9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari yang Baik untuk Kesehatan

Banner
| 08 Des 2023

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari yang Baik untuk Kesehatan

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari yang Baik untuk Kesehatan

Berjemur di pagi hari jadi pilihan aktivitas yang sering dianjurkan untuk dilakukan, apalagi sejak pandemi COVID-19. Ada banyak manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan tubuh. Selain menikmati kehangatan paparan sinar matahari pagi, berjemur bisa jadi aktivitas yang baik dilakukan sebelum Anda menjalani segala aktivitas di sepanjang hari nantinya.

Selain bisa dilakukan sambil olahraga, paparan sinar matahari pagi memang sangat baik untuk semua orang. Tidak hanya menjadi sumber vitamin D yang baik, bahkan manfaat berjemur di pagi hari bisa menjaga kesehatan mental yaitu mencegah depresi. Untuk membahasnya lebih lanjut, simak beberapa manfaat berjemur di pagi hari berikut ini.

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Berikut ini sejumlah manfaat berjemur di pagi hari yang baik untuk kesehatan:

1. Sumber Vitamin D yang Tinggi

Manfaat berjemur di pagi hari yang utama dan terutama adalah dapat merangsang produksi vitamin D dalam tubuh Anda. Vitamin D ini nantinya dapat membantu penyerapan kalsium dan fosfor untuk menguatkan tulang, gigi dan otot.

Vitamin D juga bisa mencegah beragam penyakit mulai dari osteoporosis, tekanan darah tinggi, rakitis dan diabetes tipe 2.

2. Mencegah Depresi

Manfaat berjemur di pagi hari selanjutnya adalah dapat mencegah depresi. Hal ini dikarenakan hormon serotonin yang dapat meningkat sehingga suasana hati lebih terjaga, tubuh lebih berenergi dan membantu Anda untuk berkonsentrasi. Dengan kadar hormon serotonin yang terjaga, depresi dapat dicegah.

3. Menjaga Kualitas Tidur

Manfaat berjemur di pagi hari yang selanjutnya adalah dapat menjaga bahkan memperbaiki kualitas tidur di malam hari. Sehingga berjemur bisa jadi pilihan yang tepat bagi penderita insomnia.

Paparan sinar matahari pagi ini bisa merangsang produksi hormon serotonin di dalam tubuh sehingga membantu mengoptimalkan kualitas tidur Anda.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Vitamin D dari paparan sinar matahari pagi dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga manfaat berjemur di pagi hari selanjutnya adalah mengoptimalkan daya tahan tubuh. Sehingga Anda dapat terhindari dari penyakit atau infeksi dari kuman, bakteri atau virus.

5. Mengatasi Penyakit Kulit

Manfaat berjemur di pagi hari selanjutnya adalah membantu mengatasi penyakit kulit. Mulai dari jerawat, eksim, penyakit kuning hingga psoriasis. Namun, pilihan aktivitas ini sebaiknya berdasarkan anjuran dan persetujuan dokter untuk memastikan aman untuk kondisi kulit Anda.

6. Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat berjemur di pagi hari selanjutnya adalah meningkatkan suasana hati. Pasalnya, dengan sinar matahari yang mengenai kulit dapat memunculkan rasa bahagia yang ditimbulkan hormon serotonin, dopamin, serta beta endorfin yang memunculkan rasa bahagia serta mengurangi stres. Vitamin matahari pagi juga dapat menekan produksi hormon melatonin yang membuat tubuh tampak lesu.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Tahukah Anda? Manfaat berjemur di pagi hari ternyata juga dapat menurunkan tekanan darah. Pasalnya, saat tubuh Anda terkena sinar matahari, oksida nitrat dalam jumlah kecil akan masuk ke dalam sirkulasi tubuh melalui kulit. Masuknya oksida nitrat inilah yang kemudian menurunkan tekanan darah. Bahkan sinar matahari juga bisa menurunkan risiko stroke dan serangan jantung. 

8. Meningkatkan Metabolisme

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu Anda menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat. Bahkan, kadar vitamin D yang rendah kerap dikaitkan dengan obesitas, resistensi insulin, diabetes, dan proses penyakit lainnya. 

Sekarang Anda sudah tahu apa saja manfaat matahari pagi, bukan? Pastikan Anda melakukannya di jam terbaik untuk berjemur dan menerapkan tips berjemur yang benar.

