Benarkah Cara Menurunkan Kolesterol Hanya dengan Obat?

| 15 Feb 2018

Benarkah Cara Menurunkan Kolesterol Hanya dengan Obat?

Ada banyak cara mencegah dan menurunkan kolesterol. Tak semua harus dengan obat atau suplemen. Jika Anda berpotensi kolesterol tinggi atau ingin menjaga kadar kolesterol, Anda bisa mencoba beberapa cara alami berikut ini.

Konsumsi brokoli

Sebuah studi yang dilakukan oleh Institute of Food Research di Norwich, Inggris menyebutkan bahwa brokoli mengandung glucoraphanin yang dapat mengurangi low density lipoprotein (LDL) kolesterol secara signifikan. Sedangkan Shahid Beheshti University of Medical Sciences di Iran dalam penelitiannya juga menyatakan mengonsumsi broccoli sprout powder dapat memberikan efek yang baik pada kandungan rasio LDL dalam tubuh dan mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Gunakan minyak zaitun

Penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Jember membuktikan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dalam minyak zaitun mampu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. Selain itu, sama halnya dengan konsumsi brokoli, menurut studi dari University of Sherbrooke di Kanada, kandungan polifenol dalam minyak zaitun dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Menjalankan pola makan sehat

Cara menurunkan kolesterol lainnya adalah dengan pola makan sehat. Penelitian yang dilakukan Pacific Presbyterian Medical Center membuktikan bahwa pola makan sehat bekerja sama baiknya seperti obat penurun kolesterol. Agar lebih efektif, padukan pola makan sehat dengan olahraga, pengendalian tingkat stres, dan dukungan dari lingkungan sekitar bisa membantu menurunkan kolesterol jahat hingga 40%.

Tak perlu hindari cokelat

Mengonsumsi cokelat adalah cara yang paling lezat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik pada tubuh. Menurut studi dari University of Hull di Inggris, kandungan polifenol yang tinggi pada cokelat ekektif meningkatkan kadar kolesterol baik high density lipoprotein (HDL) tanpa mempengaruhi berat badan dan menimbulkan resistensi insulin bagi penderita diabetes. Sedangkan menurut Department of Food Science and Human Nutrition, University of Illinois, cokelat dapat memperlancar kerja sistem kardiovaskular dan memperbaiki tekanan darah pada tubuh.

Untuk mendukung kebutuhan gizi  dan membantu menjaga kadar kolesterol agar seimbang, sediakan Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Low Fat. Mengandung rendah lemak dan kolesterol serta dapat dikonsumsi untuk mereka yang sedang mengurangi asupan lemak dalam pola makan sehari-hari. Diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan sumber 7 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B6 dan B12), Vitamin E dan B5 serta sumber 3 mineral (Kalsium, Fosfor dan Yodium) serta Magnesium, Zink, Selenium, Natrium dan Kalium serta tetap bercita rasa lezat. Frisian Flag Purefarm Low Fat  tersedia dalam varian rasa Low Fat French Vanilla, California Strawberry dan Belgian Chocolate.

Artikel Terkait