Belajar Rutin Minum Susu, Mulai dari Jadwal yang Baik

| 13 Feb 2018

Belajar Rutin Minum Susu, Mulai dari Jadwal yang Baik

Jika Anda selama ini tidak rutin minum susu, sekarang saatnya Anda memulai kebiasaan ini agar kebutuhan  zat gizi Anda terpenuhi. Awali dengan membuat jadwal minum susu yang baik dan tepati setiap harinya.

Kebanyakan orang memang terbiasa minum susu di pagi hari ataupun di malam hari sebelum tidur. Tapi sebenarnya tidak ada jadwal minum susu yang baik. Susu bisa Anda konsumsi kapan saja — pagi, siang, sore, atau malam malam hari, sesuai kebutuhan dan kebiasaan Anda.

Namun khusus anak-anak, hindari memberikan susu mendekati waktu makan. Pakar gizi medik dari Universitas Indonesia, Dr. Saptawati Bardosono, MSc, mengatakan pemberian susu sebelum makan bisa membuat anak jadi cepat kekenyangan sehingga justru jadi tidak nafsu makan.

Idealnya, jadwal minum susu yang baik, baik bagi anak-anak ataupun dewasa, adalah minumlah susu dua jam sebelum atau sesudah makan. Selain untuk menghindari efek kekenyangan, hal ini juga agar kandungan kalsium dalam susu bisa terserap dengan sempurna.

Dokter ahli gizi klinis, Inge Permadhi mengatakan susu punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Susu merupakan sumber protein yang dianjurkan dikonsumsi sejak masa kanak-kanak hingga dewasa. Inge menyebutan, kebutuhan susu per hari adalah sekitar 15-20% dari makanan dan minuman yang dikonsumsi tubuh.

Dr. Inge mengatakan minum susu bisa menjadi tabungan 30 tahun ke depan untuk kesehatan tulang dan tubuh manusia. Karena jika kita terbiasa minum susu sejak kecil, tulang akan lebih padat dan tidak mudah sakit. Dia juga menambahkan, susu merupakan minuman komplementer atau pelengkap yang mudah dicerna, praktis dan ekonomis, bisa membantu melengkapi kecukupan gizi pada semua usia setiap harinya.

Nah, Anda yang tidak suka minum susu sebaiknya mulai sekarang membiasakan diri mengonsumsi minuman penuh manfaat tersebut. Mulai biasakan diri dengan minum asupan bergizi Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm yang diproduksi dari susu sapi pilihan dalam varian Frisian Flag Purefarm Full Cream, Frisian Flag Purefarm Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry) dan Frisian Flag Purefarm Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).

Artikel Terkait