9. Dapat Memperbaiki Tekstur Kulit Wajah

Mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari? Pasalnya, manfaat berjemur di pagi hari juga dapat memperbaiki tekstur kulit wajah. Selain itu, jumlah bakteri dapat berkurang ketika Anda bisa menikmati langsung sinar matahari pagi. 

Selain dapat memperbaiki kulit, sinar matahari juga bisa membantu Anda dalam mengobati beragam jenis infeksi tertentu. Tak hanya itu, sinar matahari juga bisa meremajakan kondisi area mata yang menua, dan mengobati jerawat. Ini karena efek cahaya matahari dapat membunuh bakteri penyebab jerawat yang tidak tahan paparan sinar matahari.

Sekarang Anda tahu apa saja ragam manfaat berjemur di pagi hari, kan? Namun, sebelum Anda berjemur, pastikan Anda menggunakan sunscreen dan hanya pada waktu-waktu yang dianjurkan, ya. 

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Anak yang Wajib Ibu Lakukan

Cara Berjemur di Pagi Hari

Nah, agar manfaat berjemur di pagi hari bisa Anda dapatkan lebih optimal, lakukan beberapa tips berikut ini:

1. Berjemur pada jam 8-11

Untuk mendapatkan manfaat berjemur di pagi hari yang optimal, sebaiknya berjemur di jam 8-11 pagi. Di jam tersebut provitamin D lebih dominan dibandingkan ultraviolet dari sinar matahari.

2. Jangan terlalu lama

Meski ada banyak manfaat berjemur di pagi hari, bukan berarti Anda harus melakukannya dalam waktu yang cukup lama. Penelitian mengungkap bahwa waktu berjemur yang baik cukup 20 menit setiap hari tanpa tabir surya. Anda juga bisa berjemur antara 5-10 menit setiap hari untuk mengurangi risiko sengatan matahari.

3. Jangan pakai topi

Untuk mendapatkan manfaat berjemur di pagi hari, pastikan paparan sinar matahari mengenai 60% area permukaan tubuh Anda. Bisa gunakan baju dan celana pendek, tanpa topi atau payung.

4. Gunakan kacamata hitam

Untuk mengoptimalkan manfaat berjemur di pagi hari yang optimal, WHO menyarankan untuk menggunakan kaca mata hitam selama berjemur. Pastikan kacamata hitamnya punya 99-100% perlindungan UV-A dan UV-B untuk mencegah kerusakan mata karena paparan sinar matahari.

5. Gunakan tabir surya

Selain menggunakan kacamata hitam, untuk memaksimalkan manfaat berjemur di pagi hari jangan lupa oleskan tabir surya di wajah dan tubuh Anda. Optimalkan perlindungan kulit agar terhindar dari gangguan kulit akibat paparan sinar matahari.

Untuk menjaga kesehatan, keseimbangan asupan vitamin adalah hal yang penting. Vitamin D dari matahari bisa membantu Anda dalam membantu penyerapan kalsium yang Anda konsumsi baik dari susu maupun makanan lain. 

Nutrisi untuk Daya Tahan Tubuh yang Baik

Selain pilihan aktivitas berjemur di pagi hari, berikut adalah beberapa kandungan nutrisi yang bisa Anda penuhi juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Vitamin A

    Vitamin A bisa berperan menjadi antioksidan yang efektif menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk melindungi Anda dari infeksi dan penyakit.

  • Vitamin E

    Vitamin E dapat membantu melawan infeksi dan menguatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, vitamin E juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

  • Protein

    Protein tidak hanya baik untuk meningkatkan massa otot, namun juga bisa membentuk sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

  • Zinc

    Zinc adalah mineral yang cukup penting untuk meningkatkan sel-sel kekebalan tubuh. Kekurangan nutrisi ini dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Pola Hidup Sehat dan Tips Memulainya

Semua nutrisi untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh bisa Anda dapatkan dari susu UHT Frisian Flag Full Cream yang lezat. Susu siap minum ini mengandung sumber 8 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B5, B6, dan B12), dan sumber 3 Mineral (Kalsium, Fosfor dan Iodium), sehingga cocok diminum kapan saja terutama di pagi hari untuk bantu penuhi gizi harian tubuh.

Jangan lupa gunakan Kalkulator Frisian Flag Massa Tubuh untuk mengetahui angka IMT (Indeks Massa Tubuh). Setelah menghitung IMT, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian dan jumlah kalori setiap makanan Anda dengan menggunakan Kalkulator Gizi. Yuk, coba fiturnya sekarang juga!

Artikel Terkait