9 Manfaat Lari Pagi dan Tipsnya Agar Lebih Optimal

Banner
| 06 Nov 2023

9 Manfaat Lari Pagi dan Tipsnya Agar Lebih Optimal

9 Manfaat Lari Pagi dan Tipsnya Agar Lebih Optimal

Ada banyak manfaat lari pagi yang diperoleh oleh tubuh apabila dilakukan secara rutin. Selain menyehatkan, lari di pagi hari bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan berenergi untuk menjalani aktivitas seharian.

Meski tidak seberat olahraga lainnya, manfaat lari pagi bagi kesehatan tidak boleh Anda sepelekan. Penelitian menunjukkan bahwa berlari selama 5-10 menit setiap hari dengan kecepatan sedang dapat membantu mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung, stroke, dan penyakit umum lainnya. Mari simak manfaat lari pagi secara rinci di bawah ini.

Baca juga: 7 Cara Hidup Sehat dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Waktu yang Tepat untuk Lari di Pagi Hari

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat, Anda perlu tahu bahwa manfaat lari pagi akan lebih optimal jika Anda memilih waktu yang tepat. Idealnya, lari pagi dilakukan antara pukul 05.30-07.00. Namun, Anda juga masih bisa berlari di antara jam 08.00-09.00 jika ingin mendapatkan paparan sinar matahari sebagai sumber vitamin D. 

Bagi Anda yang baru memulai lari, lakukan olahraga ini dengan intensitas yang ringan dan waktu yang tidak terlalu lama. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berlari selama 5-10 menit agar otot tidak tegang.

Manfaat Lari Pagi Setiap Hari

Bagi beberapa orang, berolahraga di pagi hari menjadi tantangan tersendiri. Namun, hal itu akan sebanding dengan manfaat yang diperoleh tubuh jika dilakukan secara rutin. Berikut ini sejumlah manfaat lari pagi setiap hari yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Memperbaiki suasana hati

Banyak orang memilih lari di pagi hari karena ingin merasa lebih baik dan melepas stres. Manfaat lari pagi dapat membantu meningkatkan suasana hati, konsentrasi, dan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Ini karena tubuh Anda akan melepaskan senyawa dopamin, serotonin, dan endorfin di otak saat sedang berolahraga. Ketiga senyawa tersebut merupakan senyawa kimia yang berperan dalam memperbaiki emosi dan suasana hati.

2. Menjaga berat badan ideal

Salah satu manfaat lari pagi yaitu dapat membantu mengontrol berat badan agar tetap ideal. Berlari secara rutin dapat membakar kalori dan lemak yang ada di dalam tubuh, sehingga cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Besarnya kalori yang terbakar tergantung dari ukuran tubuh, kecepatan lari, dan durasinya. Hindari berlari dengan intensitas terlalu berat, karena hal itu justru akan membuat Anda cepat lapar di siang hari.

Menurut penelitian, rutin berlari dengan total 3 jam dalam seminggu dapat menjaga berat badan tetap ideal. Untuk memaksimalkan manfaat lari pagi untuk diet, Anda juga perlu mengimbanginya dengan menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur sangat penting untuk kesehatan tubuh. Sebab, tubuh akan memperbaiki dirinya sendiri ketika Anda sedang dalam keadaan tidur. Itulah mengapa Anda akan merasakan perasaan segar saat bangun tidur.

Manfaat lari pagi secara rutin dapat membantu Anda merasa lebih cepat mengantuk, sehingga akan mudah tidur di malam hari. bila Anda sering sulit tidur atau mengalami insomnia, kebiasaan lari pagi selama 30 menit setiap hari mungkin bisa dicoba agar Anda lebih mudah terlelap di malam hari dan bisa tidur lebih nyenyak.

4. Membantu memelihara kekuatan otot

Manfaat lari pagi berikutnya yaitu mampu menjaga dan memelihara kekuatan otot. Lari termasuk dalam olahraga berdampak tinggi yang berpengaruh terhadap kesehatan tulang. Olahraga lari secara garis besar akan membantu pembentukan otot bagian bawah tubuh.

5. Mengurangi risiko penyakit kanker

Penelitian yang diterbitkan oleh British Journal of Sports Medicine menunjukkan bahwa orang yang rutin berlari setidaknya seminggu sekali menurunkan risiko lebih rendah 23% dari kematian akibat kanker daripada orang yang tidak berlari sama sekali.

Demi mendapatkan manfaat lari pagi yang satu ini, Anda disarankan untuk berlari selama 50 menit setiap minggu. Olahraga ini bisa Anda lakukan selama satu hari atau dibagi dengan durasi pendek setiap minggunya.

6. Menjaga kesehatan jantung

Lari pagi termasuk salah satu latihan kardio terbaik yang dapat Anda lakukan. Berlari selama 10 menit sehari dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular secara signifikan.

