Awas, Makanan dan Minuman Ini Bahaya untuk Kesehatan Gigi Anda!

| 03 Nov 2017

Awas, Makanan dan Minuman Ini Bahaya untuk Kesehatan Gigi Anda!

Saat masih kecil, ada banyak makanan atau minuman yang dilarang oleh orangtua dengan alasan bisa merusak gigi. Setelah dewasa, masihkah Anda masih menaati larangan itu? Sebagai orang dewasa, saat ini adalah usia dan waktu yang tepat untuk minum susu untuk membantu menjaga gigi tetap kuat dan mulailah mengurangi makanan dan minuman berikut.

Minuman bersoda

Minuman soda, termasuk yang berjenis diet, mengandung gula yang mampu melemahkan enamel gigi serta mendorong bakteri berkembang biak. Studi dari Faculty of Dentistry di McGill University Canada menyebutkan kandungan zat asam dalam air soda akan mengikis jaringan keras gigi.

Minuman energi

Penelitian Department of Oral and Maxillofacial Surgery, University of Maryland Baltimore Dental School menyebutkan bahwa mengonsumsi minuman energi berlebihan bisa meningkatkan potensi kerusakan gigi, khususnya pada enamel. Ini diakibatkan pemanis buatan dan zat-zat tambahan lainnya dalam minuman energi. Setelah mengonsumsi minuman energi, sebaiknya Anda langsung berkumur-kumur dengan air putih untuk mengurangi dampak buruknya. 

Permen

Sticky/chewy candy adalah yang paling berisiko tinggi mengakibatkan kerusakan pada permukaan gigi. National Institute of Dental and Craniofacial Research mengungkapkan konsumsi permen akan menciptakan plak yang berujung pada munculnya karang gigi dan mengancam kesehatan gusi.

Keripik kentang

Renyah dan lezatnya keripik kentang ternyata berbahaya bagi gigi. Kandungan pati atau amilum-nya dapat ‘terjebak’ dalam gigi dan bisa membentuk plak serta “memberi makan” ratusan bakteri dalam mulut. 

Studi Faculty of Dentistry Universiti Kebangsaan Malaysia menemukan fakta meningkatnya konsumsi susu pada seseorang dapat mengurangi terjadinya erosi gigi yang signifikan. Karenanya, ini waktu yang tepat minum susu.

Sediakan Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Full Cream yang bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja untuk mendukung pola hidup sehat dan memenuhi asupan protein serta kalsium yang penting bagi gigi. Frisian Flag Purefarm juga tersedia dalam varian lain seperti Coconut Delight, Swiss Chocolate dan Strawberry serta Purefarm Low Fat  dalam rasa French Vanilla, Chocolate, Strawberry, dan Plain.

Artikel Terkait