Kuat Nyetir Jarak Jauh Tanpa Ngantuk

| 16 Nov 2018

Kuat Nyetir Jarak Jauh Tanpa Ngantuk

Menjelang akhir tahun, biasanya kamu sudah punya rencana untuk pergi liburan bersama keluarga atau teman-teman, road trip misalnya. Nah selain meeting, larangan ngantuk juga berlaku bagi kalian yang nanti akan berkendara dalam waktu lama atau jarak jauh. Jika memaksa, maka kemungkinan besar nyawa kalian yang akan dipertaruhkan. Ngantuk memang kayak angin yang bisa datang kapan saja, tapi tentu saja bisa diatasi sebelum kalian lama di jalan. Begini caranya:


1. Istirahat yang cukup

Hindari begadang sebelum mengemudi jarak jauh tanpa orang pengganti. Karena jika kamu kurang tidur, maka tubuh akan cepat lelah dan fokus pandangannya menurun. Tapi apabila memang ngantuknya sudah tak tertahankan, baiknya kamu menepi di tempat yang layak dan aman kemudian tidurkan dirimu selama maksimal 2-3 jam. Jika merasa sudah segar, lanjutkan perjalananmu. Namun apabila belum jangan pernah dipaksa ya.


2. Perengangan punggung

Duduk dalam jangka waktu lama pasti membuatmu lelah. Sebelum berangkat lebih baik kamu melakukan peregangan pada punggung bagian bawah dan bagian hamstring. Sebab, perjalanan panjang dengan mobil membuat hamstring memendek serta menyebabkan nyeri di seluruh bagian punggung.


3. Tidak mengandalkan kopi

Ngantuk hanya bisa diselesaikan dengan istirahat, bukan mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Tapi jika kamu benar-benar ingin menghemat waktumu, coba sediakan air mineral beserta camilan yang membantumu untuk tetap konsentrasi seperti buah dan biskuit. Hindari kafein, alkohol, obat-obatan atau stimulan lain yang malah akan membahayakan dirimu.


4. Ingat batas maksimal mengemudi

Batas maksimal berkendara bukanlah selelahnya kamu, tapi yaitu 2,5 jam. Bila kamu sudah merasa mengemudi lebih dari itu, coba rasakan tubuhmu sendiri. Jangan paksa jika tubuh memang sudah ingin istirahat. Misalnya kamu melakukan perjalanan selama enam jam misalnya maka bisa dilakukan dua kali istirahat. Setelah istirahat, lakukan beberapa gerakan ringan agar tubuhmu kembali segar.


Kunci lainnya ialah tubuh memiliki asupan karbohidrat yang cukup. Karbo tak hanya didapatkan dari nasi saja, tapi juga roti. Pastikan bahwa sebelum kamu pergi, kamu sudah makan. Jika tak sempat, isi perutmu dengan roti dan susu Frisian Flag yang menyediakan berbagai varian sesuai favorit dan kebutuhanmu seperti Frisian Flag Purefarm Full Cream, Frisian Flag Purefarm Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry) dan Frisian Flag Purefarm Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).


Butuh tips agar kuat menyetir jarak jauh tanpa ngantuk? Cari tahu selengkapnya di sini dan jangan lupa rutin konsumsi Frisian Flag Purefarm Flavour Milk agar tubuh tetap fit.



Artikel Terkait