Tips Menyimpan Susu Siap Minum dengan Tepat

| 27 Agu 2018

Tips Menyimpan Susu Siap Minum dengan Tepat

Melihat ragam kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu, tak heran bila Anda menjadikannya sebagai salah satu menu bergizi harian bagi keluarga. Namun, sudahkan Anda menyimpannya dengan tepat? Jangan sampai susu siap minum Anda terbuang percuma akibat cara penyimpanan yang salah.

Pihak produsen tentu saja berupaya sebaik mungkin dalam mengemas susu untuk menjaga kebersihan dan keawetannya, namun campur tangan Anda tetap saja dibutuhkan. Agar kandungan nutrisi susu sapi favorit bisa Anda rasakan secara maksimal, ini yang perlu Anda perhatikan dalam mengonsumsi susu siap minum.

  1. Segera minum sampai habis
    Susu yang sudah terbuka akan lebih mudah basi. Ini terjadi akibat susu terpapar udara dan terkontaminasi hingga memudahkan mikrobakteri untuk berkembang. Maka ada baiknya Anda segera menghabiskan susu siap minum setelah membukanya.
  2. Periksa tanggal kadaluarsa
    Susu siap minum yang masih tersegel umumnya masih dapat Anda konsumsi dalam kurun waktu maksimal satu tahun. Dengan memperhatikan tanggal kadaluarsa saat membeli produk susu, Anda pun bisa mengantisipasi lama penyimpanannya.
  3. Simpan dalam lemari pendingin
    Dalam keadaan tertutup, sebenarnya susu siap minum bisa bertahan selama beberapa bulan. Namun untuk meminimalisir risiko basi, sebaiknya simpan susu siap minum Anda di dalam kulkas pada suhu 7C atau lebih rendah seperti yang disarankan oleh spesialis keamanan pangan di Clemson University melalui portal detikfood. Ketimbang menaruhnya pada pintu lemari es, tempatkan susu pada rak bawah atau bagian tengah lemari es agar memiliki suhu yang lebih stabil.

Hentikan pengonsumsian susu bila terjadi perubahan warna, tercium aroma yang tidak sedap, atau memiliki rasa yang asam. Bila Anda masih ingin menyimpan susu siap minum dalam kondisi sudah dibuka di dalam kulkas, susu tersebut biasanya hanya mampu bertahan paling lama 3 hari saja.

Peduli cara menyimpan susu yang benar adalah bagian dari komitmen Anda dalam memberikan yang terbaik untuk diri sendiri dan keluarga tercinta. Sertakan selalu Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm dalam perjalanan cinta Anda bagi orang-orang terdekat. Dengan susu segar pilihan, Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm diperkaya zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) serta zat gizi mikro (multivitamin dan multimineral). Temukan kelezatannya dalam varian rasa Full Cream, Sweet Delight, Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry dan Mung Bean), dan Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).


Tak perlu khawatir susu menjadi tidak segar karena terlalu lama disimpan, Frisian Flag Purefarm selalu segar menemani Kamu. Info lengkap Frisian Flag Purefarm bisa kamu temukan di sini.

Artikel Terkait