3 Cara Mengajarkan Kesehatan pada Anak Usia Dini

| 09 Nov 2017

3 Cara Mengajarkan Kesehatan pada Anak Usia Dini

Kesehatan anak usia dini ditentukan bukan hanya dari makanan tapi juga dari gaya hidup. Ketika anak sudah mulai bersekolah, wajar jika Anda khawatir karena tidak bisa sepenuhnya memonitor kesehatan anak di sekolah. Karena itu bekali anak dengan pengetahuan-pengetahuan dasar soal kesehatan berikut ini:

Biasakan mencuci tangan sebelum makan atau mengelap hidung setelah bersin

Kebiasaan mencuci tangan memakai sabun yang dianjurkan WHO ini mencegah kuman masuk ke dalam tubuh sehingga anak terlindung dari berbagai penyakit. Jaga kesehatan anak usia dini dengan mengajak anak mencuci tangan secara rutin pada waktu-waktu tertentu. Idealnya, mencuci tangan dilakukan di bawah air mengalir selama 20 detik menggunakan sabun dan dilakukan dengan teknik yang benar.

Ajarkan anak untuk selalu bercerita jika ia jatuh, terbentur, atau merasa sakit di bagian tubuhnya

Saat bermain anak-anak punya dunianya sendiri dan bereksplorasi dengan caranya sendiri, mulai bermain bola, puzzle, mobil-mobilan, rumah-rumahan, hingga bermain petak umpet. Semua memerlukan gerakan tubuh. Kegiatan bermain tersebut tentu berisiko, mulai dari jatuh, terpeleset, hingga terkilir. Karena itu Anda wajib menanyakan kondisi buah hati setelah bermain demi menjaga kesehatan anak usia dini. Membiasakan bertanya pada anak setelah beraktivitas di luar rumah juga bisa mendorong anak berinisiatif untuk selalu bercerita jika terjadi sesuatu pada tubuhnya.

Untuk anak usia prasekolah, ajarkan agar tidak jajan sembarangan

Biasakan anak sarapan sebelum beraktivitas. Selain itu biasakan juga membawakan anak bekal ke sekolah agar anak tidak jajan sembarangan. Membawa bekal bukan hanya bisa menjaga kesehatan anak di sekolah, tapi juga mengajarkan anak agar lebih hemat. Selain bekal, siapkan pula  camilannya. Membuat aneka makanan ringan sendiri di rumah juga bisa menjaga kesehatan anak usia dini.

Mengajarkan kesehatan anak usia dini memang gampang-gampang susah. Kuncinya adalah kesabaran dan konsistensi untuk menerapkan kebiasaan baik ini secara terus-menerus. Dengan demikian, anak akan terbiasa menjalankan hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Frisian Flag Indonesia mendukung usaha orangtua untuk menjaga kesehatan anak sejak dini dengan menyediakan produk susu siap minum dengan berbagai macam rasa yang disesuaikan dengan indra perasa si Kecil yang makin berkembang dengan  kandungan gizi yang dibutuhkan oleh anak. Dikemas dengan karakter gambar yang menarik dan tersedia dalam kemasan kotak dan botol yang higienis, dengan ukuran yang disesuaikan dengan kemampuan anak dalam mengkonsumsinya.

Susu Siap Minum untuk si Kecil dipasarkan dengan merk Frisian Flag Kid, Frisian Flag Milky dan Frisian Flag Fruty dalam berbagai macam varian rasa yang lezat. Ikuti anjuran umur yang tercantum pada kemasan label susu Frisian Flag untuk mendapatkan asupan gizi yang optimal.


Ajarkan cara menjaga kesehatan pada anak sedari dini, berikan juga Frisian Flag Kid, Frisian Flag Milky dan Frisian Flag Fruty sebagai dukungan kesehatannya. Info lengkap Frisian Flag bisa dicek di sini.

Artikel Terkait