Facebook Pixel

5 Etika Penting dalam Aturan Saat Makan Bersama

Banner
| 29 Nov 2021

5 Etika Penting dalam Aturan Saat Makan Bersama

5 Etika Penting dalam Aturan Saat Makan Bersama

Tahukah Anda bahwa mengajarkan aturan saat makan sedari dini pada anak ternyata punya manfaat yang baik bagi tumbuh kembang si buah hati? Salah satu manfaat yang bisa dirasakan oleh anak dengan menjaga aturan saat makan adalah meningkatnya kemampuan disiplin dan juga memiliki pola hidup yang lebih teratur. Aturan saat makan ini bisa Anda kenalkan kepada anak di setiap waktu makan, sarapan, makan siang, dan juga makan malam. Ketika anak tumbuh dan masuk ke lingkungan pendidikan, seperti sekolah biasanya ada aturan ketat yang perlu dipatuhi. Oleh karena itu, mulai mengajarkan disiplin tentang aturan saat makan sedari dini bisa membantu anak lebih mudah mengenali peraturan-peraturan lainnya yang lebih kompleks.

Dalam mendeskripsikan aturan saat makan kepada anak bukan hal yang mudah. Pasalnya, aturan saat makan ini biasanya punya aspek berbeda ketika diterapkan di masing-masing lingkungan. Aturan saat makan merupakan salah satu budaya atau tradisi yang diturunkan dalam aspek lingkungan keluarga. Oleh karena itu, mungkin Anda akan menemukan cara atau aturan saat makan yang berbeda pada keluarga Anda dan juga rekan lainnya. Meskipun begitu, ada etika aturan saat makan yang umum terjadi. Berikut contohnya.

Etika saat makan

  • Mencuci tangan

    Salah satu etika atau aturan saat makan yang umum diajarkan di dalam lingkungan rumah adalah mencuci tangan terlebih dahulu sebelum duduk bersama di meja makan. Aturan saat makan ini merupakan salah satu etika makan yang baik untuk terus dianjurkan kepada anak berdasarkan kebiasaan dari orang tua. Mencuci tangan sebelum makan mampu mengurangi risiko menempelnya bakteri pada makanan yang masuk ke dalam mulut. 

    Nantinya, bakteri yang masuk ke dalam mulut dan sistem pencernaan bisa membuat Anda dan keluarga, terutama anak terkena risiko terhadap kesehatan, diare salah satunya. Pastikan Anda dan anggota keluarga selalu mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun sebelum mulai duduk di meja makan untuk acara makan malam bersama keluarga.

  • Berdoa 

    Berdoa merupakan salah satu aturan saat makan yang umum diterapkan sebelum mulai makan. Mengajarkan anak berdoa sebelum makan sebagai bagian etika makan ini bermanfaat agar si buah hati bisa mengetahui bahwa makanan yang terhidang di atas meja merupakan bagian dari rejeki yang diberikan serta untuk bersyukur dan mengucapkan rasa terima kasih atas makanan yang ada. 

  • Makan ketika semua terhidang

    Dalam makan malam bersama keluarga, alangkah baiknya Anda untuk mengajarkan anak tentang mulai makan ketika semua terhidang sebagai bagian dari aturan saat makan. Aturan saat makan ini merupakan salah satu langkah untuk mengajarkan anak disiplin serta kebersamaan ketika makan malam bersama keluarga. Anda sebagai orang tua perlu memberikan penjelasan yang mudah dimengerti oleh anak kenapa seluruh anggota keluarga baru bisa mengambil makanan ketika hidangan sudah terhidang seluruhnya meskipun semua keluarga sudah berkumpul dan duduk di meja makan.

  • Ambil makan sesuai porsi

    Dalam etika atau aturan saat makan, penting bagi Anda untuk mengawasi dan juga mengajarkan anak untuk mengambil makanan sesuai porsi. Komunikasikan kepada anak untuk bisa mengambil makanan secukupnya. Dalam acara makan malam bersama keluarga, anak perlu diajarkan untuk bisa berbagi. Selain itu, hal tersebut juga memastikan agar anak tidak rakus dan membuang makanan berlebih karena kenyang dengan porsi yang tidak sesuai. Makan sesuai porsi ini juga memastikan anak tumbuh dan berkembangan secara ideal untuk fisiknya. Jadi si buah hati tidak punya risiko obesitas nantinya.

  • Makan dengan mulut tertutup

    Salah satu etika makan yang cukup umum adalah makan dengan mulut tertutup. Yang dimaksud dengan aturan makan ini adalah, ketika mengunyah mulut tidak mengeluarkan suara atau mengecap. Hal tersebut dianggap tidak sopan, mengganggu, bahkan cenderung jadi hal yang dianggap dapat mengurangi nafsu makan. Selain itu, makan dengan mulut tertutup juga dapat mengurangi risiko tersedak karena dorongan udara yang masuk lewat mulut saat makan. Pastikan anak untuk mengunyah dan menelan seluruh makanan terlebih dahulu sebelum mulai menyuap makanan lainnya.

Beberapa aturan saat makan

Selain etika, ada juga aturan saat makan yang terbilang teknis untuk diterapkan oleh anak di masa tumbuh kembangnya. Berikut adalah beberapa contohnya.

  1. Jadwal makan yang rutin

    Sebagai orang tua, dalam mengajarkan anak tentang disiplin dan pola hidup yang teratur, Anda bisa memperkenalkan jadwal makan yang rutin kepada anak sebagai salah satu aturan saat makan yang baik. Jadwal makan yang rutin bisa dimulai dari menetapkan waktu sarapan, makan siang, dan juga makan malam bersama. Misal, untuk sarapan Anda dan keluarga diharapkan untuk bisa duduk bersama di meja makan sekitar jam 6 pagi. Dengan jadwal makan yang teratur dan rutin sebagai aturan makan, anak jadi bisa mengatur waktu kesehariannya lebih baik untuk tidak tertinggal dengan acara makan bersama keluarga.

  2. Jangan makan terlalu lama

    Selain itu, Anda juga bisa ajarkan anak untuk tidak makan dalam waktu yang lama. Hal ini bermanfaat agar anak bisa mengatur waktunya lebih baik. Mengingat anak yang akan masuk sekolah nantinya, waktu jadi salah satu hal penting untuk dipatuhi. Alangkah baiknya Anda dan keluarga membiasakan untuk makan selama 30 hingga 45 menit agar waktu yang tersisa bisa digunakan untuk mempersiapkan aktivitas lainnya. Untuk makan malam sendiri pun Anda bisa menerapkan waktu makan tersebut, sehingga setelah makan Anda dan keluarga masih punya banyak waktu untuk bercerita mengenai aktivitas di hari tersebut.

Selain menjaga aturan makan yang teratur, pastikan juga anak mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap. Untuk lengkapi kebutuhan energi dan nutrisi kesehariannya, Anda bisa lengkapi dengan Susu Siap Minum Frisian Flag Kid, susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) serta vitamin A & D, kalsium, dan magnesium untuk mendukung pertumbuhan si Kecil dengan rasa yang enak. Temukan info lengkapnya di sini.

Artikel Terkait