol plastik bekas dapat kamu manfaatkan/daur ulang kembali sebagai pot bunga, celengan, dan barang lainnya. Selain lebih berguna, ini bisa jadi kegiatan seru di rumah. Pastikan kamu bersihkan dulu dengan seksama ya!

  13. Biasakan mencuci pakaian dalam jumlah banyak dan sekaligus

    Hal ini berguna untuk mengurangi penggunaan listrik dan bahan kimia (deterjen). Simple, tapi berpengaruh banyak! Tahukah kamu bahwa rata-rata dalam satu kali mencuci menggunakan mesin cuci standar menghabiskan air sebanyak 45 galon air? Jadi sebaiknya mencuci baju dilakukan dalam waktu sekaligus, dibandingkan sedikit-sedikit namun sering. (source: homewaterworks)

  14. Buang sampah pada tempatnya.


    Ketika sedang berada di perjalanan dan tidak menemukan tempat sampah, kantongi sampah atau taruh sampah di dalam tas sampai kamu dapat membuangnya di tempat sampah.

  15. Membawa alat dan tempat makan sendiri saat berpergian


    Selain lebih higienis karena kamu tidak menggunakan alat makan yang juga digunakan oleh orang lain, kamu juga bisa mengurangi pemakaian alat makan sekali pakai yang biasanya disediakan di restoran.

  16. Kurangi penggunaan tisu


    Tahukah kamu kalau hampir semua tisu dibuat dari pohon? Karena hal ini artinya peluang terjadinya penebangan hutan jadi masalah yang sangat mengkhawatirkan. Faktanya, WWF global menemukan bahwa angka penebangan hutan Indonesia meningkat dua kali lipat dalam satu dekade terakhir. Peningkatan ini bahkan didorong untuk produksi minyak kelapa sawit serta pulp (bubur kertas) yang menjadi bahan baku pembuatan tisu. Yuk, kurangi penggunaan tisu dan cari alternatif lain seperti dengan lap atau sapu tangan yang bisa dipakai berulang kali. (sumber: cosmopolitan)

  17. Membeli barang berdasarkan kebutuhan bukan keinginan

    Agar kamu bisa mengurangi barang yang menumpuk dan tidak terpakai sehingga menjadi sampah.

  18. Gunakan cuka putih sebagai cairan pembersih

    Gak harus pakai bahan kimia yang berbahaya untuk lingkungan, ternyata cuka putih bisa kamu gunakan sebagai cairan pembersih alami. (source: greenmatters, greenlivingtips)

  19. Menyusun perencanaan makanan atau meal plan


    Agar tidak membeli bahan makanan berlebihan dari kebutuhan kamu, yang kemudian berpotensi expired di dalam lemari dan terbuang menjadi sampah.

  20. Gunakan hand dryer di toilet umum

    Jika kamu berada di toilet umum, pastikan kamu menggunakan hand dryer atau pengering tangan setelah mencuci tanganmu, ya. Hal ini banyak membantu kamu mengurangi pemakaian tisu.

  21. Gunakan tanaman hias Spider Plants sebagai purifier alami dalam ruangan


    Memiliki tanaman hias spider atau Spider Plants dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruanganmu. Hal ini dapat membantu untuk membersihkan udara dari polutan seperti karbon monoksida secara alami, lho. (sumber: Ecowatch & Klikdokter)

Itu dia beberapa hal-hal kecil yang bisa kamu lakukan mulai dari diri kamu sendiri dan mulai hari ini, untuk membantu jaga kebersihan lingkungan. Kamu punya tips juga? Yuk sharing dengan kami dengan hubungi kami di @frisianflagid.

Artikel Terkait