Mitos atau Fakta: Susu Adalah Asupan Terbaik Untuk Anak

| 02 Jan 2018

Mitos atau Fakta: Susu Adalah Asupan Terbaik Untuk Anak

Susu kaya kandungan kandungan zat gizi makro (karbohidrat, protein, dan lemak), serta kalsium, mineral, dan vitamin. Tak heran jika susu dianggap sebagai asupan untuk anak yang terbaik. Namun apakah anggapan ini mitos, atau fakta?

Perkembangan anak dari mulai lahir hingga memasuki usia kanak-kanak memang sangat bergantung pada asupan susu. Dari usia 1 – 12 bulan atau maksimal 24 bulan, anak wajib diberikan ASI eksklusif kecuali ada hambatan, misalnya kurangnya produksi ASI atau bayi mengalami alergi. Selain ASI, seiring tahapan perkembangan sistem pencernaan anak, anak mulai berkenalan dengan MPASI atau Makanan Pendamping ASI.

Namun selera anak akan berubah seiring pertumbuhan tubuh dan bertambahnya usia, misalnya anak mulai bosan minum susu. Jika ini terjadi, variasikan menu makanan anak. Misalnya dengan memberi makanan selain susu yang ramah pencernaan anak seperti sayur mayur, buah-buahan, jus atau smoothie, dan lain sebagainya. Selain itu, selama masa tumbuh kembang, anak akan memerlukan asupan zat gizi lain yang hanya bisa terpenuhi jika anak mengonsumsi makanan dan minuman sehat secara cukup dan seimbang. Jika susu dijadikan menu utama, anak bisa jadi kekurangan manfaat gizi lainnya yang tidak terdapat pada susu.

Sebagai makanan pelengkap, ketika anak enggan makan makanan yang mengandung kalsium dan protein, susu bisa membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Namun cukup berikan susu di sela-sela jam makan, sebanyak maksimal dua gelas per hari.

Susu memang bisa jadi asupan untuk anak yang terbaik. Namun Anda juga harus tahu kondisi tubuh dan kebiasaan anak sebelum memberikan susu. Jika anak sensitif atau alergi dengan susu sapi, Anda bisa mencari alternatif sumber kalsium dan protein lainnya, baik nabati maupun hewani.

Dukung kecukupan gizi anak dengan memberikannya susu yang mengandung zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan zat gizi mikro (multi vitamin dan mineral). Susu Siap Minum Frisian Flag Kid diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan mengandung Vitamin A & D, serta Kalsium & Magnesium untuk mendukung pertumbuhan si Kecil dengan rasa yang enak.


Berikan susu sebagai tambahan kelengkapan gizi si kecil di setiap makannya. Cek Frisian Flag Kid di sini!

Artikel Terkait