Selain itu, manfaat lari pagi untuk kesehatan juga akan membuat jantung bekerja lebih optimal dalam memompa darah supaya nutrisi dan oksigen bisa didistribusikan dengan baik ke semua bagian otot. Aliran darah yang lancar dapat meminimalisir risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

7. Mempertajam daya ingat

Manfaat lari pagi secara tidak langsung akan menajamkan daya ingat dalam jangka panjang. Rutin berlari di pagi hari akan membantu fungsi otak tetap tajam, karena adanya peningkatan oksigen ke otak. Selain itu, manfaat lari pagi juga dapat membantu pertumbuhan hippocampus otak yang berkaitan dengan memori dan pembelajaran.

Penelitian juga menunjukkan bahwa berlari tidak hanya meningkatkan jumlah neuron baru di dalam otak tetapi juga memengaruhi input dan plastisitas sinaptiknya. Oleh karena itulah, berlari dapat mengubah otak manusia.

8. Menjaga stamina

Manfaat lari pagi setiap hari juga baik untuk menjaga stamina tetap prima. Stamina yang prima akan mendukung Anda beraktivitas setiap hari, meningkatkan konsentrasi di siang hari, dan bekerja dengan lebih produktif.

Untuk merasakan manfaat olahraga cardio secara langsung, Anda juga perlu mengimbanginya dengan sarapan pagi serta memberikan jeda untuk tubuh beristirahat di tengah kesibukan aktivitas sehari-hari.

9. Baik untuk sistem pernapasan

Manfaat lari pagi setiap hari ternyata dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan memperkuat otot-otot pada sistem pernapasan. Lari pagi akan membuat Anda memastikan bahwa paru-paru tetap mengambil lebih banyak oksigen dan secara efisien menghilangkan karbon dioksida.

Lari pagi pun meningkatkan daya tahan otot-otot pernapasan. Pasalnya, udara di pagi hari masih segar dan Anda akan mendapat manfaat lebih dari lari pagi lantaran masih jauh dari polusi udara yang mengganggu pernapasan.

Tips Lari Pagi Agar Tetap Berenergi

Sudah mulai tertarik dengan manfaat lari pagi dan ingin mulai melakukannya? Ada beberapa tips lari pagi yang perlu Anda lakukan agar Anda tetap berenergi setelah melakukan olahraga pagi.

1. Tidur cukup

Kunci pertama agar Anda tetap memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas seharian, Anda perlu memastikan bahwa Anda cukup tidur setidaknya 7 jam. Hindari minum kopi tiga jam sebelum tidur.

2. Siapkan baju olahraga

Agar Anda lebih siap dan bersemangat keesokan harinya, pastikan Anda menyiapkan baju olahraga di dalam kamar. Selain itu, cara ini juga dapat menghemat waktu di pagi hari.

3. Pilih sepatu yang nyaman

Tips selanjutnya adalah memilih sepatu yang nyaman untuk lari pagi. Sepatu bisa menjadi faktor penentu kelancaran lari pagi Anda. Maka, pilihlah sepatu olahraga yang nyaman saat dikenakan dan dipijak. Hindari sepatu kebesaran atau yang bukan sepatu olahraga untuk menghindari tergelincir, terkilir, atau lecet.

4. Makan sebelum lari

Sebelum Anda mulai lari, pastikan perut Anda sudah terisi. Pasalnya, lari pagi dalam keadaan perut kosong akan membuat Anda mual dan merasa lemas. Anda bisa mengonsumsi pisang, energy bar, atau roti panggang.

5. Siapkan minuman

Selain makan, memastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik juga sangat penting. Minumlah sekitar 3 sampai 4 gelas sebelum lari. Meski begitu, beri jarak antara minum dan mulai lari agar perut tidak mual atau sakit.

Itulah beberapa manfaat lari pagi yang perlu Anda ketahui dan waktu yang tepat dalam melakukannya. Untuk mengembalikan energi setelah berlari di pagi hari, jangan lupa sarapan dengan menu makanan sehat yang ringan seperti oatmeal, roti, pisang, yoghurt, atau susu UHT Frisian Flag Low Fat.

Salah satu manfaat lari pagi yaitu untuk mendapatkan berat badan ideal. Susu rendah lemak bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang mengurangi asupan lemak dalam pola makan sehari-hari. Susu UHT Frisian Flag Low Fat merupakan susu cair siap minum yang rendah lemak dengan kandungan gizi makro dan gizi mikro yang beragam. 

Mengonsumsi satu takaran saji (225 ml) susu UHT Frisian Flag Low Fat dapat membantu memenuhi sekitar 25% asupan protein yang dibutuhkan dalam sehari (berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal). Temukan informasi lengkapnya di sini.

Jangan lupa gunakan Kalkulator Frisian Flag Massa Tubuh untuk mengetahui angka IMT (Indeks Massa Tubuh). Setelah menghitung IMT, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian dan jumlah kalori setiap makanan Anda dengan menggunakan Kalkulator Gizi. Yuk, coba fiturnya sekarang juga!

Artikel Terkait