Cara Mewarnai Menggunakan Bahan Alami

| 05 Sep 2019

Cara Mewarnai Menggunakan Bahan Alami

Si kecil suka menggambar dan mewarnai? Bunda mesti hati-hati karena crayon, pensil warna atau cat air yang digunakan si kecil banyak menggunakan bahan kimia. Tapi anak-anak dengan segala keingintahuan kadang tidak sengaja menelan jenis pewarna tersebut. Nah berikut beberapa pewarna alami yang bisa dibuat di rumah bersama yang tentunya bisa jadi alternative untuk mainan anak:


Daun Suji

Daun suji mengandung zat warna klorofil untuk memberi warna hijau yang cerah. Cara memanfaatkan daun suji sebagai pewarna alami adalah, cukup iris halus daun suji dan daun pandan, kemudian tumbuk atau blender, peras, dan saring. Lalu tambahkan air kapur sirih sebagai pengawetnya. Masukkan ke dalam botol tertutup, dan simpan di lemari pendingin.


Kayu Secang

Secang (Caesalpinia sappan L.) merupakan tanaman berkayu yang biasa dimanfaatkan bagian batangnya dan menghasilkan warna merah. Cara membuatnya dengan menyerut batang yang basah kemudian dikeringkan. Serutan batang kayu secang kering direbus dengan air dan disaring, baru dicampurkan ke bahan yang akan diwarnai.


Bunga Telang

Bunga telang menghasilkan warna biru keunguan. Cara memanfaatkannya, pertama-tama cuci bersih bunga telang, remas-remas atau tumbuk dengan sedikit air matang, lalu saring. Bisa juga dengan merebus bunga telang hingga bunga layu dan airnya berwarna biru, kemudian saring dan diambil airnya. Cara ketiga, bisa dengan cara merendam bunga telang dengan air panas hingga airnya berwarna biru, remas-remas, saring, dan ambil airnya. Untuk menyimpan dalam waktu lama, bunga telang bisa dikeringkan dengan cara dijemur di sinar matahari, lalu masukkan ke dalam kemasan yang kering dan tertutup.


Bougenville

Bougenville atau biasa orang menyebutnya dengan tanaman bunga kertas, sering dijumpai di lingkungan sekitar kita. Tanaman bunga kertas memiliki warna bunga yang beragam mulai dari merah, jingga, ungu, hingga putih. Untuk membuat pewarna alami, Bunda dapat memanfaatkan bunga kertas yang berwarna merah atau ungu karena zat warna tersebut lebih pekat dan mudah larut. Ambil beberapa bunga kertas, bersihkan, kemudian tumbuk dan saring ekstraknya. Dengan tambahan sedikit air, maka akan dihasilkan cat warna sesuai dengan warna bunga yang anda pakai.


Dampingi selalu anak dalam aktivitas hariannya. Untuk mendukung tumbuh kembangnya, berikan Frisian Flag Milky botol Zuzhu & Zazha dengan kandungan nutrisi makro dan mikro seperti kalsium, vitamin A, B1, B2, B6 dan D3 dengan rasa yang cokelat dan stroberi yang lezat.

Artikel Terkait