Tepatkah Jika Anak Minum Susu untuk Menambah Berat Badan Waktu Balita?

| 14 Des 2017

Tepatkah Jika Anak Minum Susu untuk Menambah Berat Badan Waktu Balita?

Anak sehat sering diidentikkan dengan tinggi badan dan berat badan yang terus bertambah. Tak heran banyak orangtua berusaha memberikan makanan atau susu penambah berat badan. Sebelum memutuskan ini  waktu yang tepat minum susu untuk menambah berat badan, pertimbangkan upaya-upaya ini terlebih dulu:

Makan teratur

Makan teratur bagi anak adalah tiga kali makan besar dan dua kali makanan selingan di antara jam makan. Upayakan penuhi jadwal tersebut agar anak terus berenergi.

Memberikan makanan berkalori tinggi

Anak berusia 2 – 3 tahun membutuhkan kalori kurang lebih 1125 kkal perhari. Sedangkan anak berusia 4 – 6 tahun membutuhkan 1500 kkal tiap harinya. Untuk menaikkan berat tubuh sebanyak lima ons selama satu minggu, dibutuhkan kalori tambahan rata-rata sebesar 500 kkal per hari.

Menambah asupan lemak

Satu gram lemak mengandung lebih banyak kalori dari sumber gizi lainnya. Menambahkan minyak zaitun, minyak canola, mentega atau mayonnaise pada makanan anak bisa meningkatkan jumlah kalori hingga 45 – 120 kkal. Kandungan lemak nabati juga bermanfaat bagi perkembangan tubuh anak. Anda juga bisa memberikan asupan lemak nabati, antara lain melalui pemberian kacang-kacangan dan alpukat.

Menambah asupan karbohidrat

Sumber gizi kaya kalori lainnya adalah karbohidrat. Jumlahnya mencapai 4 kkal / gram karbohidrat. Memang lebih rendah dari lemak tetapi jauh lebih aman, menghindari kegemukan berlebihan pada anak.     

Mencukupi kebutuhan kalori dari minuman

Jika anak termasuk picky eater, cara lain untuk memenuhi kalori anak adalah melalui minuman. Susu segar, produk olahan susu, atau produk mengandung susu lainnya termasuk minuman yang kaya kalori dan zat gizi. Tapi kapan waktu yang tepat minum susu? Untuk kecukupan energi sepanjang hari, University of Western Australia menganjurkan untuk meminum susu di pagi hari. Namun Anda juga boleh memberikan susu di siang hari atau malam hari, sesuai kebiasaan dan selera anak.

Frisian Flag Indonesia mendukung usaha orangtua untuk mengoptimalkan pertumbuhan si Kecil dengan menyediakan produk susu siap minum Frisian Flag Kid untuk anak 3-6 tahun, Frisian Flag Milky dan Frisian Flag Fruty untuk anak 6-12 tahun dengan berbagai macam varian rasa yang lezat. Tersedia dalam kemasan kotak dan botol yang higienis, dengan ukuran yang disesuaikan dengan kemampuan minum si Kecil. Susu Siap Minum Frisian Flag  dapat dikonsumsi oleh si Kecil saat si Kecil beraktivitas di luar rumah untuk mendampingi asupan susu pertumbuhan saat si Kecil di rumah.

Artikel Terkait