Beda Es Teller, Es Campur dan Es Buah

| 12 Mei 2019

Beda Es Teller, Es Campur dan Es Buah

Indonesia kaya akan tradisi kuliner dengan cita rasa kuat. Setiap daerah memiliki ciri khas makanan masing-masing yang biasanya juga memiliki cerita unik berasal dari kepercayaan masyarakat. Apabila ditilik kembali, kadang kita merasa bahwa makanan tiap kota itu sebenernya punya tampilan sama, hanya beda istilah. Yang paling gampang adalah penamaan es misalnya es buah, sop buah, es doger, es oyen dan semacamnya. Meski terlihat sama, tapi ada perbedaan yang cukup signifikan lho. Kali ini kita akan membahas perbedaan dari ketiga es terpopuler di Indonesia yaitu es teller, es campur dan es buah.


1. Es buah

Ia biasanya berwarna bening, rasanya agak asam dan hanya berisi salah satu potongan buah. Bila dibanding dengan sop buah, perbedaannya terletak pada jenis kuah dan ragam isi buahnya. Seperti ini cara membuat es buah:

  a. Siapkan 1 jenis buah sesuai selera

  b. Bersihkan, kupas dan potong dadu buah tersebut

  c. Siapkan gelas atau mangkuk

  d. Letakkan irisan buah, beri air, es batu dan gula secukupnya

  e. Siap disajikan untuk penutup makan siang


2. Es Teler

Ciri yang membuat es ini terlihat nampak adalah potongan alpukat di dalamnya. Kemudian terdapat kelapa muda, nangka, sirup serta es serut. Komposisi lain dalam minuman ini adalah buah manis ditambah sirup serta susu. Hanya saja sekarang memang agak sulit membedakan es teler dengan es campur karena beberapa penjual menambahkan variasi lain ke dalam minuman tersebut. Berikut cara membuat es teler:

  a. Siapkan alpukat, nangka dan kelapa muda

  b. Masak saus santan dan garam sambil diaduk hingga mendidih kemudian dinginkan

  c. Rebus gula pasir, air bersama daun pandan hingga semua larut lalu dinginkan

  d. Jika sudah siap, tata buah ke dalam mangkok lalu siramkan santan dan air gula lalu sajikan bersama es serut dan susu kental manis Frisian Flag Full Cream Gold.


3. Es Campur

Sesuai namanya, es ini punya banyak isian diantaranya adalah roti, cincau, nanas,melon, mutiara dan campuran lainnya. Rasa es campur tidak selalu manis, kadang juga asam tergantung dari bahan di yang digunakan. Jika es teler menggunakan santan, es campur lebih mengandalkan sirup dan susu kental manis. Begini membuatnya:

  a. Siapkan buah-buahan yang inginkan – nangka, alpukat, melon, dan lainnya

  b. Siapkan kolang-kaling , dawet dan bahan pelengkap lainnya apabila kamu menyukainya

  c. Letakkan dalam sebuah mangkuk. Serut es diatasnya kemudian taburi dengan sirup dan susu kental manis Frisian Flag Full Cream Gold.


Untuk varian susu kental manis, kamu juga bisa menggunakan Susu Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag Bendera Kental Manis dan Frisian Flag Bendera Cocopandan sesuai favoritmu. Perlu kamu ingat bahwa produk dapat dikonsumsi maksimal 2 minggu setelah dibuka, selama tidak ada perubahan bau dan rasa.


Artikel Terkait